Selandia Baru dan Biaya Kuliah S3 PhD yang Super ‘Budget-Friendly’
5 November 2020
rmit university australia
Intip Berbagai Alasan Kuliah di RMIT University Australia
6 November 2020

Mengintip Teknik Khas ‘Patisserie’ di Le Cordon Bleu Virtual Culinary Festival 2020

Hobi ataupun bakat memasak gak akan cukup ‘dirahasiakan’ aja! Kamu pasti senang untuk berekspresi mengeluarkan skill tersebut, belajar, maupun menyaksikan cooking demo. Sama halnya seperti antusiasme para peserta yang hadir di Le Cordon Bleu Virtual Culinary Festival beberapa hari yang lalu. Le Cordon Bleu, sekolah hospitality ternama dunia bekerja sama dengan SUN Education Group untuk menggelar workshop secara virtual tanpa menghilangkan ‘vibes’ belajar kuliner seru sedikit pun!

Pembukaan acara oleh MC SUN Education Group.

SUN Education dan Le Cordon Bleu memang selalu berkolaborasi setiap tahunnya untuk mengadakan event culinary festival terbaik di Jakarta. Namun, dengan adanya pandemi serentak secara global yang harus dihadapi—segala bentuk aktivitas yang dilakukan wajib menyesuaikan dan mematuhi protokol kesehatan. Sementara bagi SUN dan LCB, perluasan pendidikan dan inspirasi gak bisa berhenti begitu aja! Oleh karena itu, lahirlah inovasi belajar kuliner secara virtual ini!

Le Cordon Bleu Virtual Culinary Festival digelar dalam dua hari dengan topik acara yang berbeda. Hari pertama tanggal 24 Oktober memiliki tema tentang ‘Cuisine’, sementara hari terakhir di tanggal 25 Oktober berisi tentang ‘Patisserie’. Semangat dan antusiasme ratusan peserta bahkan tetap ada hingga di acara paling terakhir!

Sesi ‘Patisserie’ dibuka dengan sambutan meriah dan talkshow oleh Le Cordon Bleu sendiri. Representatif institusi memberikan berbagai informasi mengenai LCB mulai dari program, keunggulan, hingga fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh siswa. Berjalan mulai pukul 14.00 hingga 16.00, sesi tersebut juga meliputi cooking demo menarik bersama Chef yang menjadi alumni Le Cordon Bleu sendiri dan ditutup dengan QnA bagi para peserta! Sembari menyaksikan chef yang di festival ini, peserta yang ada di rumah tentu saja berkesempatan melakukan aksi masak di dapur masing-masing.

Chef Kesia (kiri) dan Chef Lalita (kanan) dalam cooking demo Patisserie.

Kedua chef yang berkolaborasi dalam sesi ‘Patisserie’ adalah Chef Lalita Setiandilulusan Advance Diploma in Patisserie di Le Cordon Bleu Sydney dan Chef Kesia Putriyang lulus dari Le Cordon Bleu London dan Sydney dengan program Diplome de Patisserie dan Bachelor. FYI, kedua chef yang hadir juga sudah terjun dan berkiprah di industri kuliner loh! Lalita mendirikan bakery dan Kesia membuat soft cookies serta custom cookies yang juga dipasarkan melalui sosial media dan marketplace.

Nah, saat sesi patisserie dalam LCB Culinary Festival ini, kedua chef memberikan demo bagaimana cara membuat sebuah menu yang sudah ditentukan.  Mulai dari pengenalan bahan, histori masakan, teknik khas pembuatan, hingga tips-tips memasak yang bisa menjadi inspirasi para peserta. Choux au Craquelin with Hazelnut and Raspberry Filling, menjadi resep menu unik yang mereka bawakan kali ini. 

Choux au Craquelin. Sumber: The Flavor Bender

Choux au Craquelin merupakan pastry Perancis tradisional. Bisa dibentuk seperti profiteroles, eclair, maupun pastry bread. Tepung, craquelin, selai dan isian, menjadi ‘inti’ dari menu lezat tersebut. Chef Lalita dan Kesia dengan berhati-hati dan semangat melakukan aksi masaknya. Kamu bisa melihat bagaimana cara mereka memasukkan bahan perlahan dengan rapi dan efektivitas waktu, tips mengadon, mencetak, serta strategi penting dalam pembuatan pastry tersebut. Mereka berkolaborasi dengan sangat baik!

QnA bersama para chef sesi Patisserie.

Hingga penghujung acara, peserta tetap excited karena adanya QnA dimana mereka berkesempatan menanyakan banyak hal terkait culinary maupun patisserie. Festival yang memasuki tahun ke-8 ini gak kehilangan “tujuan aslinya” meski digelar tanpa tatap muka. Peserta tetap dapat lebih mengenal industri culinary dan patisserie sekaligus meningkatkan kemampuan dengan belajar mempraktekannya dari rumah masing-masing!

Tim SUN Education Group maupun Le Cordon Bleu berharap agar acara ini terus menerus adamewakili dunia kuliner dan pendidikan bagi para siswa diluar sana. Dengan begitu, mereka dapat menjangkau siswa dan memberikan pengalaman praktis untuk mengasah skill mereka.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.