Dari student hingga Product Manager, Perjalanan Jocelyn Fransputri di SUN Education Group
21 Juli 2020
Equestrian Studies
27 Juli 2020

Negara dengan Biaya Sekolah Kedokteran Termurah

studi ke luar negeri

biaya sekolah kedokteran termurah

Salah satu rintangan yang selalu ditemukan oleh para mahasiswa kedokteran dalam pendidikan mereka adalah biaya kuliah yang tergolong mahal. Beberapa faktor yang menjadi alasan dibalik fakta tersebut antara lain kualitas universitas itu sendiri, banyaknya materi kuliah, hingga sarana dan prasarana pendukung praktikum. Namun, jangan berkecil hati! Ternyata, masih ada beberapa negara dengan universitas yang menawarkan biaya sekolah kedokteran termurah untuk siswa internasional.

studi ke luar negeri

Sumber: Freepik

Berikut ini deretan negara tersebut:

 

Rusia

 

Rusia dikenal dengan kualitas sekolah kedokterannya dan biaya kuliah yang terjangkau.  Apalagi, negara ini menawarkan pendidikan berkualitas yang sebanding dengan belajar di Eropa. Di Rusia, biaya sekolah kedokteran termurah bisa mencapai $ 4.500 per tahun, sedangkan rata-rata biaya studinya adalah $ 4000 hingga $ 6000. Pemerintah Rusia juga mengalokasikan 15.000 peluang beasiswa bagi siswa internasional yang berencana untuk belajar di sana. Beberapa institusi termurah di Rusia adalah Vitebsk State Medical University, Stavropol State Medical University, Ivanovo State Medical Academy, dan masih banyak lainnya. Belajar kedokteran di Rusia artinya kamu akan dibimbing oleh praktisi medis terbaik, mendapatkan, fasilitas dan rumah sakit terbaik di Rusia, hingga peluang untuk pengalaman kerja.

 

Amerika Serikat

 

Berdasarkan data survey tahunan U.S. News pada 72 sekolah kedokteran negeri, tercatat bahwa biaya studi mencapai rata-rata $ 60,293 di tahun 2019-2020. Tetapi di antara 10 universitas dalam daftar sekolah kedokteran paling terjangkau untuk mahasiswa luar negeri tersebut, biaya rata-rata studinya jauh lebih rendah: hanya $ 39.924.

Baca Juga : Kriteria, Alur Pendidikan dan Biaya Kuliah Kedokteran

Setengah dari daftar sekolah kedokteran negeri yang menawarkan biaya kuliah paling rendah ini berlokasi paling banyak di Texas. Mulai dari Texas Tech University Health Sciences Center, Texas A&M University College of Medicine, the University of Texas Southwestern Medical Center, the University of North Texas Health Science Center and the University of Texas Health Science Center—San Antonio. Selain Texas, kampus lainnya ada yang bertempat di Florida, New Mexico, New York dan Ohio.

FYI, tidak hanya sekadar biaya studinya yang terjangkau saja loh, kampusnya juga memang berkualitas. Texas Tech University Health Sciences Center sendiri berada di peringkat No. 90 di antara Sekolah Medis Terbaik Amerika Serikat untuk Penelitian dan No. 73 di antara Sekolah Medis Terbaik untuk Primary Care. Universitas ini juga menempati urutan teratas dalam daftar karena hanya menawarkan biaya studi untuk pelajar internasional sebesar $ 31.908 pada 2019-2020.

 

Cina

 

Selain kemampuan ekonominya, lembaga pendidikan di Cina juga diakui oleh seluruh dunia. Menurut Times Higher Education (THE) Asia Rankings, 72 lembaga dari Tiongkok berhasil masuk dalam daftar. Jika mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di bidang kedokteran, Cina bisa menjadi pilihan karena tidak hanya terjangkau tetapi juga setara dengan institusi Barat lainnya.

Medical Colleges di Cina dikenal dengan MBBS, memiliki biaya sekolah kedokteran termurah dibandingkan dengan negara-negara berbahasa Inggris lainnya. Biaya kuliah untuk kuliah kedokteran di Cina dapat mencapai $ 2600 per tahun. Beberapa institusi tersebut adalah Luzhou Medical University, North Sichuan Medical College, Anhui Medical University, dan masih ada lainnya. Satu hal yang unik ketika memilih untuk menempuh studi kedokteran di Cina adalah kesempatan untuk mempelajari pengobatan tradisional dan teknik medis kuno. Menarik kan? Ini bisa menjadi kesempatan besar bagi kamu dalam memperluas pengetahuan.

studi ke luar negeri

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa negara dengan biaya studi kedokteran yang terjangkau! Agar lancar dan berhasil, kamu harus bisa tekun dan semangat dalam menjalani perkuliahan! Ingatlah bahwa nantinya kamu akan mengemban tugas mulia yang membantu banyak orang. Jadi, disaat masa studi, manfaatkanlah kesempatan, waktu, dan fasilitas semaksimal mungkin agar ilmu yang kamu pelajari bisa bermanfaat kedepannya dan bisa mempersiapkanmu dalam berprofesi sebagai dokter!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!