biaya hidup di singapura
Biaya Hidup di Singapura untuk Mahasiswa 2020
11 Mei 2020
jurusan untuk orang pendiam
8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam
12 Mei 2020

Peluang Kerja Teknik Elektro Tahun 2020, Tertarik Mencoba?

peluang kerja teknik elektro

peluang kerja teknik elektro

Peluang kerja Teknik Elektro di Indonesia masih sangat terbuka lebar serta memiliki gaji yang tergolong besar. Seperti yang diketahui, seluruh umat manusia di bumi ini membutuhkan dan menggunakan listrik dalam berbagai keperluan. Baik itu untuk membantu aktivitas penting dalam hidup, pekerjaan, hingga hiburan. Agar mampu dan terampil dalam bidang elektronika tersebut, dibutuhkanlah pengetahuan baik itu segi praktis dan akademik dalam jurusan Teknik Elektro.

Jurusan Teknik Elektro sendiri merupakan bidang studi yang mempelajari sifat-sifat elektron yang dikenal sebagai listrik. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari penggunaan serta pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi. Bidang elektronika pun cakupannya sangat luas. Teknik Elektro terpecah dalam beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, teknik komputer, hingga telekomunikasi.

Sumber: Freepik

Karena teknologi semakin cepat dan sangat diperlukan, demand pekerjaan bidang ini selalu meningkat. Peluang kerja Teknik Elektro tak sulit untuk ditemukan dan para lulusan jurusan ini tentu akan menemui berbagai macam posisi-posisi penting yang membutuhkan keterampilan dalam bidang elektronika. Untuk yang sedang bersiap memasuki dunia kerja, berikut beberapa pilihan peluang kerja Teknik Elektro tahun 2020 yang bisa kamu coba!

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Perusahaan milik negara tentu sangat membutuhkan kemampuanmu. Kamu bisa bekerja di BUMN yang utamanya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi seperti PLN, PT. Pertamina, PT. Telkom, dan perusahaan lainnya. Kalau di perusahaan tersebut, kamu akan berkecimpung dalam pekerjaan yang pastinya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi. Saat bekerja di BUMN, kamu bisa menghasilkan pendapatan yang cukup menggiurkan, mulai dari sekitar 7 hingga 12 juta rupiah.

Sektor Swasta

Sektor swasta bisa menjadi pilihan para lulusan teknik elektro. Kamu bisa memilih perusahaan yang berkaitan dengan telekomunikasi misalnya Telkomsel, Indosat, Xl axiata, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di perusahaan yang bergerak dalam pengembangan software dan hardware.

Baca Juga : 3 Kampus Swasta Terbaik Asal Amerika

Perminyakan, Gas, dan Pertambangan

Bidang yang satu ini cukup diminati karena gaji yang cukup tinggi. Sebagai lulusan Teknik Elektro, kamu tentu berkesempatan untuk berkarir dengan mengisi bidang IT Engineer bersama jurusan IT lainnya–tergantung kebutuhan serta keahlian individu tersebut. Beberapa perusahaan ternama dalam negeri yang sangat populer seperti PERTAMINA, CHEVRON, ANEKA TAMBANG, SCHLUMBERGER, FREEPORT, dan masih banyak lainnya. Untuk gaji yang dapat diperoleh bekerja di pertambangan saja dapat meraih sekitar 7 hingga 15 juta rupiah.

Kelistrikan

Lulusan elektro juga bisa bekerja di bidang kelistrikan! Biasanya akan ditempatkan pada bagian teknis transmisi dan gardu induk, distribusi, dan juga instalasi. Untuk bidang Pembangkitan Tenaga Listrik sendiri umumnya lebih banyak diisi oleh lulusan dari jurusan Teknik Mesin dan juga Teknik Fisika. Meskipun begitu, hingga saat ini banyak juga lulusan elektro yang masuk pada bagian pembangkit.

Baca Juga : Gaji Lulusan Hubungan Internasional: Penuh Peluang dan Prospek Jauh!

Beberapa perusahaan dalam negeri yang banyak menjadi incaran lulusan jurusan Teknik Elektro adalah PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) dan berbagai perusahaan yang memerlukan daya listrik cukup besar sehingga perlu merekrut engineer maupun teknisi listrik sendiri.

Industri Otomotif

Industri otomotif di Indonesia semakin marak dan juga berkembang. Oleh karena itu, disinilah peran para lulusan Teknik Elektro sangat dibutuhkan. Hal itu dikarenakan setiap otomotif yang diproduksi tidak bisa lepas dengan segala elektronika yang bersangkutan. Untuk gaji yang dapat kamu terima dengan bekerja di bagian ini dapat berkisar mulai 4,5 hingga 11 juta rupiah setiap bulanya. Namun tetap, hal tersebut tergantung dengan pengalaman ataupun dengan posisi jabatan kamu bekerja.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!