duolingo english test scoring
Yuk Pahami Dulu Sistem Scoring Duolingo English Test!
10 Januari 2022
transportasi di sydney
Ini Dia Pilihan Transportasi Buat Mahasiswa di Sydney
12 Januari 2022

Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Sumber: Pexels

Punya mimpi menjadi psikolog hingga ingin menimba ilmu hingga keluar negeri? Kamu wajib tahu pengalaman kuliah psikologi di luar negeri supaya jadi pertimbangan, nih!

Selain kesehatan fisik sekarang makin banyak anak muda yang sadar betapa pentingnya kesehatan mental. Ya, dahulu kesehatan mental adalah hal yang sangat amat tabu untuk diperbincangkan. Bahkan nggak sedikit orang yang mencoba menyimpan perihal kesehatan mentalnya rapat-rapat perkara takut dibilang rapuh. 

Kini lewat dunia digital, iklan pemerintah sekalipun mengajak masyarakat untuk lebih memprioritaskan kesehatan mentalnya. Itulah mengapa semakin banyak anak muda yang memilih kuliah psikologi. Mereka ingin mengental sebab dan akibat yang mempengaruhi mental seseorang dan sebagainya. Kalau kamu berniat untuk kuliah psikologi apalagi di luar negeri, baca dulu pengalaman kuliah psikologi di luar negeri berikut ini.

Dengan mengetahui pengalaman kuliah di psikologi di luar negeri ini, kamu punya bekal dan gambaran seperti apa medan yang akan kamu hadapi. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri yang Tak Terlupakan

Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Sumber: Pexels

Bagi yang ingin kuliah di luar negeri, pasti penasaran banget pengalaman kuliah psikologi, deh. Berkuliah jurusan ini di universitas dalam maupun luar negeri tentunya berbeda. Mulai dari tahun ajaran baru dimulai atau disebut Intake untuk universitas luar negeri. Di Indonesia, tahun ajaran baru dimulai di bulan September, namun di universitas luar negeri bisa berbeda-beda. Contohnya di Australia, terdapat Intake bulan Februari juga September. Bahkan universitas di Eropa juga ada yang memiliki Intake hingga 6!

Bagaimana dengan perkuliahannya? Dari segi kurikulum, tentu berbeda, tapi dari segi teoritisnya tentu sama. Fokus ilmu psikologinya pun juga berbeda,  universitas di luar negeri memiliki fokus yang lebih dalam dengan pembahasan yang lebih mendalam. Begitu juga teaching method yang dari para dosen. Kelasnya biasanya lebih kecil, bahkan ada yang maksimal 20 mahasiswa/i saja. Dengan kelas yang lebih kecil ini, interaksi dosen dengan mahasiswa/i menjadi lebih intimate sehingga mahasiswa/i bisa berpikir lebih kritis.

Kuliah psikologi di luar negeri juga ada magang atau internshipnya. Program ini membuat mahasiswa mempraktekkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajarinya selama perkuliahan. Nantinya mahasiswa juga akan mendapatkan nilai dari tempat internshipnya. 

Pengalaman kuliah psikologi di luar negeri yang paling tak terlupakan adalah bisa bertemu dengan teman-teman dari negara lain. Kamu nggak akan merasa kesepian karena ada banyak mahasiswa internasional yang juga ingin menimba ilmu. Bersama mereka, kamu bisa belajar budaya dan menjelajah negara setempat. 

Selain itu, kuliah di luar negeri juga menuntut kamu untuk bisa survive dimanapun kamu berada. Kamu juga akan lebih mandiri bahkan terbiasa untuk membuat rencana A sampai Z. Nantinya saat pulang ke Indonesia, tak hanya ilmu saja yang kamu bawa tapi juga pengalaman, survival skill, dan mental yang kuat. 

 

Apa Saja Persyaratan Kuliah Psikologi di Luar Negeri?

Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Sumber: Pexels

Berkuliah psikologi di luar negeri tentunya sangat berbeda bahkan dari persiapannya. Saat kamu memilih kuliah luar negeri, artinya kamu harus memenuhi persyaratan dari kampus setempat. Misalnya dari persyaratan akademiknya. Namanya juga kampus luar negeri, artinya kamu harus mendapatkan nilai dari kurikulum internasional.

Umumnya, kurikulum internasional yang  menjadi persyaratan adalah International Baccalaureate atau A-Level. Bagaimana cara mendapatkan nilai ini? Kamu harus mengikuti foundation program atau program pra kuliah. Program ini hadir untuk mahasiswa internasional mengisi celah perbedaan standar pendidikan negara asal dengan negara tujuan.

Biasanya, foundation program ini bisa kamu ikuti dari kelas 11 sehingga tahun depannya bisa memulai tahun pertama di universitas yang dituju. Kalau kamu mau menyelesaikan pendidikan SMA, artinya kamu harus menunda setahun masuk kuliah untuk mengikuti program ini.

Selain persyaratan akademik, ada persyaratan Bahasa Inggris yang perlu kamu penuhi. Biasanya persyaratan Bahasa Inggris berupa nilai tes iBT TOEFL atau IELTS yang keduanya sudah diakui secara internasional. Perlu kamu catat, baik persyaratan akademik dan persyaratan bahasa Inggris masing-masing jurusan akan berbeda. Sebaiknya kamu mengecek untuk bisa meraih nilai yang dibutuhkan.

Kamu juga harus menulis personal statement yang berisi mengapa kamu memilih jurusan psikologi di universitas tersebut, apa saja skill yang sudah kamu miliki, sumbangsih apa yang akan kamu berikan bila kamu kuliah psikologi di kampus tersebut hingga rencana penelitian yang kamu punya. Kalau kamu masih bingung, sebaiknya konsultasi dulu dengan konsultan pendidikan luar negeri  berpengalaman seperti SUN Education.

 

Tantangan Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Sumber: Pexels

Membahas pengalaman kuliah psikologi di luar negeri nggak terlepas dari tantangannya. Pertama, tantangannya tentu dari segi bahasa. Semua perkuliahan di kampus tentunya diberikan dalam bahasa setempat. Makanya, sebelum kamu berangkat kuliah di luar negeri, pastikan untuk mengasah kemampuan kamu sehingga dapat memahami materi yang akan kamu pelajari.

Menjadi mahasiswa internasional juga harus aktif, nggak boleh pasif! Saat hari libur, boleh saja istirahat tapi juga bisa kamu manfaatkan untuk mengasah skill atau belajar hal-hal yang baru. Manfaatkan kesempatan untuk mengikuti workshop gratis dari pihak kampus dengan pembicara yang ahli di bidangnya.

Tantangan lainnya tentunya dari segi biaya. Meski mahasiswa/i mendapat beasiswa sekalipun, hidup di negara orang tentunya harus berhemat. Kamu tak mungkin meminta uang tambahan saat uang bulanan habis, kan? Untungnya kamu memegang student card yang bisa memberikanmu harga khusus biasanya untuk makan, ongkos transportasi, hingga harga sewa akomodasi. Kamu juga bisa kerja sambilan tapi harus mematuhi aturan negara setempat dan kampus, ya!

 

Keuntungan Punya Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Sumber: Pexels

Membahas keuntungan, yang pertama adalah memiliki link di dunia internasional. Link ini kamu dapatkan dari berteman dengan sesama mahasiswa internasional. Siapa tahu karir kamu bisa terbantu karena link yang sudah kamu bangun dari saat duduk di bangku kuliah.

Kamu juga punya kesempatan bekerja di luar negeri. Kamu pun bisa mengajukan permohonan post-work study Australia yang mengizinkan mahasiswa internasional untuk bekerja di negara setempat. Setelah memiliki pengalaman kerja, kamu juga bisa mendaftar S II, deh!

Terakhir, memiliki pengalaman kuliah psikologi di luar negeri juga membekali kamu dengan segudang pengetahuan yang belum tentu kamu dapatkan di negeri sendiri. 

 

Cara Kuliah Psikologi di Luar Negeri

Sumber: Pexels

Pengalaman kuliah psikologi di luar negeri ternyata menarik banget, ya! Kalau kamu tertarik kuliah psikologi di luar negeri sebaiknya mulai rencanakan dari sekarang. Biar kamu nggak bingung, ada sebaiknya konsultasi dengan konsultasi pendidikan luar negeri seperti SUN Education. SUN Education akan membantumu mulai dari persyaratan masuk kuliah, permohonan visa pelajar, hingga akomodasi selama kuliah di sana. Tunggu apalagi, wujudkan mimpi kuliah di luar negeri dengan SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan