syarat pertukaran pelajar
Syarat Pertukaran Pelajar Ke Luar Negeri Yang Harus Kamu Tahu!
11 Juni 2020
kuliah S1 paling cepat berapa berapa tahun
Kuliah S1 Paling Cepat Berapa Berapa Tahun? Apa Keuntungannya?
16 Juni 2020

Pengalaman Kuliah di Kanada yang Super Seru!

studi luar negeri

Sumber"Freepik

Kuliah di luar negeri adalah impian bagi banyak pelajar dari seluruh dunia. Kamu, apakah salah satunya? Ada banyak negara destinasi populer yang selalu jadi pilihan studi dan salah satunya adalah kuliah di Kanada. Pengalaman kuliah di Kanada bisa jadi super seru dan tidak hanya terpaut sama studi di kampus saja loh! Di negara ini, kamu punya banyak sekali kesempatan untuk mencoba berbagai macam hal.

FYI, Kanada memiliki pemerintahan yang sangat mengutamakan pendidikan. Sebagai salah satu negara maju di dunia, pendidikan menjadi salah satu sektor penting yang turut mempengaruhi perekonomian negara ini. Oleh karena itu, pemerintah Kanada berusaha sebaik mungkin menyediakan pendidikan berkualitas serta memberikan pengalaman menarik termasuk bagi mereka yang datang dari seluruh penjuru dunia.

Tak heran jika ada banyak sekali universitas terkemuka di Kanada yang mendapatkan top rank di dunia, seperti University of Waterloo dan Vancouver Film Schoolbeberapa diantaranya. Karena institusi di Kanada memiliki pendidikan bertaraf internasional, tak hanya dari segi pendidikan, fasilitas institusi pun juga memiliki standar tinggi dan sangat baik sehingga pelajar dari seluruh dunia tak perlu ragu untuk melanjutkan studi jauh dari negara asalnya.

Sumber: Freepik

Sudah banyak universitas di Kanada yang memang dikenal secara internasional untuk kualitas pengajaran dan penelitian. Gelar sarjana dan pascasarjana yang kamu dapatkan di negara ini pun dianggap setara dengan universitas lain di Amerika dan negara Persemakmuran (Commonwealth) lainnya. Terlebih, beberapa universitas di Kanada sebagian besar didanai oleh pemerintah. Oleh karena itu, universitas di Kanada secara konsisten memiliki kualitas tinggi.

Negara ini juga dikenal sebagai negara yang aman dan nyaman untuk hidup dan belajar. Tingkat kejahatan di Kanada sangatlah rendah dan orang-orang dapat bepergian dengan bebas dalam Kanada tanpa merasa khawatir. Selain itu, untuk yang berencana memilih negara ini sebagai destinasi studi, kamu bisa membuat pengalaman kuliah di Kanada menjadi lebih seru! Seperti yang disebutkan diatas, di Kanada kamu bisa mengekspresikan diri serta kreativitasmu dalam berkegiatan! Dijamin tidak hanya sekedar kuliah di kampus saja, berikut ini adalah rekomendasi aktivitas agar pengalaman kuliah di Kanada bisa jadi lebih produktif dan menambah pengalaman:

 

Ikut Club dan Societies

 

Club dan Societies ataupun komunitas merupakan wadah yang ideal untuk kamu sebagai mahasiswa untuk memperluas networking dan menambah pengetahuan. Kamu akan meningkatkan skill leadership, problem-solving, dan juga berbicara di depan umum.  Berbagai klub seperti community service, media & publication, political & multicultural, olahraga, dan masih banyak lainnya bisa menjadi pilihan. Bergabung dengan klub atau perkumpulan tentunya bisa membuatmu terhubung dengan kelompok yang terdiri dari anggota dengan minat yang sama.

 

Berkarya dan Membuat Penelitian

 

Universitas di Kanada memainkan peran penting dalam keberhasilan negara tersebut dalam penelitian global. Mereka telah melakukan 40% dari penelitian dan pengembangan Kanadasalah satu tingkat tertinggi penelitian akademik di antara negara-negara OECD dan G8. Sistem pendidikan di Kanada pun sangat erat dengan penelitian yang didukung dengan fasilitas lengkapbaik dari pemerintahnya maupun industri setempat. 

Apalagi, negara ini memegang reputasi yang sangat kuat di bidang teknologi dan ilmiah. Pastinya banyak universitas yang menyediakan platform untuk kamu mengasah pengetahuan dan membuat penelitian. Kamu berkesempatan untuk terlibat dalam tim penelitian dengan fakultas dan bekerja dalam proyek kehidupan nyata dengan mitra bisnis, atau melakukan studi independen di bawah bimbingan seorang penasihat yang berpengalaman.

Selain menambah pengalaman, penelitian yang kamu ciptakan tentunya bisa menjadi portofolio yang bagus untukmu kedepannya!

 

Co-op

 

Berkuliah di Kanada maka artinya kamu punya kesempatan untuk mengikuti program Co-operative Education atau yang dikenal sebagai Co-op. Yup, Co-op merupakan program dimana kamu sebagai siswa diberikan kesempatan untuk bekerja selama beberapa periode di bidang yang dipelajari saat di perkuliahan. Durasi Co-op pun bervariasi; ada yang bisa magang selama satu (1) semester penuh lalu kembali kuliah, maupun mengambil program Co-op selama beberapa kali selama masa perkuliahan berjalan. 

Kegiatan Co-op pun keuntungannya besar. Perusahaan cenderung merekrut karyawan yang dulunya mengikuti Co-op karena pengalaman Co-op memungkinkan mahasiswa menerapkan teori yang dipelajari di kelas dalam praktek kerja yang sesungguhnya. Jadi, kamu punya peluang untuk bekerja sama dengan para profesional dan memperluas koneksi begitu terjun dalam dunia kerja.

 

Travelling

 

Berplesir! Salah satu kegiatan ini gak boleh kamu lewatkan saat merantau ke Kanada karena alam bebas negara ini luar biasa indahnya. Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia, tetapi populasinya relatif kecil. Jadi, negara ini punya sangat banyak ruang yang dapat kamu jelajahi! Kanada sendiri memang dikenal dengan dunia pariwisatanya. 

Ada berbagai macam destinasi wisata yang memukau dan juga menjadi incaran para wisatawan. Mulai dari Mount Rocky yang kokoh penuh salju dan indah, Niagara Falls yang legendaris, Dunstan’s Basilica yang artistik dan bersejarah, CN Tower yang menjadi ikon kota Toronto, sampai Banff National Park yang danaunya super indah. Di negara ini, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan outdoor populer seperti berkemah, bermain ski dan selancar salju, golf, memancing, hiking, bersepeda gunung, memanjat, kayak, dan kano.

 

Menghadiri Festival

 

Kanada merupakan negara multikultural dan sekuler dengan orang-orang dari berbagai kelompok etnis yang hidup bersama. Oleh karena itu, negara ini memiliki banyak perayaan dengan tema menyenangkan dan masing-masing memiliki tujuan tertentu. Mayoritas pesta besar dan festival diselenggarakan saat musim panasmeski ada juga yang diadakan beberapa selama musim lain. Namun, festival di Kanada yang paling sering dan menonjol adalah disaat-saat hari yang cerah.

Festival mereka sangat seru dan bermacam-macam. Mulai dari Montreal Jazz Festival yang menjadi konser musik jazz terbesar di dunia, The Ex yang merupakan pameran teknologi, pertanian, dan keanekaragaman Kanada,  hingga Folklorama dimana kamu dapat menonton pentas seni, musik, dan juga folk dance.

studi luar negeri

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia 5 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selain belajar di kampus saat studi di Kanada! Kebayang kan serunya? Selain situasi negara yang stabil dan environment yang mendukung proses belajar, sederet kegiatan produktif dan tempat-tempat unik tersebut bisa menjadi to-do-list terbaru kalian!

Kira-kira, yang mana aja nih yang sudah masuk menjadi rencana kegiatan kalian?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!