Intan & Amritha: Momen Menyenangkan Berkuliah di UoW College Australia
24 Juni 2019
5 Perusahaan Besar Ini Berasal dari Cina
27 Juni 2019

Pengelolaan Sampah Terbaik di Dunia dari Swedia

swedia waste management

Sumber: Freepik

Swedia merupakan negara yang dikenal inovatif termasuk dalam hal pengelolaan sampah. Selama bertahun-tahun Swedia secara konsisten menerapkan kebijakan pengelolaan sampah demi mewujudkan negara yang bebas sampah. Selain dari kebijakan pemerintah dan inovasi teknologi, ternyata peran serta masyarakat juga menjadi faktor utama untuk mendukung terwujudnya negara bebas sampah tersebut. Berikut adalah beberapa fakta terkait pengelolaan sampah di Swedia:

sweden waste management

Sumber: Freepik

Pemilahan sampah dan daur ulang

Masyarakat Swedia telah terbiasa memilah sampah yang mereka hasilkan di rumah-rumah sebelum membuangnya ke tempat pembuangan. Hal tersebut tentu saja mempermudah proses pemilahan sampah dalam skala yang lebih besar. Selain itu, ada kebijakan pemerintah yang menetapkan ketersediaan pusat daur ulang sampah setiap 300m dari wilayah pemukiman. Hal ini ditargetkan untuk mendorong perilaku masyarakat untuk membuang dan memperlakukan limbah dengan benar.

Memberdayakan kembali barang bekas

Warga Swedia cenderung menggunakan kembali barang-barang daripada membuang atau mendaur ulang. Ini termasuk kebiasaan mengisi ulang produk-produk, daripada membuang atau mendaur ulang wadahnya. Kebiasaan menggunakan produk yang bisa digunakan ulang, tentu saja membuat mereka terhindar dari membeli produk baru yang berpotensi menghasilkan sampah lainnya.

sweden waste management

Sumber: Freepik

“Pant System” 

Pemerintah menyediakan reward dalam bentuk uang bagi setiap botol atau kaleng bekas yang ditaruh di fasilitas duar ulang. Sistem ini disebut pant system yang telah sukses mendaur ulang jutaan sampah setiap tahunnya. Pant system juga disebut sebagai salah satu faktor yang membentuk perilaku masyarakat dalam menangani sampah sehari-hari.

Peran produsen

Pemerintah juga menghimbau pihak produsen yang memproduksi barang yang berpotensi menjadi limbah untuk berpartisipasi. Beberapa retail barang seperti perusahaan pakaian H&M akan memberikan diskon bagi pelanggan yang ‘mengembalikan’ pakaian yang sudah tidak dipakai lagi. Di samping itu, mereka juga mencoba inovasi agar limbah pakaian bekas dapat diatasi dengan lebih baik untuk ke depannya.

sweden waste manangement

Sumber: pinterest

Penerapan Waste-to-Energy

Hal yang paling signifikan dari pengelolaan sampah di Swedia adalah tersedianya fasilitas waste-to-energy. Lebih dari lima puluh persen limbah di Swedia dibakar dengan suhu yang sangat tinggi di fasilitas ini untuk mengubahnya menjadi energi listrik atau panas. Selain itu, abu dari proses pembakaran limbah ini juga dapat dijadikan bahan konstruksi jalan. Untuk membuat fasilitas ini selaku bekerja menghasilkan energi, Swedia bahkan mengimpor sampah dari negara-negara tetangga.

sweden waste managemnt

Sumber: Freepik

Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa masalah sampah adalah persoalan semua pihak dalam suatu negara. Untuk menjadi negara yang bebas sampah, juga diperlukan partisipasi pihak industri serta peran aktif masyarakat untuk mengelola sampah. Dengan penanganan yang tepat dan tunjangan teknologi, Swedia berhasil membuktikan diri sebagai negara terdepan dalam hal pengeloaan sampah.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!