visa pelajar ke australia
Akan Mengurus Visa Pelajar ke Australia? Kenali Dulu Jenis-jenisnya!
27 Februari 2021
SUN English Expo 06-07 Maret 2021
1 Maret 2021

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sebagai ‘Bekal’ Kini dan Nanti!

Sumber: Unsplash

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan banyak negara alias bahasa yang ‘mengglobal’. Di era yang super maju sekarang, penggunaan Bahasa Inggris sudah menjadi hal yang biasa dan kamu pasti melihatnya ada dimana mana. Mulai dari lingkungan sendiri, inovasi dan perkembangan yang mendunia, sebagai alat komunikasi perdagangan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pastinya banyak sekali alasan yang mendorong betapa pentingnya belajar Bahasa Inggris sebagai bekal menghadapi dunia!

Sumber: Unsplash

Selain tersebar luas dan dibutuhkan sebagai cara berkomunikasi, kamu yang berada di era ini perlu menguasai bahasa internasional tersebut agar siap dan mampu mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi. Mengapa perkembangan? Karena pasti hal-hal akan berubah dan berinovasi—baik itu di masa sekarang, hingga nantinya di masa depan. So, kamu harus bisa beradaptasi dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Nah, apa saja sih alasan pentingnya belajar Bahasa Inggris sebagai bekal kini dan nanti? Wah, banyak banget dan terlebih, semuanya bermanfaat untuk dirimu! Berikut ini beberapa alasan kenapa bahasa global yang satu ini punya peran penting untuk kamu pelajari: 

Persiapan Menempuh Pendidikan

Sumber: Unsplash

Menguasai Bahasa Inggris nggak hanya menjadi syarat saat kamu menempuh pendidikan di luar negeri saja! Kamu yang menempuh pendidikan di Tanah Air pun akan memerlukan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Hal ini dikarenakan nantinya kamu dapat menemui pembelajaran yang menggunakan bahasa tersebut plus menjadi nilai tambahan atas kemampuan yang kamu miliki. Sudah banyak institusi atau universitas yang memang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kelas maupun buku materi bidang studi. Jadi, sebagai modal untuk memahami studi dan menyelesaikan studimu, pastikan kamu menguasai Bahasa Inggris ya!

Kesempatan Bekerja dan Berkarir

Bisa dibilang ini juga merupakan ‘kunci emas’ mu. Salah satu alasan pentingnya belajar Bahasa Inggris mulai saat ini hingga nanti adalah sebagai bekal dalam memberikanmu peluang menarik di industri kerja. Kamu bisa menemukan perusahaan maupun pekerjaan yang ideal serta meniti karir impianmu! Hampir seluruh perusahaan di dunia membutuhkan kandidat yang harus bisa menguasai Bahasa Inggris. Baik itu dari aspek pekerjaan yang kamu lakukan dan bentuk komunikasi saat di perusahaan. Dengan memiliki kemampuan berbicara maupun menulis yang fasih dalam bahasa internasional ini, mereka akan melihat nilai tambah yang ada dalam dirimu! Apalagi, jika kamu mengincar pekerjaan yang ada dalam jenjang internasional, kemampuan berbahasa Inggris sudah pasti menjadi poin penting dalam proses rekrutmen mereka.

Komunikasi Lintas Bahasa dan Budaya

Sumber: Unsplash

Seperti yang dikatakan di atas, kamu akan menemukan bahasa ini dimanapun dan oleh siapapun. Setidaknya di Indonesia kamu bisa menghadapi seseorang dengan bahasa dan latar belakang budaya yang berbeda, ataupun jika misalnya menempuh studi di luar negeri dan bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai belahan dunia. Bahasa Inggris akan menjadi bahasa pemersatu komunikasi kalian. Kamu akan berkomunikasi jauh lebih mudah, bisa sekaligus belajar, maupun mengasah kemampuan lainnya dengan menggunakan Bahasa Inggris tersebut!

Mudah Memahami Teknologi

Kamu tentu paham kalau hampir sebagian besar teknologi saat ini dioperasikan dalam Bahasa Inggris! Mulai dari TV, smartphone yang kamu miliki, laptop, komputer, hingga mesin atau peralatan lainnya. Jika sudah memahami Bahasa Inggris dasar saja, kamu pasti akan lebih mudah dalam menggunakan fasilitas teknologi tersebut. Belum lagi jika kamu harus menggunakan buku panduan saat memerlukan suatu informasi kan? Karena manual book kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, itulah mengapa belajar bahasa inggris itu penting agar pandangan kamu terhadap teknologi akan semakin maju dan terbuka dengan lebar.

Nyaman Saat Travelling

Sumber: Unsplash

Hayoo siapa disini yang suka banget berjalan-jalan ataupun punya cita-cita untuk berpelesir hingga ke luar negeri? Tetap semangat dalam merealisasikannya ya! Namun jangan lupa, kamu juga harus memahami Bahasa Inggris sebagai komunikasi saat disana nanti. Ini penting banget karena kamu pasti membutuhkannya mulai saat di bandara, membaca maps, sign, buku menu saat di restoran, hingga berbicara dengan orang lokal maupun turis lainnya. Biar travelling kamu lancar dan nyaman, kuasailah bahasa global ini ya!

Menambah Pengetahuan

Indahnya dunia yang semakin berinovasi! Kamu yang ingin mempelajari sesuatu di era sekarang sangatlah mudah dan bisa dari mana saja. Berbeda dengan jaman dulu yang hanya meminjam buku dari perpustakaan ataupun sebatas berdiskusi dan bertukar pikiran. Sekarang ada banyak media yang bisa memudahkanmu; seperti internet salah satunya. Baik itu buku ataupun internet, keduanya banyak loh yang menggunakan Bahasa Inggris. 

Dengan memahami Bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari dan menyerap pengetahuan dengan mudah dari media belajar tersebut sampai kapanpun. Kebayang kan kalau kamu lagi butuh sebuah informasi secara cepat dari salah satu media tersebut namun kamu kesulitan untuk mencerna ‘isinya’? Jadi, ada baiknya untuk mempelajari Bahasa Inggris karena manfaatnya gak hanya memudahkanmu tetapi juga dapat membantu menambah jendela pengetahuan yang luas!

Memahami Seni

Sumber: Unsplash

Seni yang bersifat visual ataupun didengarkan pun bisa mengandung penggunaan Bahasa Inggris. Hingga saat ini, kita mengenal berbagai macam film maupun lagu. Baik itu film yang berasal dari luar negeri maupun lagu yang berasal dari Tanah Air—pasti ada banyak yang kamu ketahui menggunakan Bahasa Inggris!

Film berbahasa Inggris di beberapa media sekarang akhirnya memiliki fasilitas subtitle agar memudahkan para penonton untuk memahami cerita maupun dialog. Nah, agar meningkatkan kualitas experience dalam menonton film atau pertunjukan, ada baiknya kamu menguasai Bahasa Inggris. Kamu jadi bisa memahami cerita serta pesan yang terkandung dalam sebuah film tanpa bingung memahami ‘kata per-kata’  yang ada dalam film tersebut. Apalagi, kamu juga sebenarnya bisa menggunakan kesempatan menonton film berkualitas internasional ini untuk semakin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu.

Sama hal nya dengan lagu-lagu favorit internasional yang kamu dengarkan. Jika kamu memahami Bahasa Inggris, kamu bisa memahami apa arti liriknya dan bahkan sembari menyanyikan lagu tersebut dengan pelafalan yang baik. Itulah kenapa memahami Bahasa Inggris juga bermanfaat dalam memahami seni yang diciptakan oleh seseorang. Kamu jadi bisa tahu apa ‘filosofi’ yang tergores dibaliknya!

‘Update’ dengan Berita Baru

Gak hanya berita internasional, saat ini berita yang beredar di Tanah Air banyak juga yang menggunakan Bahasa Inggris. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa semakin update dalam mengikuti perkembangan berita serta memperluas wawasan yang kamu miliki. Daya pikirmu akan semakin meningkat setelah memproses dan memahami informasi tersebut. Apalagi, kamu bakal berkesempatan untuk sharing dengan teman-teman maupun koneksi baru mengenai berita tersebut. Dengan terbentuknya forum, kamu bisa membahas berbagai isu hangat ataupun berita penting. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.