cara memilih jurusan kuliah
6 Cara Memilih Jurusan Kuliah
16 Februari 2020
biaya hidup di Swiss
Biaya Hidup Mahasiswa Internasional di Swiss
18 Februari 2020

Perancis: Destinasi Studi Favorit Mahasiswa International

biaya kuliah di Perancis

Perancis merupakan negara indah yang terletak di benua Eropa. Selain dikenal karena fashionnya, negara ini juga dikenal sebagai destinasi studi favorit untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Banyak mahasiswa internasional memutuskan untuk mengemban pendidikannya disini. Tak hanya kualitas pendidikan yang diakui secara internasional, biaya kuliah di Perancis pun dapat dikatakan terjangkau dan termasuk yang murah di dunia.

Dalam lingkungan yang hangat, mahasiswa Indonesia dengan mayoritas muslim maupun yang bukan sangat disambut dengan baik di Perancis. Negara ini disebut-sebut sebagai negara penerima mahasiswa asing terbanyak keempat di dunia. Penduduk Perancis diketahui memang terbuka dengan para pendatang—terlebih pendatang dengan berbagai latar belakang serta kepercayaan yang berbeda.

biaya kuliah di Perancis

Sumber: Freepik

Berbicara tentang pendidikan tingginya, Prancis menggunakan sistem tiga tingkat—sama seperti 29 negara Eropa yang lain. Gelar sarjana sudah termasuk ‘lisensi’ dan ‘lisensi profesi’. Program Master dan juga Doktor (PhD) termasuk dalam pascasarjana. Negara ini menerapkan sistem berbasis kredit dimana setiap modul studi bernilai sejumlah ECTS (kredit Eropa). Modul studi ini dapat dipindah-pindah antar kursus. Untuk program lisensi sendiri siswa harus mencapai 180 ECTS. Sedangkan untuk program master, siswa harus mencapai 120 ECTS.

Mayoritas universitas di Prancis merupakan lembaga publik. Inilah yang membuat biaya kuliah di Perancis relatif rendah. Namun, ada juga lembaga-lembaga swasta yang lebih selektif dalam proses penerimaan siswa. Lembaga tersebut biasanya melatih siswa dalam kegiatan kejuruan atau profesional seperti teknik, hospitality, atau arsitektur.

Biaya kuliah di Perancis juga tergantung dari tingkatan studi maupun dari segi apakah institusi tersebut negeri maupun swasta. Untuk universitas swasta di Perancis, seperti Le Cordon Bleu yang terkenal baik dengan hospitalitynya, mematok biaya kuliah yang dapat berkisar antara €22,800 hingga €49,200 untuk program yang berdurasi 9 bulan.

Untuk melanjutkan studi di negara ini, kamu harus memiliki visa untuk tinggal jangka panjang yang salah satu syarat untuk mendapatkannya adalah dengan berusia 18 tahun. Selain itu, dalam jangka dua bulan setelah sampai di Perancis, kamu sebagai pelajar juga wajib mendaftar izin tinggal dari pemerintah daerah setempat. Sementara untuk asuransi kesehatan pelajar berada dalam social security system dimana siswa akan dikenakan iuran sekitar 200 euro per tahun.

biaya kuliah di Perancis

Sumber: Freepik

Kamu bisa semakin menghemat pengeluaran saat studi di luar dengan mendaftar beasiswa dan mencari tempat tinggal murah. Pemerintah Perancis menyiapkan dana khusus untuk pendidikan dan ada banyak sekali beasiswa dari berbagai yayasan maupun dari universitasnya langsung. Untuk tempat tinggal, kamu bisa memilih akomodasi yang difasilitasi oleh institusi tempat belajar. Asrama kampus adalah contohnya. Kamu juga bisa memilih alternatif lain seperti menyewa apartemen di luar lingkungan kampus dengan harga yang murah atau tinggal bersama penduduk lokal.

Disamping itu, pelajar internasional di Perancis diizinkan untuk bekerja paruh waktu sejak tahun pertama studi. Durasi kerja yang diizinkan adalah sebanyak 964 jam per tahun atau sebanyak 20 jam per minggu, tanpa jadwal kerja yang bertabrakan dengan jadwal studi. Upah minimal pekerja di Perancis adalah 9.67 euro per jam dan berlaku juga untuk pekerja paruh waktu.

biaya kuliah di Perancis

Sumber: Freepik

Nah, itulah mengapa banyak siswa internasional yang menjadikan Perancis sebagai destinasi studi, teman-teman! Selain beberapa universitasnya termasuk dalam yang terbaik di dunia, Perancis merupakan pusat seni, sains, budaya, dan juga filsafat. Dengan lingkungan tersebut, kamu akan lebih mudah belajar banyak hal. Lebih mudah untuk mengeksplorasi serta mengasah kreativitas. Siapa tahu, disini ide-idemu lebih berkembang hingga kamu bisa menciptakan sesuatu dan membawanya kembali ke Tanah Air kan? Tetap semangat buat kamu meraih impian studi ke luar negeri ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!