Promoting ECS Southampton University 02 – 06 Agustus 2021
28 Juli 2021
SUNEnglish_EventSAT
SUN English Event SAT 14 Agustus 2021
28 Juli 2021

Perbandingan Biaya Kuliah Jurusan Hukum di Kampus Negeri dan Swasta

Sumber: unsplash.com

Bagi kamu yang punya mimpi untuk menjadi seorang notaris atau bahkan pengacara, pasti sedang mencari dan memilih kampus dengan jurusan hukum terbaik bukan? Berarti, kamu harus mulai mencari tahu dan membandingkan biaya kuliah jurusan hukum di sejumlah universitas nih! 

Nah, biasanya orang tua cenderung mengarahkan anaknya untuk masuk ke universitas negeri. Selain karena lebih prestisius, universitas negeri dianggap memiliki kualitas pengajaran yang lebih terakreditasi serta memiliki ikatan alumni yang kuat. Plus, universitas negeri biasanya menawarkan biaya kuliah yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan universitas swasta. Wah, pasti yang harganya lebih terjangkau lebih menarik, nih! 

Karena faktor biaya kuliah menjadi pertimbangan utama, ada baiknya kamu memahami perbedaan jenis sistem pembayaran kuliah. Ada yang disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Biaya Kuliah Tunggal (BKT).

 

Perbedaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan Biaya Kuliah Tunggal (BKT)

 

Baik UKT dan BKT, merupakan beban biaya kuliah setiap semester yang harus kamu bayar selama di perkuliahan. Sederhananya, UKT merupakan sebagian biaya dari keseluruhan biaya perkuliahan mahasiswa yang termasuk ke dalam BKT. Nah, karena hanya sebagian, sisa biayanya akan ditanggung oleh pemerintah melalui dana bantuan operasional khusus bagi Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri.

Khusus untuk universitas negeri, biaya kuliah sudah menggunakan sistem pembayaran UKT. Artinya, seluruh biaya kuliah di universitas sudah termasuk ke dalam biaya UKT tanpa ada biaya tambahan lainnya, uang gedung, uang pembangunan, dan lain sebagainya. Sistem tersebut biasanya berlaku bagi calon mahasiswa yang lolos ujian tes melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. 

Lalu berapa besaran biaya UKT ini? Biasanya nilai biaya UKT ini terbagi menjadi 8 kelompok, berdasarkan besaran penghasilan orang tua/wali dari mahasiswa, yang dimasukkan ketika mengisi formulir pendaftaran. Nilai tiap kelompok bervariasi, mulai dari Rp500.000 hingga Rp30.000.000 tiap semester. 

Biasanya, setiap universitas punya kebijakan masing-masing yang mengatur kelompok UKT dan nilai biayanya. Nah, setiap mahasiswa harus membayar UKT ini setiap di awal semester dengan nominal yang sama mulai dari semester awal hingga akhir masa perkuliahan.

Hal tersebut berbeda dengan universitas swasta yang kebanyakan menggunakan sistem pembayaran BKT, yang artinya biaya yang dibebankan ke mahasiswa lebih besar. Di dalam BKT ini, mahasiswa masih harus membayar biaya gedung, biaya pengembangan, SPP, dan sebagainya.

Sebagai catatan, biaya hidup pribadi mahasiswa tidak termasuk ke dalam UKT maupun BKT, ya! Jadi, biaya indekos, pembelian laptop, transportasi, ataupun buku penunjang perkuliahan tetap menjadi tanggungan pribadi. 

 

Biaya kuliah jurusan hukum di sejumlah universitas negeri ternama di Indonesia.

 

Universitas Indonesia

 

biaya kuliah jurusan hukum

Sumber: anakui.com

Sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia ini, Universitas Indonesia membagi  biaya kuliah menjadi 2 rumpun, yaitu rumpun Sains, Teknologi, Kesehatan dan rumpun Sosial Humaniora. Nah, Fakultas Hukum termasuk ke dalam rumpun yang kedua, nih.

Biaya kuliah jurusan hukum di Universitas Indonesia terbagi menjadi 5 kelas dengan rentang biaya yang berbeda. Biayanya, mulai dari Rp 7.500.000 hingga Rp 17.500.000. Biaya tersebut harus kamu bayarkan setiap awal semester, ya.

 

Universitas Airlangga

 

biaya kuliah jurusan hukum

Sumber: fh.unair.ac.id

Serupa dengan Universitas Indonesia, Unair pun membagi biaya kuliah fakultas menjadi rumpun Saintek dan rumpun Soshum. Nah, di biaya kuliah jurusan hukum di Unair pun terbagi 2, bergantung jalur masuk yang kamu pilih.

Jika kamu masuk dari jalur SBMPTN, biaya kuliah bervariasi, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 10.000.000 bergantung dengan kemampuan penghasilan orang tua atau wali mahasiswa. 

Nah, jika kamu masuk melalui Jalur Mandiri, maka kamu harus membayar Uang Kuliah Awal sebesar Rp 45.000.000 yang harus kamu bayar hanya sekali ketika masuk universitas. Lalu, untuk biaya Uang Kuliah Semester sebesar Rp 7.500.000 per semester.

 

Universitas Padjadjaran

 

biaya kuliah jurusan hukum

Sumber: ika.unpad.ac.id

Universitas negeri yang kini berada di Sumedang Jawa Barat ini membagi UKT untuk biaya kuliah jurusan hukum menjadi 5 kelompok, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 6.000.000 per semester. Biaya UKT tersebut hanya berlaku bagi mahasiswa yang lulus dari jalur SNMPTN.

Lalu bagaimana dengan yang lulus dari Jalur Mandiri? Ada perbedaan pada uang pangkal di awal perkuliahan. Uang pangkal tersebut sebesar Rp 55.000.000 yang disebut dengan Biaya Pengembangan. Lalu untuk biaya tiap semester sebesar Rp 6.000.000

 

Universitas Gadjah Mada

 

Sumber: law.ugm.ac.id

Kampus yang berlokasi di Yogyakarta, kota dengan biaya hidup paling rendah di Jawa ini, membebankan biaya kuliah UKT yang terbagi menjadi 8 kelompok. Biaya UKT tersebut mulai dari Rp 500.000 sampai 10.000.000 per semester. Tentunya, kelompok UKT berdasarkan kemampuan penghasilan orang tua/wali mahasiswa.

Nah, yang paling menarik adalah, tidak ada perbedaan biaya UKT bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur Mandiri maupun SNMPTN atau SBMPTN. Biasanya, kampus lainnya membebankan uang pangkal bagi mahasiswa yang lulus dari jalur Mandiri di awal perkuliahan. Sedangkan, UGM membebaskan uang pangkal tersebut, lho!

Setelah mengetahui gambaran biaya kuliah di universitas negeri, ada baiknya kamu juga menyiapkan pilihan untuk melanjutkan perkuliahan di universitas swasta.

 

Biaya kuliah jurusan hukum di sejumlah universitas swasta ternama di Indonesia.

 

Universitas Trisakti

 

Sumber: pmbinfo.trisakti.ac.id

Universitas yang terkenal sebagai kampus aktivis di zaman Orde Baru ini membagi rincian biaya kuliah ke dalam beberapa instrumen. Di awal, kamu harus membayar uang pangkal berupa Sumbangan Pengembangan dengan rentang antara Rp 18.000.000 hingga Rp 21.000.000. Biaya ini cukup kamu bayar sekali ketika masuk kuliah.

Lalu ada yang namanya Biaya Penyelenggaraan Pendidikan yang harus kamu bayar tiap semesternya. Biayanya sendiri terbagi menjadi Biaya Pokok sebesar Rp 10.000.000, lalu biaya setiap SKS sebesar Rp 325.000. Secara total, biaya per semester di Universitas Trisakti sebesar Rp 16.825.000.

Ada pula biaya Praktikum sebesar Rp 3.500.000 yang hanya perlu kamu bayar sekali selama masa perkuliahan. Nah, kalo kita total biaya kuliah jurusan hukum di Universitas Trisakti dari awal kuliah hingga lulus berkisar antara Rp 149.600.000 hingga Rp 152.600.000. Mulai menabung, yuk!

 

Universitas Parahyangan

 

Sumber: fh.unpar.ac.id

Biaya kuliah di kampus swasta yang berada di Bandung ini, terbagi menjadi beberapa instrumen. Pertama,  Uang Kuliah Pokok Awal sejumlah mulai dari Rp30 juta hingga Rp37 juta. Lalu, ada lagi instrumen Uang SKS berdasarkan jumlah SKS yang kamu ambil. Untuk semester pertama, kamu harus mengambil 18 SKS dengan biaya per SKS sebesar Rp300.000.

Selanjutnya, kamu juga harus membayar Sumbangan Solidaritas sejumlah minimal Rp2,5 juta yang dapat kamu tambahkan secara sukarela dengan kelipatan Rp2,5juta. Sebagai gambaran, beban biaya kuliah jurusan hukum di Unpar yang harus kamu bayar di awal perkuliahan mulai dari Rp38.440.000 hingga Rp 45.440.000. 

 

Sekarang, kamu sudah bisa mendapatkan gambaran tentang biaya kuliah jurusan hukum baik di universitas negeri maupun universitas swasta di Indonesia. Kamu bisa mulai menabung atau mencari program beasiswa yang bekerjasama dengan kampus terkait. Semoga sukses!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Tinggalkan Balasan