SUN E-Guide Book Promo
23 Januari 2021
kuliah s1 di luar negeri
Ingin Kuliah S1 di Luar Negeri? Wajib Tahu 5 Hal Berikut!
26 Januari 2021

Persiapan Kuliah di Luar Negeri Saat Pandemi: ‘Possible’ Banget Kok!

Ada banyak sekali cara untuk memperluas perspektif, meningkatkan pengetahuan, dan value personal serta kemampuan yang kita miliki. Salah satu contohnya, menentukan pilihan untuk berkuliah di luar negeri. Belajar hingga di negeri luar gak hanya memberikan pengalaman biasa loh! Kamu bisa mendapatkan pengalaman studi sekaligus hidup yang akan memberikan dampak besar di kehidupan selanjutnya. Namun sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus memperhatikan persiapan kuliah di luar negeri terutama disaat pandemi seperti sekarang ini.

Sumber: Unsplash

Seperti yang kita ketahui, penyebaran global COVID-19 menimbulkan imbas besar di setiap sektor. Mulai dari pariwisata, ekonomi, hingga pendidikanseperti yang banyak dihadapi para siswa seluruh dunia. Tahun 2020 yang lalu memang menjadi tantangan yang cukup terlihat dalam perjalanan internasional. Akan tetapi dalam memasuki tahun 2021 ini, kesempatan kamu yang ingin mengemban studi di luar negeri semakin terbuka dan disambut hangat! Beberapa negara mulai ‘membuka’ kembali gerbang mereka dalam menyambut pelajar internasionaltentunya dengan tindakan pencegahan dan protokol kesehatan yang pasti.

Mulai dari New Zealand, beberapa negara Eropa seperti Jerman dan Perancis hingga Amerika bisa menjadi destinasi studi bagi kamu yang berencana kuliah di luar negeri. Apalagi, negara-negara tersebut merupakan negara yang termasuk terkemuka dalam pendidikan world class. Pendidikannya dijamin berkualitas dan memuaskan! Nah, untuk siap menerjang dunia sekaligus beradaptasi dengan situasi yang harus dihadapi, yuk simak beberapa persiapan kuliah di luar negeri saat masa pandemi berikut ini:

Paspor dan Visa

Sumber: Unsplash

Kedua hal ini memang menjadi syarat kuliah yang harus kamu persiapkan! Paspor adalah identitas diri yang berlaku dalam skala internasional. Dengan kata lain, paspor merupakan akses ‘internasional’ untuk memasuki negara yang kamu tuju. Selain itu, kamu juga memerlukan surat izin berkunjung yang diterbitkan oleh Kedutaan Besar yang dikenal dengan visa. Visa pelajar memiliki durasi khusus dimana waktu bisa lebih lama tergantung pada periode studi yang diambil. Oleh karena itu, kamu memerlukan waktu jauh hari dalam membuat visa ini dan mempersiapkan beberapa kelengkapan seperti bukti rekening koran/tabungan dan menghadapi proses wawancara dengan pihak kedutaan.

Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris

Hampir seluruh universitas di luar memerlukan bukti kemampuan bahasa Inggris. Kamu perlu memperhatikan persiapan kuliah di luar negeri yang satu ini karena mereka memiliki persyaratan yang berbeda untuk setiap standar skor. Bukti sertifikat kemampuan bahasa inggris seperti Test of English Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Testing System (IELTS) biasanya dijadikan persyaratan untuk berbagai program studi. 

Sertifikat kemampuan tersebut bisa kamu peroleh dengan mengambil tes di beberapa lembaga pendidikan informal! Meskipun masih menghadapi situasi pandemi, beberapa lembaga sudah ada yang berinovasi dalam menyajikan program pelatihan eksklusif secara virtual. Salah satunya, SUN English yang menggelar kelas persiapan Bahasa Inggris online dengan outcome serta sertifikasi yang sama berkualitasnya.

Kelas Virtual alias ‘Online Learning’

Suka atau enggak, online learning mulai menjadi bagian dalam perjalanan studi dan bahkan hidupmu. Mungkin di suatu waktu kamu dapat merasa bosan dan lelah berkomunikasi yang seperti dibatasi oleh ‘tembok’ karena gak bisa tatap muka. Gak apa-apa, masih dalam batas wajar kok! Tetapi setiap perjuangan akan selalu ada silver liningnya. Kamu jadi bisa menjaga kesehatan dengan mengurangi mobilitas bertemu orang-orang, menikmati fasilitas perkuliahan pre-recorded yang bisa diulang-ulang, lebih praktis dan fleksibel, dan juga hemat waktu serta biaya! Siapkan PC/laptop untuk belajar, catatan kecil atau post-it, dan bisa juga segelas kopi untuk menambah suasana!

Adaptasi Cara Berkomunikasi

Sumber: Unsplash

Pasti sudah terbayang banget ketika harus menyesuaikan cara berkomunikasi yang baru saat ini dengan teman-teman kampus kamu nantinya. Kalian akan lebih sering menghabiskan waktu berdiskusi menggunakan platform messaging ataupun video call. Meskipun praktis, terkadang beberapa dari kita bisa ‘greget’ karena koneksi ataupun sulit berbicara secara langsung. Disinilah kamu bisa mulai belajar bagaimana caranya tetap berkomunikasi yang nyaman dan mungkin bisa mengubah cara baru belajar. Kamu bisa membuat kelompok studi melalui video call sekaligus seru-seruan! Selain belajar, kamu juga punya kesempatan untuk sekalian refreshing dengan ngobrol-ngobrol random bersama teman-teman kamu.

Temukan Hobi Baru

Tinggal sendiri di luar negeri pasti akan mendorongmu untuk mencari kegiatan baru yang dapat mengisi waktu maupun menaikkan moodmu! Eits.. tapi karena saat ini pandemi, kamu jadi memiliki banyak waktu di kamar ataupun tempat tinggal. Bosan, pasti. Sepi, apalagi. Belum pas kamu lagi banyak pikiran. Tetapi jangan khawatir! Seluruh dunia juga bersama-sama berjuang dalam menghadapinya. Kamu bisa menemukan hobi baru yang kamu sukai. Beberapa orang mencoba untuk memasak berbagai resep unik dan lezat, berolahraga, bahkan memulai bisnis kecil. Kamu bisa mencoba apapun yang bermanfaat dan menyenangkan untukmu! Mana tahu kan hobi kamu ini bisa membawamu jauh ke tingkat yang lebih baik?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.