bellevue college
Persiapkan Studimu ke Amerika di Bellevue College Washington!
7 April 2021
ielts preparation jakarta
Nyari IELTS Preparation di Jakarta? Kenalan dengan SUN English, Yuk!
9 April 2021

Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengajukan Aplikasi Visa Pelajar Amerika!

Sumber: Freepik

Amerika memiliki pemerintahan yang sangat mengedepankan pendidikan serta inovasi! Sudah menjadi fakta bahwa pendidikan di negara tersebut berkualitas dan mampu memberikan pengalaman extraordinary bagi mereka yang datang dari seluruh dunia. Ada banyak sekali universitas terkemuka jebolan Amerika yang menduduki peringkat teratas di dunia! Seluruh pelajar yang bercita-cita untuk studi atau bahkan telah mendapatkan tawaran dari universitas impiannya akan mempersiapkan persyaratan dengan baik; mulai dari nilai akademik, aplikasi visa Amerika, hingga keperluan penting lainnya.

Aplikasi Visa Amerika

Sumber: Unsplash

Nah, berbicara tentang aplikasi visa Amerika, yang satu ini sangat penting untuk kamu persiapkan secara matang. Visa pelajar merupakan dokumen esensial yang menjadi bukti legalitas kedatangan kamu ke Amerika dengan tujuan melanjutkan studi dalam jangka waktu tertentu. Sebelum mengajukan permohonan visa pelajar, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu persyaratan dan kelengkapan yang dibutuhkan. Untuk mengajukan visa pelajar, pastikan kamu sudah menerima bukti penerimaan oleh universitas tujuanmu di Amerika ya! Nantinya, pihak universitas yang menerimamu akan memberikan dokumen kelengkapan yang sekiranya diperlukan saat mengajukan permohonan visa pelajar.

Agar lebih mudah dalam mempersiapkan seluruh kelengkapan, yuk simak persyaratan umum aplikasi visa pelajar Amerika yang ada di bawah ini:

1. Tentukan Jenis Visa Pelajar

– Visa F-1

Kamu yang mengambil program full-time di perguruan tinggi maupun institusi akademik terakreditasi lainnya perlu mengambil jenis Visa F-1. kamu juga membutuhkan visa jenis ini jika kamu mendaftar program studi yang berdurasi sekitar lebih dari 18 jam per minggunya.

– Visa M-1

Jenis visa ini umumnya ditujukan bagi mereka yang mengambil kuliah non-akademik atau sekolah kejuruan di Amerika Serikat.

Setelah diterima di perguruan tinggi, pihak sekolah akan mengirimkan formulir I-20. I-20 merupakan formulir aplikasi visa F-1. Setelah menerima formulir ini, universitas atau institusi mu akan menyediakan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan untuk diserahkan saat kamu mengajukan permohonan visa pelajar Amerika.

2. Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Dokumen Aplikasi Visa Amerika

Sumber: Freepik

Kamu perlu menyerahkan dan melampirkan beberapa dokumen. Beberapa diantaranya adalah formulir permohonan secara online, paspor, pas foto, formulir I-20, dokumen keuangan, hingga dokumen pendukung pengajuan permohonan visa lainnya. Dokumen pendukung meliputi: 

– Menunjukkan kemampuan finansial, sosial, hubungan keluarga di luar negeri yang akan memastikan kamu kembali begitu program studi selesai.

– Bukti kuat bahwa kamu memiliki akses dana yang cukup untuk biaya studi dan hidup selama tinggal di AS.

– Laporan bank asli atau buku tabungan.

Jika finansial kamu merupakan sponsor dari pihak lain, kamu perlu menunjukkan bukti hubungan dengan dengan melampirkan formulir pajak asli, buku tabungan atau sertifikat deposito dari pihak tersebut. Kamu juga wajib melampirkan dokumen yang menjelaskan latar belakang pendidikan terakhir. Dokumen-dokumen tersebut meliputi transkrip nilai, sertifikat Ujian Nasional, serta sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, atau SAT), dan lainnya.

3. Bersiap untuk Proses Wawancara

Siapkan dirimu dalam menghadapi wawancara pengajuan visa pelajar! Kenakan pakaian yang formal namun tidak terlalu kakuyang pasti memberikan kesan profesional dan serius. Kesan pertama sangatlah penting! Saat menjawab pertanyaan, usahakan memberikan informasi dengan lengkap, tegas, dan sesuai yang ditanyakan. Pastikan mereka memahami bahwa tujuan dan minatmu datang ke Amerika memang benar-benar untuk mengenyam pendidikan.

Sumber: Freepik

Itulah dia beberapa hal penting yang perlu kamu persiapkan sebelum mengajukan aplikasi visa Amerika! Selain itu, coba untuk mengajukan visa paling lambat 3 bulan sebelum keberangkatan ya! Hal ini bertujuan untuk ‘berjaga-jaga’ agar kamu masih punya cukup waktu dalam meminta pertimbangan ulang jika misalnya permohonan visa ditolak. Nanti setelah melewati tahap akhir wawancara, kamu sebagai pemohon tinggal menunggu saja apakah visa disetujui atau tidak. Jika berhasil, visa pelajar akan langsung dikirimkan ke alamat yang telah kamu tulis saat mengajukan aplikasi!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.