persyaratan visa amerika
Persyaratan Visa Amerika untuk Pelajar Indonesia
18 Maret 2020
biaya hidup di australia
Biaya Hidup di Australia untuk Mahasiswa
20 Maret 2020

Persyaratan Kuliah di Singapura yang Perlu Kamu Persiapkan

persyaratan kuliah di singapura

persyaratan kuliah di singapura

Selain dikenal dengan perekonomiannya yang maju, pendidikan di Singapura termasuk yang terbaik di dunia. Kurikulum yang diajarkan sangat luas dan inovatif. Sudah banyak para peneliti dari berbagai  proyek yang melakukan riset di berbagai bidang. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa negara ini diincar oleh pelajar dari seluruh dunia. Persyaratan kuliah di Singapura juga tidak rumit. Untuk kamu yang bercita-cita menempuh pendidikan di negara ini, yuk simak penjelasan dibawah berikut:

Tentukan Universitas Tujuan

Sebelum memilih universitas, tentukan dulu jurusan yang ingin kamu tempuh. Pilihlah yang sesuai dengan minat serta bakat yang kamu miliki. Setelah itu, barulah cari universitas tujuan yang memiliki program yang kamu ingin tuju dengan akreditasi serta kualitas bagus. Cobalah lakukan riset untuk mencari informasi mengenai jurusan dan universitas yang paling terkini dan terpercaya. 

Baca Juga : Persyaratan Visa Amerika untuk Pelajar Indonesia

Lakukan pertimbangan juga dari segi reputasi, lokasi, serta fasilitas universitas. Kamu juga bisa membicarakan pilihan ini dengan orang terpercaya seperti orangtua, teman, atau orang yang berpengalaman. Dengan berkonsultasi, kamu akan mendapatkan pertimbangan dari berbagai sisi.

Siapkan Dokumen Aplikasi

Persyaratan kuliah di Singapura tentu melibatkan kelengkapan dokumen aplikasi. Hal ini sangat penting agar tidak sampai tertinggal atau dokumen kurang tepat untuk diproses dalam pendaftaran kuliah. Dokumen aplikasi juga tergantung dari jurusan yang akan diambil. Umumnya, universitas akan memintamu untuk menyerahkan dokumen seperti; nilai rapor, ijazah/sertifikat pendidikan, dan juga sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (IELTS, TOEFL, atau lainnya).

Nilai minimal untuk diterima di sebuah universitas berbeda-beda. Setiap universitas memiliki standar atau peraturannya masing-masing. Untuk yang ingin melanjutkan jenjang S2/S3, beberapa universitas ada yang mewajibkan pelamar untuk melampirkan Curriculum Vitae (CV) berisi pengalaman kerja maupun surat rekomendasi dari pihak perusahaan tempat pelamar bekerja.

Selain dokumen-dokumen diatas, kamu juga biasanya akan diminta untuk menyertakan kartu tanda pengenal/identitas diri, surat berkelakuan baik, dan juga surat kesehatan dari rumah sakit yang telah dilegalisir oleh kepolisian atau pihak berwenang.

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Australia 2020

Visa Pelajar Singapura

Kamu diharuskan untuk memiliki visa pelajar atau yang disebut dengan student pass, kecuali jika kamu memiliki Surat Jaminan (Dependent Pass) atau surat yang dikeluarkan oleh Departemen Imigrasi yaitu Immigration Exemption Order. Bagi pelajar internasional yang tidak memiliki keluarga atau saudara di Singapura, sekolah atau universitas akan menjadi penjamin (guarantor) selama masa studi pelajar tersebut. 

Untuk pengajuan visa sendiri paling lambat dilakukan sebelum studi kamu dimulai. Permohonan untuk mendapatkan Student Pass dapat diajukan ke Immigration & Checkpoints Authority (ICA). Persyaratan dan prosedur untuk mengajukan Student Pass tersebut tentu berbeda-beda dan tergantung pada jenis institusinya.

Sumber: Freepik

Nah itulah dia beberapa tips persyaratan kuliah di Singapura yang perlu kamu persiapkan! Program undergraduate biasanya akan memiliki waktu studi selama 3 sampai 4 tahun. Jika kamu ingin melanjutkan kualifikasi MBA di universitas-universitas yang ada di Singapura, kamu harus memiliki kualifikasi seperti gelar yang setara dengan sarjana ataupun pengalaman kerja.

Setelah menyelesaikan serangkaian proses aplikasi dan dokumen telah diterima oleh pihak universitas terkait, pihak universitas pasti akan mengkonfirmasi secara langsung aplikasi pendaftaran kamu. Jika aplikasi kamu memuaskan, kamu akan diminta untuk mengikuti sesi wawancara. Sesi wawancara tersebut bisa dilakukan melalui video, telepon, atau bahkan dengan hadir langsung di universitas yang bersangkutan.

Baca Juga : Pengalaman Kuliah di Jepang

Saat pihak universitas melihat bahwa kamu adalah calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan untuk menjadi siswa di universitas mereka—alias aplikasi kamu berhasil diterima, pihak universitas akan mengirimkan Letter of Acceptance yang wajib kamu tandatangani dan kirim kembali ke pihak universitas.universitas.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!