kuliah di amerika
Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Amerika
16 Maret 2020
persyaratan visa amerika
Persyaratan Visa Amerika untuk Pelajar Indonesia
18 Maret 2020

Persyaratan Umum Visa Pelajar Amerika yang Perlu Diperhatikan

visa pelajar Amerika

visa pelajar Amerika

Amerika Serikat adalah salah satu negara favorit yang sering dijadikan destinasi studi oleh pelajar internasional dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Selain persiapan untuk masuk universitas agar dapat diterima, ada juga persyaratan lain yang perlu kamu penuhi. Visa, adalah salah satunya. Agar pengajuan visa pelajar Amerika diterima, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting.

Sumber: Freepik

Sebagai pelajar internasional di Amerika Serikat, kamu harus mengambil full-time study sebagai persyaratan visa pelajar. Seluruh siswa internasional, baik mahasiswa universitas maupun yang hanya mengambil sekolah bahasa harus memiliki F-1 student visa. Disamping itu, jika kamu merupakan pelajar peserta program student exchange atau pertukaran kebudayaantidak studi yang bersifat full time, kamu perlu memiliki visa J-1. Sedangkan visa M-1 ditujukan bagi mereka yang mengambil kuliah non-akademik atau sekolah kejuruan di Amerika Serikat.

Biar lebih mudah dalam mempersiapkannya, yuk simak dulu persyaratan umum visa pelajar Amerika yang ada di bawah ini:

Baca Juga : 7 Fakta Mengenai Kehidupan di Amerika

Visa F-1

Universitas akan mengirimkan formulir yang menegaskan bahwa kamu telah diterima di lembaga yang disahkan oleh U.S. Citizenship and Naturalization Service (USCIS) guna mendaftar sebagai pelajar non imigran untuk mendapatkan visa F-1. So, Jika kamu berencana mendaftar program studi full time di perguruan tinggi, universitas, atau institusi terakreditasi lainnya, kamu sudah jelas memerlukan visa F-1 ini.

Setelah kamu diterima di perguruan tinggi, sekolah tersebut akan mengirimkan formulir I-20. I-20 merupakan formulir aplikasi visa F-1. Visa pelajar nantinya dapat dikeluarkan hingga 120 hari sebelum tanggal yang tercantum pada formulir I-20

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Sangat penting untuk melengkapi dan melampirkan beberapa dokumen agar bisa mendapatkan visa pelajar Amerika Serikat. Beberapa diantaranya seperti dokumen keuangan dan dokumen lain yang dapat mendukung pengajuan permohonan visa, serta memberikan bukti yang dapat meyakinkan bahwa kamu memegang biaya cukup untuk membayar seluruh biaya pendidikan di tahun pertama.

Kamu juga harus melampirkan dokumen-dokumen sekolah yang menjelaskan latar belakang pendidikan terakhir. Dokumen tersebut meliputi transkrip sekolah dengan nilai, sertifikat ujian nasional, dan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, atau SAT) dan lainnya.

Baca Juga : Bercita-cita Kuliah di Inggris atau Amerika? Simak Keunggulannya Disini!

Bersiap untuk Proses Wawancara

Siapkan dirimu dalam menghadapi wawancara pengajuan visa. Anggap wawancara tersebut merupakan acara yang resmi. Cobalah untuk mengenakan pakaian yang formal, tidak perlu terlalu kakuyang pasti memberikan kesan profesional dan serius. Kesan pertama sangat penting. Soalnya kamu hanya bisa berbicara sebentar dengan mereka dan seringkali mereka hanya meluangkan waktu beberapa menit dalam wawancara lalu membuat keputusan bulat.

Saat menjawab pertanyaan, usahakan memberikan informasi dengan lengkap, tegas, dan sesuai yang ditanyakan. Yang paling penting, tunjukkan bahwa kamu datang ke Amerika Serikat untuk benar-benar belajar. Baik itu untuk tujuan akademis maupun profesional. Petugas visa perlu mengetahui tujuan belajar kamu di negeri Paman Sam tersebut.

Sumber: Freepik

Nah itulah dia beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan kamu persiapkan saat mengajukan visa pelajar Amerika! Tidak perlu panik saat proses wawancara. Kamu pasti bisa menunjukkan komitmen yang kamu miliki dan tetap bersikap positif. Selain itu, cobalah untuk mengajukan visa paling lambat 3 bulan sebelum keberangkatan. Dengan begitu, kamu masih punya cukup waktu untuk meminta pertimbangan ulang jika misalnya permohonan visa ditolak.

Baca Juga : Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Amerika

Bagian yang menyenangkan, jika berhasil melewati tahap akhir wawancara dan petugas memberikan kertas berwarna putih, selamat! Tandanya, pengajuan visa kamu disetujui oleh petugas. Paspor pun akan ditinggal bila disetujui dan paspor yang sudah dicap visa akan dikirimkan ke alamat rumah setelah mendapatkan kabar kalau visa kamu sudah jadi. So, tidak perlu khawatir dan cobalah tips diatas agar bisa memudahkanmu nantinya ya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!