ranking universitas dunia
3 Kampus Terkemuka Asal Kanada dengan Ranking Universitas Dunia
22 April 2020
classics
Classics/Klasik
26 April 2020

Prospek Jurusan Teknik Sipil Menguntungkan, Kamu Tertarik?

prospek jurusan teknik sipil

prospek jurusan teknik sipil

Teknik Sipil merupakan bidang studi yang memiliki peran penting dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi suatu negara. Karena pekerjaannya semakin dibutuhkan di era yang terus maju ini, prospek jurusan teknik sipil menjadi sangat banyak. Para ahli di bidang Teknik Sipil sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan infrastrukturterutama di Indonesia.

Sumber: Freepik

Untuk menekuni bidang ini, dibutuhkan minat yang besar dalam desain dan konstruksi. Jurusan Teknik Sipil sendiri meliputi pembelajaran dalam proses merancang, renovasi, serta membangun. Tak hanya bangunan gedung saja, tetapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan lainnya. Disini kamu akan mempelajari cara membuat struktur bangunan yang kokoh, ekonomis, dan juga sesuai dengan medan serta lahan yang ada. Serta sikap cermat dan juga ketelitian pada hal-hal yang sifatnya detail penting untuk dimiliki.

Disamping itu, prospek jurusan teknik sipil juga menguntungkan. Hal tersebut dilandaskan pada anggapan bahwa gaji yang ditawarkan untuk lulusan teknik sipil dapat dikatakan cukup tinggi. Belum lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam proyek besar dengan tinggi pengalaman yang kamu miliki. Kamu yang berprofesi dalam bidang ini pun telah terproteksi asuransi. Kamu akan dilindungi atas risiko pengeluaran finansial, baik itu biaya pengobatan akibat sakit keras, kecelakaan berat, dan musibah lainnya yang bisa terjadi kapan saja.

Buat kamu yang ingin bekerja di bidang ini, berikut beberapa jenis prospek jurusan teknik sipil yang bisa kamu jadikan pilihan:

Baca Juga : 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA 2020

Insinyur Sipil

 

Pekerjaan seorang insinyur sipil bertanggung jawab terhadap desain, manajemen, serta mensupervisi proyek konstruksi yang dikerjakan bersama teknisi sipil dan para pekerja lainnya. Kamu yang bekerja di bidang ini bisa saja mengerjakan berbagai proyek seperti jalan, rel kereta api, bandara, hingga pelabuhan. Tugasmu meliputi penentuan keputusan penting serta memprediksi kemungkinan masalah dan tantangan yang bisa timbul dalam sebuah proyek. Pendapatan seorang insinyur sipil dapat berkisar antara 4 hingga 7 juta rupiah.

 

Manajer Konstruksi

prospek jurusan teknik sipil

Sumber: Freepik

 

Manajer Konstruksi bekerja dengan memberikan pengarahan dalam suatu proyek konstruksi. Kamu akan bersinggungan dengan mereka yang bekerja sebagai arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan lainnya. Jenis-jenis proyek yang dikerjakan biasanya seperti tempat tinggal, bangunan komersil, industri, serta infrastruktur. Standar gaji seorang manajer konstruksi mulai 7 hingga 30 juta rupiah. Income kamu juga bisa tergantung pada besarnya proyek serta pengalaman kamu.

 

Konsultan Konstruksi

 

Sebagai Konsultan Konstruksi, tugasmu adalah dengan memberikan saran serta ide dalam proyek pembangunan. Baik itu ide desain maupun teknik pembangunannya. Proyek-proyek yang biasanya dilakukan meliputi konstruksi bendungan, proyek jalan tol, sistem kontrol air, dan masih banyak lagi. Untuk pekerjaan ini, kamu bisa memiliki pendapatan mulai dari 4 hingga 6 juta rupiah.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Kontraktor Insinyur Sipil

 

Kontraktor Insinyur Sipil bekerja dengan mengimplementasikan rencana yang telah dibuat oleh sang konsultan. Kamu akan melihat seperti apa keadaan nyata di lapangan serta bagaimana menerapkan apa yang telah dibuat oleh konsultan. Sebagai kontraktor, kamu harus mampu secara profesional dalam mengatur orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Bahkan dalam beberapa proyek tanpa konsultan, kamu sebagai kontraktor harus bisa membuat perencanaan sendiri dan mengimplementasikannya. Bayaran yang dapat diterima dengan bekerja sebagai kontraktor insinyur sipil dimulai dari 5,5 hingga ratusan juta rupiah.

 

Pegawai Pemerintahan dan BUMN

 

Kamu bisa menjadi pegawai di kantor Pemerintahan, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah maupun Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Dinas Tata Kota dan Pertamanan. Untuk pekerjaan bidang teknik di BUMN, kamu bisa mencoba Cipta Karya, Waskita Karya, PLN, ataupun Telkom Indonesia. Kamu dapat bekerja di posisi seperti pengawas serta penyelidik properti dan infrastruktur pemerintah. Dalam pekerjaan ini kamu bertugas memeriksa properti pemerintah untuk memastikan kepatuhan dengan perjanjian kontrak serta peraturan pemerintah yang ada. Pendapatan yang bisa kamu dapatkan mulai dari 4 juta rupiah dan belum termasuk tunjangan lainnya.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.