universitas terbaik di amerika
5 Rekomendasi Universitas Terbaik Amerika di Bidang Bisnis Internasional
5 Februari 2020
jurusan di Universitas Oxford
Fakta University of Oxford yang Memikat Banyak Pelajar Internasional
7 Februari 2020

6 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

prospek kerja jurusan akuntansi

prospek kerja jurusan akuntansi

Akuntansi bukanlah bidang atau jurusan yang baru dalam dunia pendidikan. Meski demikian, hingga saat ini tenaga ahli di bidang ini tetap banyak dibutuhkan sehingga jurusan akuntansi baik di dalam maupun di luar negeri masih sangat diminati. Apakah kamu salah satu dari pelajar yang menyukai bidang akuntansi dan ingin melanjutkan studi di bidang ini? Jika iya, pastikan kamu membaca artikel di bawah sampai selesai dan tahu apa prospek kerja jurusan akuntansi. 

Jurusan Akuntansi

prospek kerja jurusan akuntansi

Jurusan akuntansi adalah jurusan yang banyak peluang kerja, mempelajari tentang pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang bagaimana pencatatan dan pengelolaan keuangan berpengaruh terhadap suatu usaha atau bisnis. Kamu akan diajarkan bagaimana mencatat dan menyusun laporan keuangan, menganalisis laporan keuangan, menilai kelayakan bisnis atau usaha, hingga melihat potensi dan prospek keuangan bisnis atau usaha tersebut ke depannya. 

Untuk menjadi pelajar akuntansi, keahlian yang harus kamu miliki di antaranya adalah ketelitian akan detail. Jika kamu adalah orang yang terstruktur dan rapi, hal tersebut juga akan menguntungkanmu dalam mempelajari akuntansi. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan matematika terutama perhitungan standar. 

Baca Juga : Rekomendasi Universitas Bisnis Terbaik di Dunia Asal Inggris

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Akuntan

Setelah lulus dari jurusan akuntansi, kamu akan menjadi seorang akuntan. Sebagai seorang akuntan, kamu akan bertanggung jawab untuk membuat dan menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. Kamu juga akan menganalisis serta mengevaluasi keuangan di dalam perusahaan tersebut dan memberi rekomendasi untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan serta pedoman bagi pembuatan kebijakan. Selain itu, akuntan biasanya juga terlibat dalam detail-detail lain di bidang keuangan seperti perpajakan, bahkan mengidentifikasi adanya penyalahgunaan dana oleh pihak-pihak tertentu. 

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

prospek kerja jurusan akuntansi

Dengan pemahaman mengenai pencatatan hingga evaluasi laporan keuangan, seorang lulusan akuntansi tidak hanya dapat berstatus sebagai akuntan. Berikut adalah profesi-profesi yang merupakan prospek kerja jurusan akuntansi: 

1. Akuntan perusahaan

Akuntan perusahaan bertugas untuk membuat laporan keuangan di sebuah perusahaan. Tugas ini dapat kamu terima dapat beberapa jenis profesi seperti akuntan publik, asisten akuntan, akuntan manajer, dan sejenisnya. Meskipun  deskripsi kerja akan berbeda-beda tergantung jabatan, tetapi secara umum kamu akan mengerjakan hal yang berkaitan dengan laporan keuangan. Akuntan adalah prospek kerja jurusan akuntansi yang paling utama dan umumnya terbuka untuk fresh graduated

Baca Juga : Macam-macam Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Di Masa Depan

2. Internal Auditor

Internal auditor diperlukan untuk memastikan laporan keuangan sebuah perusahaan bersih dan bebas penyimpangan. Tugas utama dari internal auditor adalah memeriksa dan mengevaluasi laporan keuangan serta mengidentifikasi ketidaksesuaian antara dara dan bukti. Jika kamu memilih untuk menjadi internal auditor, kejujuran adalah suatu hal yang harus kamu miliki. 

3. Perencana Keuangan

Untuk dapat menjadi seorang financial planner atau perencana keuangan, kamu harus mengambil sertifikasi khusus yaitu Certified Financial Planner (CFP). Sertifikasi tersebut akan mempersiapkan kamu untuk menjadi perencana keuangan mulai dari paling dasar, hingga penghasilan tambahan dari properti. Prospek ini semakin memiliki peluang karena seiring dengan berkembangnya perekonomian, mulai banyak orang sadar akan pentingnya perencanaan keuangan. 

4. Penganalisa Keuangan

akuntan

Prospek kerja jurusan akuntansi yang selanjutnya adalah penganalisa keuangan. Biasanya, penganalisa keuangan dipekerjakan oleh badan maupun perorangan untuk  mertimbangkan suatu pengambilan keputusan atas suatu kebijakan. Sama seperti untuk menjadi perencana keuangan, penganalisa keuangan juga membutuhkan sertifikasi khusus yang harus yang harus didapat yaitu Chartered Financial Analyst (CFA). Hanya saja, kamu tidak dapat secara langsung untuk menjadi analis keuangan, karena salah satu syarat mengambil CFA adalah pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidang keuangan. 

5. Pegawai lembaga keuangan Pemerintah

Pemerintah Indonesia memiliki berbagai lembaga keuangan seperti Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu dapat memasukkan lamaran apabila lowongannya dibuka, hanya saja persaingannya akan sangat ketat. Bekerja di perusahaan pemerinta mungkin dapat menjadi suatu kebanggaan. Gaji yang ditawarkan untuk staff di kedua lembaga di atas akan jauh di atas rata-rata akuntan lainnya. Selain itu, posisi Pegawai Negeri Sipil juga banyak tersedia untuk lulusan akuntansi. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

6. Wirausahawan

Pengetahuanmu mengenai keuangan  akan membuatmu menjadi lebih teliti, jeli dan perhitungan terhadap peluang usaha. Oleh sebab itu, saat kamu memiliki peluang untuk memulai sebuah bisnis, kamu dapat menjadikan semua yang kamu dapat sebagai bekal. 

Profesi Mana yang Menjadi Impianmu?

Apapun impianmu dengan memilih akuntansi sebagai pilihan studi, yang terpenting adalah apa saja yang kamu pelajari saat kuliah. Selain itu, kamu juga bisa mencari kesempatan untuk magang sebelum lulus dari kampusmu. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap karirmu di masa depan. Persiapkan diri dari sekarang ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!