SUN International Education Expo 2019 Menawarkan Informasi Real-time Seputar Studi Ke Luar Negeri
6 Mei 2019
Financial Technology
MSc Financial Technology: Jurusan Baru di University of Glasgow
7 Mei 2019

Ragam Durasi Puasa Ramadhan 2019 di Seluruh Dunia

Memasuki bulan kesembilan dalam kalender Islam, hampir seluruh umat Muslim di berbagai belahan dunia menjalankan puasa Ramadhan dengan durasi yang berbeda-beda.

Sumber: Freepik

Di bulan Mei ini, bulan sabit sudah terlihat di hamparan langit luas sebagai tanda bahwa bulan suci Ramadhan telah tiba. Dengan berbagai macam persiapan perayaan, seluruh umat Muslim di dunia bergembira dalam menyambut Ramadhan dengan semangat. Para umat Muslim sudah mulai menjalankan rukun islam ketiga yaitu berpuasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh, yang dimulai sebelum terbitnya matahari di ufuk timur sampai dengan terbenamnya di bawah garis cakrawala sebelah barat.

Sumber: Freepik

Karena seluruh umat Muslim tersebar di seluruh dunia, tentunya waktu dan durasi berpuasa di setiap negara berbeda. Di Indonesia, kita berpuasa sekitar 13 jam lamanya. Sedangkan dari data yang didapatkan oleh Gulf News, kota Murmansk di Rusia memiliki durasi puasa terpanjang selama 20 jam. Hal itu disebabkan karena langit gelap hanya bertahan tiga jam sampai matahari mulai terbit sekitar pukul 1:41 pagi hari. London juga memiliki durasi yang cukup lama hingga 17 jam, disusul dengan Seattle di Washington yang keadaan waktunya mengharuskan umat Muslim untuk berpuasa selama 16 jam.

Sumber: Freepik

Selain beberapa negara dengan durasi berpuasa yang lama, tentunya juga ada negara yang memiliki durasi puasa Ramadhan paling singkat. Daerah tersebut adalah kota Ushuaia di Argentina. Ushuaia ternyata memiliki durasi puasa selama 11 jam saja. Hal itu berkaitan dengan matahari disana yang mulai terbit pada pukul 6:57 pagi dan terbenam pada pukul 5:57 sore. Sementara itu, untuk negara-negara yang tidak dapat membedakan rentang waktu matahari terbit dan terbenamnya, ada dalil yang dikeluarkan untuk memungkinkan umat Islam mengikuti waktu berpuasa di kota terdekat dengan waktu siang dan malam yang dapat dibedakan.

Sumber: Freepik

Meskipun durasi puasanya berbeda-beda, hal itu tidak membuat seluruh umat Muslim di berbagai belahan dunia menyerah untuk melakukan kewajibannya. Mereka tetap berusaha untuk memperbaiki ibadah kepada-Nya, memperbanyak amal, serta berikhtiar. Karena masih memiliki kesempatan untuk merasakan bulan penuh berkah ini, langkah tepat yang tentunya harus dilakukan ialah memaanfaatkan bulan suci Ramadhan dengan sebaik mungkin.

Comments are closed.

Chat di WhatsApp