biaya hidup termurah di Indonesia
Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia
19 Januari 2020
pendidikan di Amerika Serikat
Kuliah Bidang Terkemuka ‘’Apparel dan Merchandise’’ di Amerika
20 Januari 2020

Rekomendasi Fakultas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2020

fakultas kedokteran terbaik dunia

Jurusan kedokteran hingga saat ini masih menjadi pilihan favorit bagi calon mahasiswa yang ingin memasuki pendidikan tinggi. Profesi sebagai dokter sendiri memang merupakan gelar yang dinilai memiliki wibawa di tengah lingkungan masyarakat. Selain prospek karir yang jelas dan menjanjikan, menjadi dokter adalah pekerjaan yang mulia karena memegang amanah berat untuk mengabdi dan melayani masyarakat yang membutuhkan. Banyak dari mereka yang mengemban perjalanan studi kedokteran dan bahkan menempuhnya jauh hingga ke fakultas kedokteran terbaik di dunia.

fakultas kedokteran terbaik dunia

Sumber: Freepik

Secara umum, dalam jurusan kesehatan dan kedokteran kamu akan mempelajari ilmu medis seperti hal mengenai diagnosa, perawatan, rehabilitasi dan pencegahan penyakit maupun kondisi yang berpengaruh buruk pada kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia. Karena mempelajari ilmu medis, kamu akan menjumpai mata kuliah seperti biologi kedokteran, kimia kedokteran, farmakologi, fisiologi, ilmu penyakit dalam, ilmu bedah, kesehatan masyarakat, dan lainnya.

Agar dapat mendedikasikan pelayanan yang baik dan profesional, para calon dokter perlu mempersiapkan pendidikannya sebaik mungkin. Hal tersebut dimulai dari tahapan studinya dalam jenjang perkuliahan mulai dari teori hingga ke praktik. Untuk kamu yang bercita-cita studi di luar negeri dan mengemban jurusan tersebut, berikut rekomendasi fakultas kedokteran terbaik di dunia tahun 2020:

Baca Juga : Ingin Jadi Dokter, Ini Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui


King’s College London

King’s merupakan universitas terkemuka yang menyediakan pengajaran standar world class dan memiliki riset yang unggul. Salah satu penelitinya, Dr. Max Theiler, bahkan menerima Nobel Prize karena telah berhasil menemukan cara untuk menemukan vaksin untuk yellow fever. Selain kualitas dan kuantitas risetnya, kampus ini menawarkan berbagai bidang studi yang bervariasi. Fakultas Kedokteran, salah satunya, termasuk yang dikenal terbaik di dunia.

Medicine school King’s menyediakan kurikulum inovatif dan terintegrasi untuk mendukung pelatihan serta pengembangan dirimu menjadis seorang profesional dalam medis. Jika kamu studi di fakultas kedokteran King’s, kamu akan mendapatkan kesempatan berupa penempatan di rumah sakit umum yang terletak di bagian tenggara Inggris dan juga belajar langsung dari beberapa dokter dan ilmuwan paling berpengaruh di dunia.


University of Sydney

University of Sydney termasuk dalam jajaran universitas top dunia dan pertama di Australia. Sebagai salah satu lembaga pendidikan dan penelitian berperingkat tertinggi di kawasan Asia-Pasifik, University of Sydney meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia melalui pendidikan, penelitian, serta penyediaan layanan kesehatan. 

Fakultas Kedokteran terbaik di dunia yang satu ini, melengkapi para siswa yang belajar dengan kemampuan kepemimpinan, keterampilan klinis, dan juga human understanding. Termasuk dalam yang terbaik di dunia, Fakultas Kedokteran di universitas ini berada dalam garis depan soal risetnya. Mereka telah melakukan berbagai penelitian mengenai kanker, eHealth, pelayanan kesehatan, imunologi dan infeksi, usia dan penuaan, kesehatan mental dan ilmu saraf, serta masih banyak lainnya.

Monash University

Monash University merupakan universitas terbesar di Australia. Dalam waktu kurang dari 60 tahun, mereka telah berkembang dari satu kampus menjadi pusat pendidikan dan penelitian di empat benua. Mereka aktif dalam lebih dari 150 bidang penelitian dan memiliki kerjasama yang erat dengan pemerintah dan industri. 

Fakultas Kedokterannya, menyediakan pendidikan kelas dunia. Berfokus pada keselamatan pasien dan praktik profesional, kamu akan dipersiapkan untuk mengubah kehidupan komunitas di seluruh Australia dan seluruh dunia. Fakultas tersebut juga memiliki Simulated Patient Program—sebuah program dimana terdapat pasien simulasi yang sangat penting sebagai pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

Berbicara tentang penelitian yang dijalankan oleh universitas, Monash berfokus mengedepankan kemudahan bagi manusia. Mereka menyatukan beragam pikiran dari bidang penelitian, bisnis, dan teknologi interdisipliner untuk menciptakan knowledge hubs masa depan. Hal ini termasuk dibangunnya Victorian Heart Hospital, kemitraan kolaboratif dengan Pemerintah Victoria, yang akan membawa perawatan kardiovaskular terkemuka di dunia.

Baca Juga : Daftar Universitas di Jerman dan Jurusannya


University of Glasgow

Universitas Glasgow telah menunjukkan keunggulannya mulai dari tahun 1451. Universitas ini adalah salah satu universitas top di dunia dan menjadi salah satu landasan penelitian terbesar di Inggris. Lulusannya merupakan beberapa alumni yang berhasil menerima Hadiah Nobel, menjadi seorang Perdana Menteri dan Menteri Pertama Skotlandia, dan Lulusan Kehormatannya yaitu Albert Einstein memberikan kuliah tentang teori relativitas di tahun 1933. 

Salah satu bidangnya, Kedokteran, termasuk dalam yang terbaik di dunia dan paling bergengsi di Eropa. The Undergraduate School tak lain menjadi salah satu yang terbesar di Inggris. Para mahasiswa yang menempuh studi di sekolah ini memiliki kesempatan untuk merasakan beragam clinical attachment mulai dari layanan National Tertiary Referral hingga Praktek Umum.


University of Newcastle UK

University of Newcastle UK adalah universitas terkemuka dunia, memajukan pengetahuan, menyediakan solusi kreatif dan memecahkan masalah global. Newcastle hadir guna memajukan pendidikan, pembelajaran, dan penelitian. Mereka bertujuan untuk bekerja secara kolaboratif dengan banyak mitra eksternal untuk membentuk masa depan yang lebih jauh lebih baik, menumbuhkan ekonomi dan memperjuangkan keadilan sosial.

Salah satu Fakultas Kedokteran terbaik menghasilkan MBBSsalah satu gelar medis paling dihormati di Inggris. Newcastle University menawarkan MBBS sebagai program standar dengan durasi lima tahun. Disamping itu, fakultasnya juga menyediakan program akselerasi empat tahun yang dirancang untuk lulusan dari segala disiplin ilmu. Untuk membantu mengintegrasikan pembelajaran, mereka mengadopsi pendekatan ‘case-led‘ selama dua tahun pertama. Nantinya kamu akan belajar tentang struktur, fungsi dan perilaku yang normal dan tidak normal.

Nah, diatas adalah beberapa rekomendasi fakultas kedokteran terbaik di dunia tahun 2020 yang dapat kamu jadikan referensi pilihan!

fakultas kedokteran terbaik dunia

Sumber: Freepik

Untuk menjadi mahasiswa kedokteran kamu membutuhkan usaha yang jauh lebih banyak dibandingkan jika menempuh studi lainnya loh. Kamu akan sering mencatat hal-hal penting dan catatan tersebut harus dilihat berulang kali, menulis lembar esai, dan menghadapi tugas praktik yang terkadang sangat menguji kemampuanmu. Disini, kamu harus benar-benar memiliki dedikasi dan tekad penuh.

Baca Juga : Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Kuliah

Waktu studi kedokteran juga membutuhkan waktu yang tidak singkat. Saat di fakultas ini, studimu memang akan memakan waktu lebih banyak dari mahasiswa fakultas lain pada umumnya. Kamu akan memerlukan waktu sekitar 6 tahun untuk menyelesaikan kuliah di jurusan kedokteran hingga berhasil menjadi dokter! Hal ini karena kamu akan menghadapi banyaknya materi yang harus dipelajari, mulai dari prinsip dasar sains hingga kemampuan klinis yang dibutuhkan untuk diterapkan dalam dunia nyata. 

Meskipun terdengar berat, kesibukan ini sebenarnya membentukmu untuk menjadi lulusan yang baik. Nantinya, kamu akan merasa memiliki pengetahuan yang luas dan padat serta tingkat kemajuan lebih tinggi. Namun jangan lupa, di fakultas kedokteran terbaik di dunia ini kamu dituntut untuk mandiri, kuliah yang rajin, tidak absen dalam mengerjakan tugas dan ujian, serta berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengulang mata kuliah. Semua itu tentu dapat kamu lakukan dengan niat dan juga semangat. Teruslah berusaha ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki fakultas kedokteran terkenal dengan staf pengajar yang super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!