Illinois State University
Illinois State University: Kampus Negeri ‘Top’ Pertama di Illinois, Amerika
12 Juli 2021
curtin university malaysia
Curtin University Malaysia, Pendidikan ‘World-class’ dekat Indonesia!
14 Juli 2021

Rincian Biaya Hidup di China untuk Studi, Apa Saja Sih?

Biaya Hidup di China

Sumber: Unsplash

Dengan lebih dari 2.000 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh negeri, China menjadi pilihan sekitar 350 ribu mahasiswa internasional. Mayoritas mahasiswa asing berasal dari Rusia, Amerika Serikat, dan negara-negara Asia, tak terkecuali Indonesia. Kalau kamu salah satunya, maka tulisan ini bisa kamu jadikan panduan, khususnya soal estimasi biaya kuliah dan biaya hidup di China.

Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri China 

Banyak pelajar, khususnya yang ingin menempuh jenjang magister, memilih China sebagai negara tujuan studi. Tak heran, karena biaya studi di China tergolong lebih murah dibanding berkuliah di Eropa, AS, atau sebagian besar negara di Asia. Tentunya, besarnya biaya akan tergantung dari masing-masing universitas dan juga jurusannya. 

Menghitung rincian biaya hidup

Sumber: Freepik

Untuk jurusan bisnis, teknik, atau kedokteran, biaya kuliah yang harus kamu keluarkan bisa jadi lebih mahal. Selain itu, universitas-universitas swasta China biasanya mematok biaya kuliah lebih tinggi ketimbang universitas negeri. Namun, jangan khawatir, karena saat ini banyak sekali diskon yang diberikan dari universitas dan beasiswa yang tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan. Berikut adalah kisaran biaya kuliah di China: 

 

Jenjang Kuliah

Kisaran Biaya Per Tahun (RMB)

Program Sarjana (S1) 12,000 – 24,000 
Program Pascasarjana  77,893 
Program Bisnis, Teknik, dan Kedokteran  59,300 – 331,885 

 

Selain biaya studi yang terjangkau, keunggulan lainnya kuliah di China di antaranya:

  1. Belajar dua bahasa sekaligus, Mandarin dan Inggris
  2. Eksplorasi budaya
  3. Ijazah yang diakui secara internasional
  4. Kesempatan untuk mendapatkan kerja di negara ini lebih besar
  5. Memperluas jaringan di dunia profesional

 

Perkiraan Biaya Hidup di China

Biaya hidup di negara ini sangatlah variatif karena kamu akan memiliki banyak pilihan di antara banyak kota tergantung pada anggaran, preferensi universitas, dan gaya hidup. Kota pelajar paling populer di China termasuk Shanghai (kota terbesar), Beijing (pusat kebudayaan), atau Hong Kong (pusat perdagangan dan investasi). Selain itu, kota-kota kecil seperti Chengdu atau Hangzhou juga tak kalah pamor di kalangan mahasiswa internasional. 

Kuliah di China

Sumber: Freepik

Biaya hidup di kota-kota metropolitan seperti Guangzhou, Shenzen, atau Shanghai, cukup tinggi. Sebagai contoh, jika kamu mahasiswa yang tinggal di Beijing, maka kamu kira-kira akan memerlukan biaya hidup sekitar RMB3,800 – 8,000 per bulan. Di kota-kota China lainnya, kamu bisa lebih berhemat karena rata-rata biaya hidup yang harus kamu keluarkan lebih rendah yaitu RMB2,500 – 5,000. 

Untuk menyiasatinya, banyak mahasiswa internasional memilih untuk tinggal dengan teman sekamar atau tinggal di asrama yang ditawarkan kampus. Dengan begitu, biaya yang harus kamu keluarkan pun akan jauh lebih rendah. Nah, berikut ialah rata-rata biaya hidup sekaligus biaya tinggal di asrama di sejumlah kota:

 

Kota

Biaya Hidup Per Bulan

(RMB)

Biaya Asrama Per Semester (RMB)

Beijing 3,800 13,000
Shanghai 3,900 11,000
Guangzhou 3,100 5,000
Xiamen 3,000 5,000
Huangzhuo 3,000 6,000

 

Selain asrama, pilihan akomodasi lainnya yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah apartemen dan homestay. Untuk menyewa apartemen kamu perlu merogoh kocek sebesar RMB2,500 – 6,000 per bulannya, tergantung lokasi dan kotanya. Pilihan lainnya adalah tinggal bersama keluarga Tionghoa selama masa studi kamu dengan biaya akomodasi sekitar RMB2,000 – 3,500 per bulan. Nilai plusnya, ini bisa menjadi kesempatanmu untuk belajar budaya Tionghoa sekaligus melatih kemampuan bahasa Mandarin.

Biaya Hidup di China

Sumber: Freepik

 

Berikut adalah rincian kebutuhan sehari-hari dan kisaran biayanya:

Kebutuhan

Kisaran Biaya Per Bulan (RMB)

Tempat tinggal (asrama) 3,000 – 5,000
Makan 3 x sehari 500 – 2,500
Air minum 35 – 80 
Transportasi  50 – 250
Belanja bulanan 75 – 250
Pulsa handphone 25 – 100
Internet 70 – 100

 

Biaya Lain-Lain

Ketika kamu memutuskan ingin melanjutkan studi di China, ada sejumlah biaya yang perlu kamu perhitungkan selain biaya kebutuhan sehari-hari, yaitu biaya tes kesehatan dan biaya visa. Mahasiswa internasional yang ingin menempuh studi di China dengan durasi lebih dari 6 bulan wajib mengikuti tes kesehatan sebelum mengajukan permohonan visa. Tes kesehatan ini pun dapat dilakukan di negara asal, termasuk Indonesia, dengan biaya mulai dari RMB660 atau IDR1.4 juta. 

visa pelajar china

Sumber: Freepik

Ada 2 jenis visa pelajar yang berlaku di China, yaitu visa X dan visa F. Visa X diperuntukkan bagi pelajar yang datang ke China untuk studi atau praktik magang selama lebih dari 6 bulan. Sedangkan visa F diberikan untuk yang datang ke China dengan tujuan peninjauan, ceramah, bisnis, pertukaran ilmu dan teknologi, kebudayaan, serta kursus atau pelatihan kerja jangka pendek selama tidak lebih dari 6 bulan.

 

Kategori Visa

Biaya/Tarif Pembuatan Reguler

(IDR) 

Biaya/Tarif Pembuatan Mendesak (IDR)

Single Entry 740,000 1,250,000
Double Entries 990,000 1,500,000
Multiple Entries (6 bulan) 1,240,000 1,750,000
Multiple Entries (12 bulan) 1,740,000 2,250,000

 

Demikian ulasan seputar biaya hidup di China yang bisa kamu jadikan acuan untuk anggaran bulanan selama masa studimu nanti. Bagaimana, nih? Apa kamu sudah siap memilih kampus dan jurusan idamanmu di Negeri Tirai Bambu?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

 

Comments are closed.