alasan memilih jurusan hukum
Inilah 5 Alasan Memilih Jurusan Hukum Tepat Bagimu!
22 September 2021
casita
5 Alasan Mahasiswa Perlu Pakai Casita untuk Cari Akomodasi di Luar Negeri
24 September 2021

Score IELTS Kamu Sudah Pas? Intip Cara Mengetahuinya Lewat IELTS Score Converter Ini

Score IELTS Kamu Sudah Pas? Intip Cara Mengetahuinya Lewat IELTS Score Converter Ini!

Sumber: Pexels

Untuk bisa masuk universitas-universitas luar negeri, kamu harus menadapatkan score IELTS sesuai persyaratan. Cara mendapatkannya tentu dengan rajin berlatih IELTS. Namun, berlatih saja tak cukup untuk mengetahui kemampuanmu. Kamu harus tahu jumlah score yang kamu dapatkan dari latihan IELTS kamu. Untuk mengetahui apakah score yang kamu dapatkan sudah sesuai dengan persyaratan unviersitas, kamu harus menghitung score IELTS. Perhitungan score IELTS ini berbeda dengan score TOEFL lho. Makanya, kamu harus tahu IELTS score converter untuk tahu apakah score IELTS mu sudah sesuai atau belum. 

Cara Mengetahui Nilai Tes Listening dan Reading dengan IELTS Score Converter

Score IELTS Kamu Sudah Pas? Intip Cara Mengetahuinya Lewat IELTS Score Converter Ini!

Sumber: Pexels

IELTS score converter ini membantu kamu mengetahui score IELTS yang kamu dapatkan. Kamu bisa melihat dari berapa banyak total soal yang jawabannya benar lalu dikonversi dan dijumlahkan. Total nilai sempurna untuk IELTS adalah 9. IELTS score converter bagi setiap bagian tes juga berbeda, lho. Misalnya pada bagian Listening dan Reading,  jika benar 4-5 soal score yang kamu dapat adalah 2,5 begitu seterusnya hingga kalau benar 40 maka akan mendapatkan nilai 9. 

Cara Mengetahui Nilai Tes Speaking dengan IELTS Score Converter

Score IELTS Kamu Sudah Pas? Intip Cara Mengetahuinya Lewat IELTS Score Converter Ini!

Sumber: Pexels

Untuk menilai kemampuan Speaking ada kriteria yang berbeda dari pada Listening. IELTS score converter untuk IELTS Speaking adalah:

  • Fluency, menilai kelihaian dalam berbicara tanpa ada rehat dan ragu-ragu juga dapat mengerti percakapan.
  • Lexical Resource, menggunakan berbagai kata, parafrase, kolokasi,dan kosakata yang kurang umum juga dapat menghindari kesalahan.
  • Grammar Range & Accuracy, menggunakan kalimat sesuai dengan strutur, grammar dan dapat menghindari eror.
  • Pronunciation, Mampu dipahami selama ujian, menggunakan intonasi, dengan pengucapan kata dan suara yang akuran. Aksen tidak mempengaruhi pemahaman.

 Sama seperti dengan Listening, score sempurnanya jatuh pada angka 9. Untuk mengolah score tersebut bisa dengan menjumlahkan keseluruhannya dan dibagi 4. 

Cara Mengetahui Nilai Tes Writing dengan IELTS Score Converter

Score IELTS Kamu Sudah Pas? Intip Cara Mengetahuinya Lewat IELTS Score Converter Ini!

Sumber: Pixabay

Selain bagian Listening dan Speaking, tes lain yang harus kamu kerjakan dalam IELTS adalah Writting. Apakah cara menilainya berbeda? Sebenarnya tidak jauh beda, nilai paling tingginya tetap pada angka 9, namun letak poin dan aspek penilaiannya tentu berbeda dari bagian Speaking. Untuk Writting, penilaiannya terletak pada:

  • Task Respone, dapat menjawab pertanyaan, bisa mengembangkan topik utama, memberikan opini dan menyediakan kesimpulan.
  • Coherence and Cohesion, dapat mengelompokan informasi atau ide dalam paragraf, memiliki ide pokok pada setiap paragraf,  dan mampu menggunakan penghubung.
  • Lexical Resource, menggunakan berbagai kata, parafrase, kolokasi,dan kosakata yang kurang umum juga dapat menghindari kesalahan.
  • Grammar Range and Accuracy, dapat menggunakan berbagai struktur kalimat, berbagai struktur grammar, tanda baca dan menghindari kesalahan.

Cara Menjumlah Total Score IELTS

Cara menghitung score IELTS, Kamu bisa menjumlahkan sesuai peroleha jawaban yang benar. Setelah itu kamu jumlahkan dan bagi 4. Contoh, kalau perolehan nilai Listening: 7,5, Reading: 8, Speaking:7, Writing:6 kamu tinggal menambahkan semuanya yakni 7,5+8+7+6:4 maka nilai yang kamu dapatkan adalah 7,125 dan dibulatkan menjadi 7. Catat, nilai di belakang koma di bawah ,25 maka harus dibulatkan. Jika di atas ,75 maka harus dibulatkan menjadi 1.

Itulah cara mengetahui score IELTS dengan menggunakan IELTS Score Converter. Pastikan kamu menghitungnya dengan benar, ya, karena tidak teliti hasilnya akan berbeda. Apalagi kalau kamu membutuhkan IELTS untuk masuk universitas luar negeri. Bila kamu masih belum yakin dengan score IELTS yang ada, cobalah konsultasikan dulu dengan SUN Education. SUN Education akan membantumu mempersiapkan persyaratan masuk kuliah di luar negeri hingga visa dan akomodasi!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan