fakta kehidupan di china
5 Fakta Kehidupan di China buat Mahasiswa Internasional
30 November 2021
pengalaman kuliah jurusan hubungan internasional
Ini Dia Pengalaman yang Bakal Kamu Hadapi Saat Kuliah Jurusan Hubungan Internasional!
2 Desember 2021

Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!

Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!

Sumber: Pexels

Menentukan jurusan untuk kuliah merupakan hal yang nggak kalah penting. Salah memilih jurusan bisa-bisa berpengaruh dengan masa depan kamu. Untuk menemukan jurusan yang tepat kamu bisa melihat dimana kekuatan kamu, skill, juga jenjang karir di masa depan. Belakangan, jurusan sistem informasi banyak peminatnya, karena jenjang karir di masa depannya masih luas dan menarik untuk dipelajari. Buat kamu yang lagi bingung mau apply apa untuk kuliah, SUN Education akan spill hal-hal yang wajib kamu ketahui tentang jurusan sistem informasi ini. Mulai dari materi kuliah sistem informasi, prospek karir, sampai alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ini selengkapnya!

Kenalan dengan jurusan sistem informasi

Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!

Sumber: Pexels

Sebelum mengetahui apa saja materi kuliah sistem informasi, yuk, kenalan dulu dengan jurusan sistem informasi ini! Singkatnya, jurusan sistem informasi adalah gabungan dari Ilmu Ekonomi Manajemen, Komputer dan Bisnis. Meskipun gabungan, fokus jurusan ini hanya tertuju pada bidang software dan programming yang mengarah ke arah penerapannya pada bisnis perusahaan. Makanya nanti materi kuliah sistem informasi ini akan sedikit berbau ekonomi dan manajemen.

Materi kuliah sistem informasi

Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!

SumbeR: Pexels

Sistem informasi adalah area penting sistem teknologi antara organisasi dan penggunanya, mulai dari peningkatan software, data, dan proses bisnis sampai operasi media sosial. Tujuan mempelajari sistem informasi sendiri antara lain meningkatkan prospek bisnis, berbagi informasi sampai membantu bisnis menjadi tetap kompetitif namun efisiensinya meningkat. 

Mengambil contoh jurusan Information System – Bachelor of Business dari Auckland University of University, materi kuliah sistem internasional dibagi menjadi 2 bagian. Pada bagian pertama, kamu akan belajar 4 inti ilmu pada Business Information System sebagai fokus perkuliahan sambil memilih mata kuliah pilihan. 

Pada bagian selanjutnya, kamu akan mempelajari bagaimana menganalisa model proses bisnis, merancang dan mengimplementasikan database juga mengelola proyek. Contoh mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari seperti Business Data Management, Project Management, Digital Transformation, hingga Cyber-security and Risk Management.

Alasan memilih jurusan sistem informasi

Sebelum Memilih, Kamu Harus Tahu Materi Kuliah Sistem Informasi Berikut Ini!

Sumber: Pexels

Pasti kamu penasaran, apa ada alasan yang kuat untuk memilih jurusan sistem informasi ini? Alasannya banyak banget, yang pertama adalah prospek karir lulusan sistem informasi ini cukup menjanjikan karena perkembangan teknologi zaman sekarang semakin pesat. Di sisi lain, ahli sistem informasi juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan sebagai penjembatan antara user dan programmer dalam membangun sistem. Di sisi lain, semua materi kuliah sistem informasi ini juga applicable sehingga memudahkan lulusannya beradaptasi di lingkungan kerja.

Prospek karir lulusan jurusan sistem informasi

Sumber: Pexels

Dengan banyak keahlian yang kamu miliki selama berkuliah jurusan sistem informasi ini, prospek karirnya juga semakin luas. Karir-karir yang bisa kamu jalani antara lain Arsitek Jaringan Komputer, Programmer atau Software Developer, Data Scientist bahkan Konsultan IT. Selama dunia teknologi terus berkembang, karir para lulusan jurusan sistem informasi ini masih luas.

Kuliah jurusan sistem informasi di luar negeri

Sumber: Pexels

Untuk kamu yang berminat kuliah jurusan sistem informasi, kamu bisa kuliah jurusan ini bahkan sampai ke universitas luar negeri. Bahkan materi kuliah sistem informasi diajarkan lebih mendalam, sehingga kamu bisa memberikan pandangan baru dalam dunia kerja dengan ilmu yang kamu raih selama berkuliah jurusan sistem informasi di universitas luar negeri.

Persiapan untuk kuliah jurusan sistem informasi di luar negeri juga butuh persiapan yang lebih matang, lho. Sebaiknya kamu konsultasi rencana kuliah di luar negeri ini dengan konsultan pendidikan terpercaya seperti  SUN Education. Mulai dari persyaratan masuk universitas, pengajuan visa pelajar, sampai akomodasi bisa dibantuin, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan