VU: A world-class university
15 April 2019
We Are Westminster
2 Mei 2019

Sebuah Penelitian Terpadu Brunel University London, LIPI, dan BPPT Bertujuan Membantu Indonesia Tahan Terhadap Tsunami Mematikan

Rancangan penelitian mengenai dasar laut timur Indonesia akhirnya didukung dan disetujui oleh Royal Society. Penelitian ini didasari dengan tujuan dalam membantu Indonesia untuk berantisipasi tinggi dan bertahan dari tsunami.

Sumber: kumparan.com

Letak geografis Indonesia berada tepat di pertemuan lempeng-lempeng tektonik. Karenanya, gempa serta bencana tsunami telah beberapa kali terjadi hingga mengakibatkan banyak korban jiwa. Di tahun terakhir 2018 pun sudah ada dua kota yang mengalami kerusakan karena tersapu hantaman ombak besar dari tengah laut. Menyadari hal ini, ilmuwan dari Brunel University London, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mulai bekerja sama untuk melakukan riset selama tiga tahun ke depan. Mereka mencoba untuk mengumpulkan data mengenai patahan tektonik di seluruh Asia Timur dan menyusun strategi pertahanan yang baik dari bencana tsunami.

Sumber: Royal Family

Dr. Mohammad Heidarzadeh yang merupakan Asisten Profesor Teknik Sipil Brunel sekaligus pemimpin proyek ini mengatakan bahwa bahaya tsunami dan gempa bumi di Indonesia timur belum dipelajari dengan baik karena tidak cukupnya data yang ada. Sebagian besar daerah di timur terlupakan karena dananya berpusat pada bencana tsunami di lautan India tahun 2004. Namun, mereka tetap percaya bahwa timur Indonesia sama rapuhnya dengan barat. Dimana tsunami bisa saja terjadi dengan dimensi bencana yang sama dengan yang dialami pada tahun 2004.

Proyek penelitian sejumlah £500.000 ini merupakan bagian dari Royal Society’s Resilient Futures dan nantinya akan menampilkan tiga bagian. Dr. Heidarzadeh mengungkapkan bahwa tiga bagian tersebut meliputi survei geofisika kelautan dan pemetaan dasar laut, pemetaan patahan di daratan melalui studi lapangan, dan simulasi komputer yang terbaru. Di samping itu, seluruh komponen kegiatan penelitian ini akan diselesaikan di Brunel.

Sumber: NIWA

Pemimpin riset juga yakin bahwa langkah yang akan mereka ciptakan sangat mungkin untuk melindungi Indonesia dari bencana yang membahayakan masyarakat. Yang mana rencana tersebut tentunya meliputi pengidentifikasian daerah-daerah yang memiliki risiko tinggi, pengembangan penanggulangan, dan peningkatan kesadaran masyarakat akan tindakan yang diperlukan ketika ada tsunami yang akan segera terjadi.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!