limkokwing university of creative technology
Top 7 Alasan Kamu Harus Pilih Limkokwing University of Creative Technology!
6 Desember 2021
listening comprehension toefl
Yuk Kenal Lebih Jauh Listening Comprehension TOEFL!
8 Desember 2021

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Sumber: Pexels

Berhasil masuk ke jurusan hukum merupakan sebuah prestasi, apalagi berhasil meraih gelar sarjana hukum? Tentu sangat membanggakan! Apalagi jurusan hukum biasanya memiliki passing grade yang cukup tinggi juga perkuliahannya yang sulit. Meski begitu, jurusan hukum ini tetap banyak peminatnya. Bukan tanpa alasan, peraih gelar sarjana hukum memiliki karir yang cerah.

Jangan hanya mengira kalau lulus, profesinya hanya sebatas menjadi pengacara saja. Ternyata masih banyak lho profesi untuk peraih gelar sarjana hukum yang mungkin menjadi minat kamu di masa depan. Kalau sudah tahu profesi mana yang ingin kamu selami, semasa kuliah kamu bisa lebih berkonsentrasi pada bidang tersebut. Intip profesi lain peraih gelar sarjana hukum selain pengacara berikut ini!

Notaris

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Sumber: Pexels

Selain pengacara, profesi ini cukup populer karena sangat dibutuhkan masyarakat. Biasanya, peraih gelar sarjana hukum ini memilih menjadi notaris karena menjanjikan. Notaris sendiri memiliki kemampuan dan wewenang untuk menulis dan membuat akta atau dokumen perjanjian atau ketetapan sesuai dengan peraturan atau undang-undang yang berlaku. Biasanya dokumen bersifat hukum yang disahkan berupa akta tanah, sertifikat, surat pendirian yayasan atau organisasi dan lain-lain. Disarankan untuk yang ingin menjadi notaris untuk mengambil pendidikan Magister Kenotariatan setelah mengantongi gelar sarjana hukum.

Staf HRD

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Sumber: Pexels

Selain lulusan sarjana Psikologi, HRD juga membutuhkan peraih gelar sarjana hukum. Tugas utamanya untuk mengatur regulasi dan relasi dari perusahaan pada karyawannya. Keberadaan orang hukum ini untuk mengevaluasi kembali aturan perusahaan yang menyangkut ketenagakerjaan. Tugasnya juga mencangkup menjelaskan ketentuan hukum dalam menggunakan BPJS atau BPJS Ketenagakerjaan.

Jaksa

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Sumber: Pexels

Sudah bukan rahasia lagi, salah satu profesi peraih gelar sarjana hukum yang banyak diminati adalah jaksa. Jika pengacara berasal dari sektor swasta, jaksa merupakan profesi dengan status Aparatur Sipil Negara (APL).Tugas jaksa adalah menyampaikan dakwaan dan tuntutan dalam pengadilan. Selain itu, saat terdakwa tak mampu menyewa pengacara, jaksa bisa bertindak sebagai pengacara dengan nama Jaksa Pengacara Negara.

Hakim

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Bisa dibilang profesi ini merupakan profesi idaman dan nomor satu bagi peraih gelar sarjana hukum. Hakim sendiri memiliki tanggung jawab besar untuk menentukan keputusan akhir bagi terdakwa di pengadilan. Tugas ini memang memiliki gaji yang tinggi dan prospek karir yang gemilang. Namun perlu dicatat, tanggung jawab dari profesi ini pun tidak main-main. Kamu harus bisa bersikap objektif dan jujur tanpa memihak. Diperlukan integritas dan kredibilitas dalam menjalankan pekerjaan ini.

Staf Kementerian

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Sumber: Pexels

KEMENKUMHAM dan BUMN juga membutuhkan sarjana hukum, lho. Tak hanya bisa menjadi staff, jika kamu pintar dengan hasil pekerjaan yang berkualitas, tak kecil kemungkinan untuk meningkatkan karir bahkan sampai menjadi menteri! Bahkan 5 menteri di Kabinet Kerja era Presiden Jokowi punya latar belakang pendidikan hukum, contohnya Menlu Retno LP Marsudi dan Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoly. See, nothing’s impossible, right?

Konsultan/ LBH

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?

Sumber: Pexels

Jika kamu ingin menggunakan ilmu hukum kamu untuk memberikan advice, kamu bisa menjadi konsultan hukum. Konsultan hukum ini bertugas mengurus keperluan hukum untuk perorangan atau perusahaan. Biasanya perusahaan membutuhkan konsultan hukum dalam mengurus dokumen atau urusan lain yang berkaitan dengan lembaga hukum. Jika kamu punya jiwa sosial yang tinggi, kamu bisa bergabung dengan Lembaga Bantuan Hukum. Di sini kamu bisa menggunakan ilmu hukum kamu untuk memberi bantuan kepada kelompok orang kurang mampu yang sedang menghadapi masalah hukum.

Staf Legal

Sumber: Pexels

Baik bank, rumah sakit, perusahaan, startup, bahkan lembaga-lembaga lainnya membutuhkan staf legal. Pekerjaannya berkaitan dengan persoalan-persoalan hukum maupun kepengurusan berbagai berkas penting contohnya surat perjanjian, dokumen aset, kontrak kerja dan lain-lain. Staf legal ini sangat dibutuhkan karena semua kegiatan perusahaan atau lembaga harus sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku agar dapat berjalan tanpa kendala.

Dosen Hukum

Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Ini?

Sumber: Pexels

Pengetahuan ilmu hukum yang kamu miliki juga bisa kamu gunakan untuk bekal menjadi dosen hukum. Tapi, untuk menjadi dosen hukum, gelar sarjana hukum saja nggak akan cukup, setidaknya kamu harus menempuh pendidikan magister. Enaknya lagi, menjadi dosen bisa bersamaan dengan pekerjaan sebagai praktisi di bidang hukum. Bahkan sebagai praktisi hukum, kamu bisa langsung membagi pengalaman di dunia kerja kepada mahasiswa.

Pengusaha

Sumber: Pexels

Tak hanya berkecimpung di dunia hukum, peraih gelar sarjana hukum juga bisa terjun ke dunia bisnis sebagai pengusaha. Dengan latar belakang hukum, kamu akan lebih terbantu untuk mengetahui syarat dan proses hukum yang akan dilewati. Contoh kalau kamu ingin punya usaha properti, maka kamu akan lebih mudah melengkapi dokumen yang harus kamu serahkan. Belum lagi sebagai sarjana hukum kamu juga punya koneksi dengan teman angkatan yang menjadi notaris, kamu bisa berkonsultasi bahkan melegalkan usaha kamu. Jadi tak ada batasan untuk sarjana hukum untuk mencoba bekerja di bidang lain.

Diplomat

Sumber: Pexels

Ternyata nggak cuma lulusan Hubungan Internasional saja yang bisa menjadi Diplomat, lho. Kamu yang memegang gelar jurusan hukum pun bisa menjadi Diplomat. Terlebih lagi kalau kamu mempelajari Hukum Internasional. Berbekal pengetahuan Hukum Internasional ini, kamu bisa bertugas untuk mengurus hukum dan hal lain yang berkaitan dengan hukum perbatasan, hukum jual beli antar negara, dan semacamnya.

Itulah profesi-profesi yang bisa dijalankan oleh peraih gelar sarjana hukum. Perlu dicatat, kuliah jurusan hukum tidaklah mudah, jadi perlu keseriusan dan fokus 100% agar tidak tertinggal. Apalagi ilmu hukum ini juga banyak cabang yang bisa sesuai dengan minatmu. Tapi semuanya akan terbayar dengan karir yang menjanjikan bagi peraih gelar sarjana hukum ini. Jadi, jangan menyia-nyiakan waktumu selama menjadi mahasiswa hukum, ya!

Kuliah Hukum di Luar Negeri

Nggak ada salahnya memilih melanjutkan kuliah jurusan hukum hingga ke luar negeri. Dengan meraih gelar sarjana hukum dari universitas luar, kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan global bahkan bekerja di negara tempat kamu berkuliah. Apalagi banyak ilmu hukum yang belum tentu bisa kamu pelajari di sini. Tak ada salahnya mempelajari ilmu hukum lebih luas lagi, bukan?

Persiapan kuliah jurusan hukum di luar negeri juga akan lebih banyak, lho. Tak hanya fokus pada persyaratan akademik dan Bahasa Inggris saja, kamu juga harus mempersiapkan permohonan visa, sampai akomodasi. Tenang, kamu bisa konsultasi dengan SUN Education untuk persiapan kuliah di luar negeri. Yuk, konsultasi sekarang agar studi di luar negeri 100% siap!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

 

Tinggalkan Balasan