ielts writing
Lagi Persiapan IELTS? Ini Dia 10 Situs Untuk Latihan IELTS Online!
27 Mei 2021
tes toefl online gratis bersertifikat
Rekomendasi: 6 Buku Terbaik untuk Persiapan TOEFL
29 Mei 2021

Seperti Apa Jenis Soal GMAT Test Jakarta? Ini Gambarannya!

Sumber: suneducationgroup.com

Bagi kamu yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri, tentunya sudah familiar dengan berbagai tes seleksi seperti IELTS dan TOEFL untuk Bahasa Inggris dan TestDAF untuk Bahasa Jerman. Namun, jika kamu mau melanjutkan untuk gelar magister atau doktoral di bidang manajemen dan bisnis, maka kamu harus lulus GMAT Test terlebih dahulu. Lalu, apa sih GMAT Test ini dan apa saja tipsnya untuk kita yang tinggal di Jakarta bisa menjawab soal-soalnya? Yuk, ikuti terus artikelnya!

 

Apa yang Dimaksud GMAT Test 

GMAT Test atau Graduate Management Admission Test merupakan Computer Adaptive Test (CAT) yang menguji kemampuan akademis berbahasa Inggris yang menguji beberapa kemampuan seperti kemampuan analisis, matematika, dan bahasa yang sudah terkomputerisasi. Selain itu, GMAT Test juga bertujuan untuk menguji kemampuan kamu dalam berpikir kritis dan bagaimana memecahkan masalah. 

 

Apa Fungsi GMAT Test

Seperti tes lainnya yang berfungsi sebagai syarat bagi yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri, GMAT Test pun memiliki fungsi yang sama. Namun, GMAT Test di Jakarta bersifat lebih spesifik lagi, yaitu sebagai syarat untuk melanjutkan studi di bidang manajemen dan bisnis, di negara-negara tertentu, seperti Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya. 

GMAT Test Jakarta

Sumber: businessstudynotes.com

Lebih lanjut lagi, hasil GMAT Test dapat membantu universitas dalam menyeleksi kandidat yang akan mendaftar ke kampus dan program studi tujuan mereka, seperti program MBA, Master of Accounting, dan Master of Finance. Artinya, hasil dari GMAT Test di Jakarta ini juga bersifat global, artinya walaupun sudah melakukan tes di Indonesia, tetap menjadi acuan standar di negara manapun.

 

Apa Perbedaan GMAT Test dengan Tes Lainnya

Salah satu karakteristik yang membedakan GMAT Test dengan tes lainnya adalah soal-soalnya yang sudah terkomputerisasi dan dapat beradaptasi berdasarkan pola jawaban yang diberikan pada pertanyaan sebelumnya. Artinya, soal yang akan muncul selanjutnya, berdasarkan kualitas jawaban yang kita berikan di soal sebelumnya. 

GMAT Test Jakarta

Sumber: unsplash.com

Jika kita menjawab soal sebelumnya dengan benar, makan tingkat kesulitan soal selanjutnya akan terus meningkat. Sebaliknya, jika kita gagal menjawab soal sebelumnya, maka tingkat kesulitan soal selanjutnya akan lebih mudah atau setara. Maka dari itu, karena sistem soalnya muncul secara berurutan, kita tidak bisa melihat soal sebelumnya dan soal selanjutnya. 

Artinya, jika kita sedang mendapat soal yang sulit, kita tidak bisa melewati dulu soal tersebut dan kembali untuk menjawabnya, alias harus dijawab saat itu juga. Hmm, sulit juga, ya? 

 

Jenis Soal GMAT Test

Pada dasarnya, GMAT Test akan menguji beberapa jenis kompetensi akademis di bidang matematika dasar, seperti aritmatika, aljabar, dan geometri. Lalu, ada juga analisa data dan ilmu tata bahasa, dalam hal ini adalah Bahasa Inggris. Dari sejumlah kompetensi tersebut, tes ini juga akan menguji kemampuan analisa dan mengevaluasi materi-materi yang tertulis di dalam soal, berpikir kritis, serta kemampuan memecahkan masalah.

Nah, penilaian GMAT Test nantinya akan terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

 

Analytical Writing Assessment 

Sumber: unsplash.com

Model soal ini akan menguji kemampuan kita dalam menulis, mengemukakan ide, dan bagaimana kita berargumen. Dengan bentuk soal berupa esai, berupa pernyataan yang berisi sebuah argumen. Nah, tugas kita adalah menganalisa dan memberikan kritik atas argumen tersebut. 

 

Integrated Reasoning 

Sumber: unsplash.com

Model soal selanjutnya akan menguji kemampuan analisa kita terhadap data dalam berbagai bentuk, seperti data dalam grafik dan tabel. Kemampuan dan ketangkasan kita dalam melihat, membaca, dan menganalisa data akan sangat membantu untuk mendapatkan nilai terbaik di sesi ini.

 

Quantitative 

Dalam model soal Kuantitatif, kita akan menemukan soal-soal kombinasi berisi berbagai teori matematika dasar, seperti aljabar, aritmatika, dan geometri. Nah, di dalam model soal ini akan terbagi lagi menjadi 2 model pertanyaan; Data Sufficiency dan Problem Solving.

Model pertanyaan Data Sufficiency akan menjabarkan berbagai data dan informasi yang saling terkait. Nah, tugas kita untuk menentukan mana informasi yang sesuai dan relevan, dan mana yang tidak sesuai.

Untuk model pertanyaan Problem Solving kita harus menentukan jawaban ada dalam pilihan ganda. Namun jangan menganggap remeh, karena soal-soalnya masih seputar matematika dasar, seperti aljabar dan geometri. Jadi tetap harus teliti, ya!

 

Verbal 

Di dalam model soal Verbal akan menguji kemampuan kita dalam Bahasa Inggris. Bedanya, di sini lebih lebih menekankan pada analisa sebuah argumen di mana kita akan mengoreksinya menjadi bentuk yang lebih sempurna, dalam bentuk pilihan ganda. 

Dalam model soal ini juga terbagi menjadi 3 model pertanyaan berupa; Critical Reasoning, Sentence Correction, dan Reading Comprehension.

Model Pertanyaan Critical Reasoning menguji kemampuan argumentasi kita dalam bentuk tulisan. Agar dapat menjawabnya, kita membutuhkan pengetahuan dalam struktur kalimat, hubungan logika antar kalimat, serta relasi antara sebab akibat.  

Sumber: unsplash.com

Lalu model pertanyaan Sentence Correction akan menguji seberapa luas wawasan kosakata kita dalam menemukan kata ganti yang tepat terhadap istilah tertentu. Terakhir, ada model pertanyaan Reading Comprehension yang menguji kemampuan kita untuk menemukan gagasan utama dalam sebuah tulisan ilmiah. 

 

Itulah sekilas tentang GMAT Test yang menjadi tes seleksi untuk kamu yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri untuk mengambil gelar magister atau doktoral. Setelah membaca artikel ini, semoga dapat membantu kamu yang berencana mengambil GMAT Test di Jakarta maupun di kota lainnya. Tetap semangat!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Comments are closed.