sun english
What is Test Preparation?
14 Februari 2020
cara memilih jurusan kuliah
6 Cara Memilih Jurusan Kuliah
16 Februari 2020

Seperti Apa Rasanya Kuliah di Inggris? 

Kuliah sekaligus menjalani hidup di Inggris cukup berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia. Untuk kamu yang bercita-cita menempuh studi maupun sudah memiliki rencana dan tinggal berangkat ke negara ini, jangan khawatir! Kamu akan menjumpai banyak hal serta melakukan kegiatan yang berbeda. Segudang pengalaman kuliah di Inggris yang kamu dapat nantinya dijamin akan memberikan life-changing development untuk dirimu di masa depan.

kuliah di inggris

Sumber: Freepik

Beberapa hal seperti culture shock tentu akan kamu temui dan harus dihadapi. Namun, hal tersebut bisa segera memudar jika kamu mencoba untuk berbaur dengan masyarakat lokal serta memahami budayanya. Berbicara tentang seperti apa rasanya pengalaman kuliah di Inggris, yuk simak lebih jelas beberapa penjelasan dibawah ini yang mungkin bisa memberimu gambaran untuk menghadapinya nanti:

Sistem Pembelajaran Jauh Lebih Baik

Sistem pembelajaran di Indonesia dan Inggris berbeda. Di Inggris sangat banyak universitas yang terkenal karena risetnya yang berkualitas, program studi yang terakreditasi, fakultas dengan penghargaan dan sertifikasi badan profesional, tenaga pengajar berpengalaman, kelas kecil yang lebih personal, serta fasilitas kampus yang menunjang pembelajaran para mahasiswa. Ketika kamu memulai perkuliahan disini, kamu benar-benar akan merasakan perbedaan dan peningkatannya.

Pengalaman Praktis

Saat kuliah di Inggris, kamu berkesempatan mengikuti part-time work selama 10 jam per minggunya. Untuk internship sendiri, waktunya akan berdurasi selama 1 tahun setelah 3 tahun masa studi bila kamu mengambil program sarjana. Disamping itu, kamu pun bisa mendaftar untuk post-study work visa loh! Dalam program ini, kamu berkesempatan untuk kerja di Inggris dalam waktu maksimal hingga 2 tahun setelah lulus dari studi yang kamu ambil. Kamu bisa bekerja di perusahaan atau kantor yang sesuai dengan bidang dan bakat yang kamu miliki.

Budaya Baru

Seperti yang dikatakan diatas, culture shock adalah hal wajar yang akan kamu temui dan harus dihadapi. Seperti makanan, gaya hidup, kebiasaan orang lokal⁠—hal tersebut merupakan budaya baru yang belum pernah kita jumpai di negara sendiri. Akan tetapi, kamu bisa memutar dan menjadikan ini hal yang positif. Kamu bisa mencoba untuk memahaminya, menjadikan ini suatu pembelajaran yang mungkin bisa kamu ubah arahnya menjadi ide untuk dikaryakan, dan juga bertukar pengetahuan budaya kepada teman dengan kewarganegaraan yang berbeda.

Kesempatan Berkegiatan Sosial

Selain perkuliahan, setiap universitas pasti memiliki berbagai macam klub ataupun kegiatan ekstrakurikuler yang beragam. Ada yang jenisnya berhubungan dengan bidang perkuliahan seperti Medicine Society atau Biologi Society dan ada juga yang berkaitan dengan hobi seperti fotografi dan fashion. Kamu juga bisa bergabung dalam klub latar belakang negara atau suku serta juga klub olahraga seperti football, rugby, basketball, dan masih banyak lagi. 

Terlebih jika kamu adalah perantau dari Indonesia, kamu bisa bergabung dengan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) loh. Kamu bisa mengikuti acara seru dan bahkan terlibat menjadi pengurus program mereka. Dengan banyaknya platform seperti yang disebutkan, kamu jadi berkesempatan untuk melakukan kegiatan sosial bahkan dalam lingkup global karena bersinggungan dengan teman-teman dari penjuru dunia.

Wisata Saat Luang

Ketika kamu merantau jauh hingga ke Inggris, buatlah waktu untuk mengeksplorasi berbagai tempat indah untuk menambah pengalaman dan bahkan pengetahuan. Kamu menyukai sejarah? Cobalah kunjungi tempat seperti kastil, misalnya Windsor Castle atau Buckingham Palace. Kamu juga bisa mengunjungi museum-museum, Stonehenge, ataupun mendaki gunung di wilayah Peak District. Bila ingin ke tempat dengan suasana sedikit tropis (meski Inggris jarang terlalu panas), kamu bisa mendatangi pantai yang berada di daerah Cornwall!

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa gambaran pengalaman kuliah di Inggris. Perlu diingat, kuliah di luar negeri sudah pasti akan memberikanmu banyak manfaat. Kamu dituntut untuk berpikir out of the box, kreatif, serta inovatif. Tak perlu minder! Persiapkan dirimu dengan baik, belajar mandiri, dan coba untuk berpikir kritis. Manfaatkanlah berbagai fasilitas akademik yang ada di universitas kalian untuk menimba ilmu sebanyak mungkin dan lulus dengan nilai yang sangat baik! Setelah semua perjuangan keras, kamu pasti akan bisa menikmati hasilnya saat tiba di penghujung jalan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia seperti Amerika, Australia, Inggris, Jerman, Asia dan masih banyak lagi. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!