Fakta Universitas Kedokteran di Jerman yang Dikenal Berkualitas
18 November 2020
macam macam visa
Mau Keluar Negeri? Kenali Dulu Macam-macam Visa Berikut
20 November 2020

Sering Dikira Sama, Ini Sebenarnya Beda College dan University

Sumber: Unsplash

Siapapun yang masuk dalam tahap meninggalkan ‘bangku sekolah’, pasti setidaknya sudah membayangkan atau mungkin memiliki gambaran dalam pendidikan tinggi selanjutnya. Baik yang ingin mengemban pendidikan di Tanah Air maupun merantau jauh hingga di negeri luar. College dan University pun menjadi tempat berpijak bagi kamu yang nantinya siap menyentuh ranah bidang yang lebih fokus! Akan tetapi, masih banyak yang bingung dan bahkan menganggap kedua sekolah tersebut sama. Agar lebih paham sebelum terjun memilih sekolah, kamu bisa melihat beda College dan University dalam penjelasan berikut ini:

Durasi Studi

Sumber: Unsplash

1. Penyebutan College sebagai pendidikan tinggi dapat diartikan berupa university, college, institute, conservatory, atau bahkan pendidikan di academy. Kebanyakan College adalah sekolah-sekolah yang terpisah meskipun ada juga yang merupakan bagian dari universitas dan berlokasi di kampus Universitas. Umumnya, College memiliki durasi pendidikan hanya yang cukup pendek. Salah satu contohnya ada College yang menawarkan program dengan durasi selama 2 tahun saja.

2. University sama saja dengan yang kita lihat di Indonesia. Disinilah beda College dan University. University justru menawarkan berbagai program dibawah naungannya baik dari sisi legalitas maupun keuangan. Umumnya, durasi studi di University berkisar antara 4 hingga 5 tahun. Tetapi, ada juga fast-track program yang saat ini populer dan hanya memerlukan waktu studi maksimal 2 tahun saja.

Program yang Ditawarkan

Sumber: Unsplash

1. Di Amerika, College biasanya menawarkan program studi yang jauh lebih spesifik, hanya beberapa atau tertentu, dan terkadang ada yang tidak menawarkan program S2/Postgraduate sama sekali. Contoh College yang menawarkan beberapa program studi tertentu adalah seperti Design, Fashion, ataupun Business Management. College juga dapat dipakai sebagai pendidikan khusus seperti Fakultas yang termasuk sebagai bagian dari University.

2. Program studi yang ditawarkan juga menjadi bagian dari beda College dan University. University memiliki beberapa fakultas bidang studi yang menawarkan berbagai jenis jurusan. Misalnya Fakultas Ilmu Budaya, didalamnya menawarkan jurusan Sastra Inggris atau Sastra Perancis. University menawarkan program Undergraduate, Postgraduate, hingga PhD. Jika berkuliah di universitas, kamu akan menerima gelar yang lebih tinggi.

Jenis Sekolah

Sumber: Unsplash

College dan University memiliki jenis sekolah yang berbeda. Berikut ini contohnya:

1. College

– Career College, bisa disamakan dengan sekolah kejuruan teknik. Lama pendidikan di sekolah ini dapat menghabiskan sekitar dua tahun untuk sarjana atau tiga sampai empat tahun untuk program master.

– Community College, disebut juga dengan junior college yang menawarkan gelar tertentu meski beberapa diantaranya juga menyertakan sertifikat setelah kelulusan. Kamu perlu melewati durasi studi selama 2 tahun.

Liberal Arts College, adalah sekolah yang memiliki jumlah program studi lebih sedikit dan lingkupnya sesuai dengan namanya. Mereka mencakup bidang studi Sejarah, Sastra, Bahasa, Matematika, dan Sains.

2. University

– Public University dan Private University

Public University dibiayai oleh pemerintah lokal atau negara bagian. Sedangkan Private University atau universitas swasta tidak menerima pembiayaan dari pemerintah. Mereka mendapatkan funding dari iuran kuliah, sumbangan, atau donasi. Private University banyak yang berkolaborasi dengan universitas top luar negeri dan memiliki pembelajaran world class, metode pengajaran inovatif, dan fasilitas yang hi-tech.

Research University dan Teaching University

Research University menekankan pada penelitian dan biasanya merupakan institusi besar. Komposisinya dapat meliputi 70% research, 20% teaching, dan 10% service. Sementara Teaching University, sesuai namanya, mereka membimbing mahasiswa untuk melakukan penelitian atau studi pendidikan. Universitas ini berfokus pada kegiatan dalam pengetahuan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.