belajar speaking english online
Yuk Cobain Platform Seru Belajar ‘Speaking English’ Secara Online!
24 Juni 2021
kehidupan di malaysia
Menariknya Kehidupan di Malaysia Sebagai Perantau: Apa Saja Ya?
26 Juni 2021

Siap-siap, Ini Dia Syarat Masuk Jurusan Teknik Sipil!

syarat masuk teknik sipil

Sumber: Unsplash

Hmm.. Teknik Sipil. Bidang satu ini memiliki peran penting karena sejalan dengan kebutuhan serta pergerakan manusia. Kamu pasti bisa lihat kalau segala jenis pembangunan seiringnya waktu semakin berkembang dan meningkat. Mulai dari pembangunan gedung, infrastruktur, bahkan memperhatikan dampaknya terhadap perubahan lingkungan. Nggak heran kalau para profesional lulusan ini selalu dibutuhkan dan syarat masuk Teknik Sipil yang challenging jadi tantangan bagi mereka yang mengincar studi tersebut. Bisa jadi.. kamu juga salah satunya yang memiliki ketertarikan!

syarat masuk teknik sipil

Sumber: Unsplash

Banyak yang awalnya mengira jurusan Teknik Sipil adalah ‘gerbang awal’ sebelum berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Well, kalaupun kamu ingin menjadi PNS tetap bisa—selama ada lowongannya. Akan tetapi, lulusan Teknik Sipil gak hanya terbatas terjun dalam dunia tugas negara. Kamu bisa berkarir sebagai Insinyur Sipil, Pemilik Proyek, Konsultan, Kontraktor, Drafter Sipil, Dosen, atau bahkan Arsitek. Peluang prospek kerjamu sebenarnya akan sangat luas! Sejauh memiliki kompetensi dan keahlian Teknik Sipil, kamu bebas memilih untuk bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang.

Eitss.. tetapi sebelum merencanakan studi dan mempersiapkan syarat masuk Teknik Sipil, kamu harus benar-benar memahami terlebih dahulu jurusan ini.  Teknik Sipil berbeda dengan Arsitektur dan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Jika teknik perencanaan membuat rancangan infrastruktur area dan arsitek adalah desainer bangunan sesuai fungsi dan estetika—teknik sipil adalah yang menerjemahkan randangan secara teknis dan mengeksekusinya di lapangan. Yup, dengan kata lain, ketiganya saling melengkapi!

Dalam perkuliahan Teknik Sipil kamu akan mempelajari proses merancang serta membangun gedung dan infrastruktur. Unsur-unsur bangunan, perancangan struktur yang kuat, dasar rancangan arsitektur, sampai lingkungan akan menjadi sarapan kamu sehari-hari bersama dosen ataupun profesor kampus! Meski kedengarannya kompleks, perkuliahanmu memang bakal nano-nano—alias menantang, tapi tetap seru dan menyenangkan. Nah, biar siap 100% untuk jadi mahasiswa jurusan ini, yuk siapin dulu beberapa syarat masuk Teknik Sipil seperti di bawah berikut:

1. Jurusan IPA di Bangku SMA

syarat masuk teknik sipil

Sumber: Unsplash

Umumnya universitas memiliki syarat masuk Teknik Sipil yang mengharuskan mu lulus dari jurusan IPA saat di bangku sekolah. Biasanya mereka meminta nilai pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris minimal 8.00. Tentu saja bisa berbeda di kampus lainnya—yang penting kamu harus bisa menunjukkan prestasi serta potensi akademik yang baik.

2. Suka dengan Hitungan!

Kalau di jurusan Teknik Sipil, kamu harus siap menghadapi tugas maupun proyek yang melibatkan angka-angka, pengukuran, ataupun sebangsa hitung-hitungan. Ilmu yang sering digunakan adalah trigonometri, kalkulus, statistik, dan fisika. So, pastikan kamu tertarik atau seenggaknya siap, untuk menghadapi pembelajaran ini dalam jurusan Teknik Sipil!

3. Punya Manajemen Waktu yang Efisien

Sumber: Unsplash

Oh ini wajib! Kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik. Teknik Sipil adalah jurusan yang super aktif. Kamu bakal sering ke lapangan, proyek, survei pemetaan, hingga praktikum di laboratorium. Kalau nggak mengatur waktu dengan baik, bisa-bisa jam tidurmu akan berantakan dan kamu kesusahan memiliki waktu luang untuk melakukan hal lainnya. Lebih baik atur waktu secara bijak. Tentukan yang mana jadi prioritas dan pastikan kamu memiliki waktu istirahat.

Sumber: Unsplash

Itu dia beberapa syarat masuk Teknik Sipil secara singkat dan garis besarnya! Untuk persyaratan umum dan lebih detail, biasanya akan menyangkut ketentuan dari universitas tujuanmu. Kamu bisa cari tahu dan dilengkapi dari sekarang biar nggak ada yang terlewatkan ya!

Ah.. ternyata bermakna sekali kalau bisa memikul pengetahuan dan tanggung jawab tersebut untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat.  Bagaimana? Sudah siap jadi ‘anak Teknik Sipil’?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.