university of adelaide
Ingin Kuliah di The University of Adelaide? Baca Informasinya di Sini!
1 Oktober 2020

Standar Nilai TOEFL untuk S1 Luar Negeri dan Trik Menyelesaikannya!

Sumber: Freepik

Saat berencana untuk menempuh studi di luar negeri, kamu akan diminta untuk melampirkan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris. Jenis tes Bahasa Inggris sendiri ada berbagai macamTOEFL adalah salah satunya yang populer dan akan kita bahas! Test of English as a Foreign English (TOEFL) ini diperlukan untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris cukup baik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di universitas nantinya. Kamu yang sudah meninggalkan bangku SMA perlu memperhatikan standar nilai TOEFL untuk S1 di setiap universitas karena mereka memiliki kebijakan peraturannya masing-masing.

Sumber: Freepik

Biasanya standar persyaratan masuk program Bachelor universitas luar negeri adalah TOEFL iBT ® dengan standar skor 80-100. Namun terkadang, universitas memiliki nilai minimal yang bahkan dapat diminta lebih tinggi lagi untuk beberapa jurusan loh. Sebagai contohnya ketika kamu mengambil jurusan-jurusan seperti kedokteran, sastra dan hukum. Intinya, standar nilai TOEFL untuk S1 ini tetap bergantung pada kebijakan universitas yang kamu pilih.

Kalau ditanya: “Kenapa sih perlu banget exceed  standar nilai TOEFL untuk S1 yang nantinya dituju?”. Sebenarnya, alasannya ini justru merupakan keharusan sekaligus “manfaat” untukmu saat menjalani perkuliahan internasional alias hingga di negeri luar! Kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni harus kamu miliki saat di studi di luar negeri karena kemampuan tersebut akan menjadi bahasa pengantar utama.

Sumber: Freepik

Kamu akan menghadapi perkuliahan dimana kamu harus menulis, membaca, mendengar, dan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Seperti buku teks dan mengerjakan tugas berbahasa Inggris dan berkomunikasi dengan dosen, profesor, maupun teman-teman baru. Karena diperlukan untuk kebutuhan belajar dan bersosialisasi, pastinya paham kan kenapa kamu perlu fasih dalam bahasa Inggris?

Oleh karena itu, kamu harus menguasai Bahasa Inggris yang akhirnya untuk melewati TOEFL dengan berhasil agar menembus universitas impianmu! Persiapkan tes TOEFL dari jauh hari secara matang dan jangan khawatir. Dibawah ini ada breakdown tiga trik esensial tambahan untuk kamu yang nanti harus menghadapi TOEFL!

Prioritas Pengerjaan Bagian Soal

Pastikan sebelumnya kamu sering mengerjakan latihan soal-soal TOEFL. Dengan begitu, kamu akan mengetahui dimana titik lemah dan terkuatmu. Misalnya, kamu memerlukan effort lebih dalam memahami soal listening. Soal-soal yang menjadi titik lemahmu ini bisa membuatmu menghabiskan banyak waktu untuk berpikir dan berhenti di bagian tersebut. Untuk menghadapinya, lakukan prioritas pengerjaan soal. Kamu bisa mengerjakan yang lain dan usahakan tidak berkutat lama di soal yang tidak bisa kamu jawab. Jangan lupa asahlah dengan baik kemampuan menjawabmu dalam kategori soal yang kurang dikuasai.

Fokus dengan Pergantian Kategori

Kamu harus fokus berpikir dan menyelesaikan tes dengan ‘gesit’ karena tidak ada jeda antara sesi reading dan listening. Oleh karena itu, sangat penting untukmu beralih dengan cepat saat menjawab satu pertanyaan ke pertanyaan lainnya. Usahakan untuk memutuskan dan menjawab dengan mantap dan matang. Jangan biarkan pertanyaan menantang di sesi sebelumnya masih membayangimu saat kamu harus berfokus pada soal yang baru. Perlu diingat, time is ticking, teman-teman! Fokuslah pada soal yang sedang kamu hadapi.

Jawab Seluruh Pertanyaan

Yang ini juga gak kalah penting. Jangan biarkan lembar jawabanmu kosong ya! Pastikan menjawab seluruh soal yang ada walaupun dalam beberapa soal kamu tidak se-yakin itu dengan jawaban kamu sendiri. Namun, bukan berarti kamu berpatok fokus pada pilihan jawaban yang membuatmu gak yakin. Kamu masih bisa mengusahakan dengan cara; menyaring pilihan-pilihan jawaban yang sudah pasti salah saat menemukan pertanyaan yang membuat kamu ragu. Setelah itu, coba deh membuat tebakan dan sudut pandang yang sekiranya masuk akal. Siapa yang tahu apa hasil kedepannya kan?

Nah, itu dia beberapa trik penting dalam menyelesaikan TOEFL untuk kamu yang sedang berusaha merealisasikan studi S1 di luar negeri. Try your best to exceed the score dan terus semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.