Punya Aspirasi Jadi ‘Game-changer’ Lingkungan? Lanjutkan Program Mastermu Disini!
5 Desember 2019
IMAX, Format Film Berkualitas Tinggi Asal Kanada
7 Desember 2019

Evan Aditya: Lanjut Studi Demi Peningkatan Karir

evan aditya

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah salah satu cara untuk meningkatkan karir.  Hal tersebutlah yang melatarbelakangi Evan Aditya untuk melanjutkan studi pascasarjana di Amerika Serikat. Lelaki 25 tahun ini telah selama satu tahun mengikuti Graduate Program in Electrical and Computer Engineering, Colorado State University.

Evan merupakan seorang dosen praktik di sebuah politeknik swasta yang menawarkan program-program mesin dan elektronik di Cikarang, Jawa Barat. Profesi tersebut mengharuskan ia untuk melanjutkan studi di bidang yang lebih spesifik yaitu robotik untuk perkembangan karirnya. Beruntungnya Evan, institusi tempat ia bekerja tersebut sepenuhnya mendukung perkembangan karir Evan, termasuk mendukung biaya pendidikan lanjutan yang lebih mumpuni di luar negeri.

evan aditya

“Untuk melanjutkan pendidikan ini, saya ditugaskan oleh politeknik tempat saya bekerja, dimana saya ingin difokuskan di bidang robotika, dan juga sebagai salah satu syarat untuk peningkatan karir saya, agar nanti dapat menjadi dosen praktik dan dosen teori juga di kemudian hari,” kata Evan.

Berdasarkan pengalaman Evan, menentukan universitas yang sesuai dengan bidang yang telah ditentukan oleh perusahaan, ternyata tetap tidak mudah. Ada banyak sekali program di bidang elektronika dan komputer yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Amerika Serikat. Persyaratannya pun sangat tinggi dan butuh benar-benar dipersiapkan dengan matang. Dibantu oleh SUN Education, Evan akhirnya memilih untuk mengambil program INTO Pathway ke Colorado State University.

evan aditya

Menurut Evan, pendidikan tinggi di Amerika memiliki dua jenis sistem pembelajaran, salah satunya adalah yang lebih berfokus pada riset. Colorado State University sendiri terkenal unggul di bidang riset dan fokus di bidang teknik, termasuk dalam program yang diambil Evan. Menurutnya program tersebut sangat sesuai dengan apa yang ia harapkan dari segi modul serta minor robotika yang disediakan.

“Yang paling saya sukai dari program yang saya ambil adalah minor robotika yang sebelumnya sedikit sekali saya ketahui. Setelah mengikuti program ini dan mendapatkan pembelajaran, saya jadi bisa tahu banyak mengenai robotika dan bahkan bisa membantu menyusun materi untuk institusi tempat saya bekerja ini.”

evan aditya

Untuk diterima di universitas yang unggul dalam bidang riset, serta mengambil jurusan teknik, Evan megakui bahwa persyaratnya sangat tinggi. Evan mengatakan bahwa banyak hal yang perlu dipersiapkan serta harus dangat jeli dengan detail-detail persyaratannya.

“Kampus di United Stated sangat kompetitif dan requirements-nya sangat tinggi. Maka dari itu semua persiapan harus kita lakukan, contohnya persiapan tes masuk, seperti SAT dan GRE, itu benar-benar harus kita pelajari secara fokus.”

evan aditya

Selain itu, Evan menyatakan bahwa SUN Education berperan banyak dalam membantu persiapan studinya di Amerika Serikat.

“SUN Education membantu saya sejak awal, sejak pendaftaran, GRE test, dan lain-lain. Untuk persiapan dokumen pun mereka sangat teliti, saya diberikan list utuk dilengkapi karena memang untuk mendaftar kuliah ke US detail-detail tersebut harus sangat diperhatikan. Selain itu, saya juga diberikan tiket event PERMIAS (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat) sehingga saya sudah punya kenalan sebelum saya berangkat.”

 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!