Tips Mendapatkan Beasiswa Keluar Negeri Bag 2
Rekomendasi Beasiswa S2 Jurusan Hukum di Australia
12 Juni 2021
Siswa Perhotelan di Swiss
2 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik di Swiss, Yang Mana Pilihanmu?
14 Juni 2021

Syarat Beasiswa Dalam & Luar Negeri, dari Nilai Rapor ke Rekomendasi

Sumber: unsplash.com

Faktor biaya pasti menjadi masalah utama bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Itu mengapa, selalu banyak yang mencari berbagai program beasiswa luar negeri, mulai dengan nilai rapor, kerjasama antar pemerintah negara, maupun dengan lembaga swasta.

Sejumlah negara memang menjadi tujuan favorit bagi para lulusan dari Indonesia untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Australia, lalu negara Asia lainnya seperti Cina, Hongkong, dan Jepang, dan tentunya Inggris sebagai pusat edukasi global.

Selain kemampuan Bahasa Inggris, sejumlah syarat beasiswa luar negeri juga harus menyertakan dengan nilai rapor, kerjasama dengan pihak ketiga, atau bahkan rekomendasi dari pemerintah. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak terus artikelnya!

 

Syarat dan Tantangan Beasiswa Luar Negeri

Memang, salah satu tantangan utama pencari beasiswa luar negeri adalah tingginya tingkat kompetisi. Karena biasanya, pihak kampus hanya membuka kuota beasiswa secara terbatas. Selain itu, syarat yang harus dipenuhi pun tidak sedikit. Mulai dengan menyertakan nilai rapor hingga harus mendapat rekomendasi dari pihak ketiga.

Namun tenang, karena sejumlah lembaga menawarkan jalur untuk membantu kamu mengurus serangkaian beasiswa ke luar negeri. Bahkan, ada yang bisa memberikan rekomendasi langsung ke universitas tujuan kamu. Selain itu, pemerintah Indonesia pun sudah menjalin kerjasama dengan negara lain, termasuk di bidang pendidikan. 

 

LPDP. Sumber: lpdp.kemenkeu.go.id

 

Salah satunya melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Sejumlah universitas seperti University of Tokyo Jepang, University of Melbourne Australia, Nanyang Technological University Singapura, hingga Harvard University USA sudah menjalin kerjasama dengan LPDP.

Selain itu, ada juga lembaga beasiswa yang terbentuk dari beberapa negara dunia. Salah satunya Beasiswa Erasmus+ yang sudah terkenal di Indonesia. Beasiswa Erasmus+ melibatkan konsorsium dari sejumlah negara, terutama negara Uni Eropa. 

 

Erasmus+ Sumber: ec.europa.eu

 

Lewat program ini, ribuan lulusan Indonesia bisa mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri, mulai dari program S1 hingga S2. Selain menanggung biaya kuliah, beasiswa Erasmus+ juga menawarkan berbagai program, termasuk biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan biaya perjalanan. 

 

Beasiswa Dalam Negeri dengan Nilai Rapor

Sejumlah universitas ternama di Indonesia pun sudah banyak yang menawarkan program beasiswa dengan menggunakan nilai rapor sebagai syaratnya. Penawaran programnya pun beragam, ada yang memberikan subsidi biaya kuliah maupun biaya hidup hingga 100% alias gratis, lho!

Berikut beberapa kampus Indonesia yang menawarkan program beasiswa dengan nilai rapor. 

 

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina. Sumber: universitaspertamina.ac.id

Sesuai namanya, Universitas Pertamina berada di bawah naungan pihak Pertamina dan tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi Berbasis Badan Usaha Milik Negara (APERTI). Untuk mengajukan program ini, kamu cukup mengakses situs resmi Universitas Pertamina, lalu mengisi identitas diri serta nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5. 

Lalu, program apa yang ditawarkan? Kamu yang berhasil lulus, berkesempatan untuk meraih Program Beasiswa Ujung Negeri dan Beasiswa Pengembangan Prestasi biaya kuliah hingga 100%, lho! Selain itu, dengan berkuliah di Universitas Pertamina, kamu bisa mendapat kesempatan untuk magang atau bahkan bekerja di Pertamina atau BUMN lainnya. Seru banget!

 

Universitas Bakrie

Universitas Bakrie. Sumber: bakrie.ac.id

Universitas Bakrie menawarkan program menarik bagi kamu para pencari beasiswa dengan nilai rapor. Karena, melalui Program Jalur Rapor Universitas Bakrie,kamu bisa langsung lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru tanpa perlu mengikuti tes tertulis, lho! Menarik banget, kan?

Syaratnya, pihak kampus akan melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru langsung melalui evaluasi nilai rapor. Nah, para kandidat yang memenuhi syarat nilai yang ditentukan, bisa langsung mendapatkan Beasiswa Universitas Bakrie. Selain itu, kamu tidak perlu menunggu selesai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah untuk mendaftarkan program beasiswa ini.

Untuk mengajukan program beasiswa ini, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran secara online di situs resmi Universitas Bakrie dengan mengisi identitas dan nilai rapor di semester 1 hingga semester 4. Buruan cek situsnya sekarang, karena pihak kampus hanya memberikan kuota terbatas, lho!

 

President University

President University. Sumber: jababekaresidence.com

Sebagai salah satu kampus yang mendapat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), President University menawarkan program beasiswa dengan nilai rapor atau Jalur Rapor. Jalur Rapor sendiri artinya berupa evaluasi nilai rapor berdasarkan standarisasi seleksi masuk President University tanpa mengikuti tes, dengan memenuhi syarat dan ketentuan administrasi.

Saat ini, President University menerapkan kurikulum terbaru yang mengacu pada konsep Kampus Merdeka, yang merupakan kurikulum Merdeka pertama di Indonesia. Salah satu keunggulannya, kamu bisa menyelesaikan program S1 lebih cepat hanya dalam 3  tahun.

Pihak kampus menawarkan program beasiswa berupa subsidi biaya kuliah hingga lulus kuliah selama 10 semester, yang terbagi menjadi 5 kategori program sesuai dengan nominal perolehan besaran subsidi, yaitu Rank-1 (100%), Rank-2 (75%), Rank-3 (70%), Rank-4 (60%), dan Rank-5 (50%).

 

Itu dia sejumlah informasi buat kamu yang lagi cari beasiswa dalam dan luar negeri dengan berbagai syarat seperti nilai rapor, kerjasama dengan pihak ketiga, maupun bantuan pemerintah. Walaupun terlihat sulit dan tinggi kompetisi, jangan menyerah untuk meraih mimpi kuliah di luar negeri. Tetap semangat dan terus berusaha, ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Comments are closed.