kehidupan di amerika
7 Fakta Mengenai Kehidupan di Amerika
10 Maret 2020
Waspada Virus Covid-19 !
11 Maret 2020

Syarat Kuliah di Perancis Gak Rumit Kok, Apa Saja?

syarat kuliah di Perancis

syarat kuliah di Perancis

Perancis merupakan salah satu negara di Eropa yang menerima banyak mahasiswa asing keempat di dunia. Negara ini dikenal memiliki banyak sekali sekolah dan universitas yang berkualitas. Beberapa institusi bahkan termasuk dalam kampus top yang ada di dunia. Selain pendidikan tingginya yang jauh memenuhi standar, syarat kuliah di Perancis juga gak menyulitkan. Kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa hal yang tidak terlalu rumit.

Sumber: Archipreneur

Studi di Perancis juga bisa membuatmu membuka wawasan dengan berbagai macam orang dan juga menikmati cultural hubnya. Kamu jadi bisa bertukar pikiran dengan mahasiswa lain dengan latar belakang berbeda and that’s it! Kamu bakal belajar new culture. Masyarakat lokal Perancis pun sangat terbuka terhadap pendatang asing yang memiliki budaya berbeda. So, jangan khawatir kesulitan untuk berbaur! Kamu pasti bakal bisa beradaptasi dengan mudah.

Sumber: Freepik

Memilih Perancis untuk menempuh studi artinya memiliki akses ke berbagai pengajaran yang berkualitas dan dapat diakses oleh semua kalangan. Biaya kuliah di negara ini masih dapat dijangkau. Untuk universitas negeri saja, biaya studinya dapat dibilang rendah karena negara membayar sebagian biaya kuliah yang harus dibayarkan di institusi tersebut. Sementara itu, universitas swastanya banyak yang memasang biaya studi dengan harga yang cukup bersahabatterlebih bagi pelajar internasional.

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Australia 2020

Sumber: Freepik

Disamping itu, meskipun syarat kuliah di Perancis gak terlalu rumit, kamu tetap perlu mempersiapkannya dengan matang sebelum mendaftar di institusi impian! Biar lebih paham, yuk simak beberapa penjelasannya dibawah ini:

 

Membuat Motivation Letter

 

Universitas akan meminta mahasiswa untuk mengumpulkan motivational letter/proposal rencana studi dan rekomendasi, terutama untuk pendaftaran ke jenjang pendidikan S2. Kenali dirimu dengan mencari tahu apa saja kelebihan dan kekuranganmu, pengalaman, tujuan, cita-cita, serta alasan utama mengapa kamu mendaftar di perguruan tinggi tersebut, dan hal-hal lain yang akan kamu jadikan bahan saat menulis motivation letter tersebut. Usahakan motivation letter yang kamu buat dapat menunjukkan sisi dan poin terbaikmu.

 

Nilai minimal saat mendaftar kuliah

Setiap universitas tentu punya peraturan persyaratannya masing-masing. Tapi umumnya, tidak ada nilai minimal untuk mendaftar ke universitas yang ada di Perancis. Jika nilai minimalmu diperlukan, biasanya hal tersebut berlaku untuk mata pelajaran yang berhubungan dengan bidang yang kamu daftarkan.

Contohnya, kalau kamu memilih jurusan pariwisata, pihak universitas terkait pasti akan melihat nilai pelajaran pariwisata atau yang berhubungan dengan bidang tersebut saat di jenjang pendidikan terakhir. Sama halnya jika kamu ingin mendaftar di bidang sastra inggris. Nilai pelajaran bahasamu saat di sekolah pasti akan dipertimbangkan.

Meskipun begitu, jangan khawatir ya. Nilai dalam pendidikan terakhirmu memang akan dijadikan bahan pertimbangan. Namun sebenarnya yang universitas sangat perhatikan adalah isi dalam CV serta motivation letter yang kamu kirimkan.

Baca juga : 5 Kampus Terbaik Dunia Untuk Memulai Pendidikan Tinggimu

Menguasai Global Language

 

Kamu perlu menyediakan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris, seperti IELTS ataupun TOEFL. Universitas biasanya sudah menentukan minimal skor. Misalnya ada yang menentukan bahwa kamu harus memiliki skor TOEFL minimal 450-500 atau setara. Disamping itu, meski pendidikan tinggi di Perancis banyak yang menyediakan program kuliah berbahasa Inggris, kamu tetap harus bisa berbahasa Perancis. Minimal untuk komunikasi sehari-hari agar bisa memudahkanmu saat tinggal disana.

Sumber: Freepik

Nah itulah dia beberapa syarat kuliah di Perancis yang perlu kamu perhatikan. Tidak rumit, kan? Perlu diingat, setiap institusi tentu memiliki entry requirement yang berbeda. Bisa saja, kamu diminta untuk melengkapi dokumen seperti sertifikat kemampuan, lomba, training, ataupun yang lainnya. 

Karena itu, jangan lupa dipersiapkan ya! 

Kira-kira, universitas Perancis mana yang akan kamu pilih? Apa sudah ada gambaran?

Untuk informasi mengenai studi diluar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.