buku sat
Beli Buku Persiapan Tes SAT, Perlu Nggak Sih?
5 November 2021
biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi
Penasaran? Ini Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di 3 Universitas Top Dunia!
9 November 2021

Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!

Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!

Sumber: Pexels

Punya cita-cita kuliah di luar negeri, tapi nggak mau yang terlalu jauh dari Indonesia? Singapura bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi perkuliahan di sana menggunakan bahasa Inggris, jadinya kamu tetap bisa sekaligus mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu juga. Belakangan, jurusan pariwisata menjadi jurusan yang banyak diminati. Hal ini dikarenakan pariwisata di negara manapun tetap menjadi industri yang maju. Kalau kamu ingin berkarir di industri pariwisata atau suka traveling, bisa saja jurusan pariwisata menjadi jurusan yang tepat buat kamu. Tapi kalau kuliah di Singapura, biaya jurusan pariwisata kira-kira berapa, ya? Yuk, kita bahas bersama apa itu jurusan pariwisata lengkap dengan biaya jurusan pariwisatanya berikut ini!

Apa Itu Jurusan Pariwisata?

Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!

Sumber: Pexels

Apakah benar kalau jurusan pariwisata itu hanya fokus pada jalan-jalan saja? Daripada salah kaprah, kita pahami bersama apa itu jurusan pariwisata terlebih dahulu. Jurusan pariwisata ini mempelajari mulai dari manajemen destinasi wisata, perhotelan dan tour and travel. Dari sini kamu bisa melihat kalau jurusan ini nggak hanya fokus pada jalan-jalannya saja. Supaya industri ini tetap bergerak, kamu harus mempelajari manajemen serta bisnis dalam objek pariwisata itu sendiri.

Nanti saat kamu kuliah di jurusan pariwisata ini, kamu harus siap mempelajari mata kuliah penting seperti pengantar pariwisata, hospitality and tourism, travel management, food and beverages service management dan banyak lagi mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan pariwisata. Kalau kamu tertarik kuliah jurusan di Singapura, sebaiknya kamu harus mengetahui salah satu hal yang penting yakni biaya kuliah jurusan pariwisata di sana. 

Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di Kampus Singapura

Biaya kuliah jurusan pariwisata di kampus Singapura ini harus banget kamu ketahui sebelum kamu setuju untuk kuliah di sana. Ini dia biaya kuliah jurusan pariwisata di kampus Singapura selengkapnya.

1.PSB Academy

Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!

Sumber: PSB Academy

Kampus yang pertama adalah PSB Academy City Campus. Kampus yang berlokasi di Marina Square ini menyediakan tiga course untuk jurusan pariwisata yakni Certificate Course, Diploma Course, dan Bachelor’s Degree. Untuk program Diploma terdapat jurusan Diploma in Tourism and Hospitality. Program ini sudah terakreditasi oleh Institute of Hospitality juga, lho. Biaya kuliah jurusan pariwisata untuk program Diploma in Tourism and Hospitality Management ini sebesar S$11,812.80. 

Jika kamu ingin langsung mendapat gelar Bachelor, kamu bisa memilih program Bachelor Of Arts With Honours In International Hospitality And Tourism Management. Tentu saja biaya kuliah jurusan pariwisata untuk degree ini berbeda. Untuk mahasiswa first year, biaya yang dikenakan sejumlah S$32,356.80 sedangkan untuk mahasiswa yang kembali di tahun kedua dikenakan biaya S$21,571.20.

2. ERC Institute

Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!

Sumber: ERC Institute

Kampus lain yang memiliki jurusan pariwisata adalah ERC Institute. Sama seperti program yang ditawarkan oleh kampus sebelumnya, ERC juga memiliki program berupa Advanced Diploma in Business Management (Tourism and Hospitality Management). Program diploma lanjutan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswanya untuk mencapai keterampilan, kemampuan dalam manajemen yang berkaitan dengan industri pariwisata dan perhotelan. 

Di sini kamu akan dibimbing agar peka dan fleksibel dalam menghadapi tren bisnis yang dinamis khususnya di industri pariwisata. Buat kamu yang tertarik untuk kuliah di ERC Institute, biaya kuliah jurusan pariwisata yang dibayarkan sejumlah S$ 18.000 dengan durasi perkuliahan selama 16 bulan.

3. TMC Academy

Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!

Sumber: TMC Academy

Pilihan lain untuk kuliah jurusan pariwisata di Singapura adalah TMC Academy. Di sini kamu bisa memilih dua program Higher Diploma yakni Higher Diploma in Hospitality and Tourism Management ( dengan 6 bulan Industrial Attachment) dan  Higher Diploma in Tourism, Hospitality and Leisure Management. Sedangkan untuk program Diplomanya terdapat Diploma in Hospitality and Tourism Management (dengan 6 bulan Industrial Attachment). Program Diploma ini hanya untuk kamu yang memegang nilai O-Level.

Biaya jurusan kuliah pariwisata untuk kedua Higher Diploma berjumlah S$17,399.32 sudah termasuk dengan biaya administrasi. Sedangkan untuk program diplomanya membutuhkan biaya $5,985. 

4. Singapore Institute of Management

Sumber: SIM

Ada yang spesial dengan jurusan pariwisata di Singapore Institute of Management (SIM) ini. Untuk program Bachelor of Business (Tourism and Hospitality) yang dilakukan secara full time, SIM telah partnership dengan La Trobe University di  Australia. Jika kamu berminat untuk berkuliah di sini, Intakes yang tersedia dimulai pada Januari dan Juli. Bagi mahasiswa internasional, biaya kuliah jurusan pariwisatanya berjumlah S$21,828.

5. James Cook University Singapore

Sumber: James Cook University

Kampus di Singapura dengan jurusan pariwisata yang akan kita bahas terakhir adalah James Cook University. Di kampus ini tersedia Undergraduate Programs  dan Postgraduates Programs. Untuk Undergraduate Programs terdapat Bachelor of Business (Majoring in Hospitality and Tourism Management) dan Bachelor of Tourism, Hospitality and Events. Kedua program ini bisa kamu tempuh dalam 2 tahun secara full time! Untuk biaya kuliah jurusan pariwisata kedua Undergraduate Program ini harganya S$59.064.

Jika kamu tertarik melanjutkan pendidikan, ada Postgraduate Programs yakni Master of International Tourism and Hospitality Management dan Master of International Tourism and Hospitality Management – Master of Business Administration. Kedua program ini dapat ditempuh dalam durasi 16 bulan saja. Kamu harus menyiapkan biaya kuliah jurusan pariwisata kedua Postgraduate Program sebanyak S$51,360.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kuliah di Singapura

Sudah membahas tentang biaya kuliah jurusan pariwisata, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kuliah di Singapura. Misalnya dari persyaratan akademis dan bahasa Inggrisnya, kamu harus memenuhinya agar proses aplikasi kamu bisa diterima kampus yang kamu tuju. Untungnya, kuliah di Singapura tak perlu mengajukan visa lagi jadi kekhawatiran kuliah di luar negeri kamu bisa berkurang.

Tak kalah penting, kamu juga harus selalu update tentang kebijakan Covid-19 dari pemerintah Singapura atau dari kampus yang kamu tuju. Hal ini akibat situasi pandemi yang tidak  menentu. Bisa saja sekarang Indonesia sudah masuk Amber list, namun statusnya berubah menjadi Red list sehingga ada ketentuan tertentu yang harus kamu penuhi sebelum berangkat ke negeri singa ini.

Untuk memudahkan proses kuliah di Singapura kamu, sebaiknya kamu konsultasikan dengan SUN Education. Kamu bisa langsung mengunjungi kantor cabang SUN Education terdekat atau konsultasi via WA di 0821 33 34 35 36. Konsultasi soal persyaratan, keberangkatan, hingga akomodasi kamu selama kuliah di Singapura, BISA! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan