Equestrian Studies
27 Juli 2020
perbedaan kuliah di Indoensia dan di Amerika
Simak Perbedaan Kuliah di Indonesia dan di Amerika Berikut Ini Yuk!
3 Agustus 2020

Tips Kuliah Sambil Kerja yang Memaksimalkan Manajemen Waktu dan Karirmu!

Sumber: Freepik

Hingga saat ini, sudah banyak mahasiswa yang berkuliah sekaligus bekerja. Apakah kamu salah satunya? Alasan yang mendorong keputusan tersebut pun bermacam-macam; mulai dari ingin menambah sebanyak mungkin pengalaman, mengisi waktu, dan juga berusaha mencukupi biaya pengeluaran. Karena kedua hal ini tantangannya berbeda, tak jarang beberapa dari siswa kesulitan dalam menjalaninya. Nah, agar kedua aktivitas tersebut dapat berjalan beriringan, kamu bisa menerapkan cara mudah. Berikut ini rekomendasi tips kuliah sambil kerja yang bisa memaksimalkan manajemen waktu, studi, dan bahkan karirmu:

Pastikan Bidang Studi dan Pekerjaan Sejalan

tips kuliah sambil kerja

Sumber: Freepik

Misalnya kamu adalah mahasiswa jurusan desain, kamu bisa memilih pekerjaan yang berhubungan dengan desain. Memilih pekerjaan dalam bidang studi yang kamu tekuni bagaikan simbiosis mutualisme! Dengan kesamaan tersebut, kamu akan terbantu dari sisi pendidikan dan juga pekerjaan. Ilmu yang kamu dapatkan selama berkuliah bisa diaplikasikan saat di tempat kerja⁠—begitu juga saat kamu bekerja, kamu jadi lebih mudah meng-handle pekerjaan karena menguasai materi yang selama ini sudah diserap saat belajar. Dengan kata lain, kamu bisa semakin mengeksplor dirimu saat bekerja karena kamu memahami banyak hal!

Pertimbangkan Risiko Pekerjaan

Jika kamu berkuliah full-time maka bijaknya adalah memilih pekerjaan dikala senggang ataupun weekend. Sebagai mahasiswa full-time, pekerjaan part-time atau freelance sangat membantu di era digital yang sudah berkembang lebih maju ini. Kamu bisa lebih aman baik itu dari segi waktu maupun responsibility. Ada banyak pekerjaan part-time dan freelance yang bisa kamu pilih, mulai dari desain grafis, penulis, layouter, fotografi, dan masih banyak lainnya. Sebaliknya, jika kamu merupakan seorang karyawan full-time, pilihlah metode kuliah kelas malam ataupun kelas karyawan.

Menginformasikan Kepada Perusahaan

Yes, yang satu ini penting banget! Kamu harus memberitahu perusahaan bahwa kamu adalah seorang mahasiswa. Diskusikan terlebih dahulu dengan atasan maupun tim di tempat kerja. Sampaikan apa saja rencana dan kegiatan yang kamu lakukan sembari berkuliah dan bekerja, beritahu kemungkinan yang terjadi saat melakukan kedua aktivitas tersebut serta apa dampaknya. Jika kamu menemukan kesulitan, mintalah masukan. Apalagi jika kamu harus menghadapi ujian ataupun bimbingan, cobalah bicarakan dengan perusahaan untuk pertimbangan dispensasi. Dengan komunikasi yang baik, pihak perusahaan pasti akan bisa membantu memberikan toleransi dan mendiskusikan jalan terbaik.

Disiplin Membagi Waktu

Disiplin adalah salah satu poin esensial dalam tips kuliah sambil kerja! Sebagai pelajar yang menempuh pendidikan tinggi, kamu pasti sering mendapatkan tugas atau kegiatan penting lainnya dari dosen dengan deadline tertentu. Kunci agar bisa membagi waktu, kamu bisa mencicil tugas tersebut menjadi bagian kecil setiap harinya atau mengerjakannya di waktu senggang. Sempatkan dan hilangkan kebiasaan menunda karena waktu yang kamu miliki tidak banyak. Atur sekian waktu untuk kuliah dan atur sekian waktu untuk pekerjaan. Kalau kuliah beres, kamu bisa menyimpan sisa energimu untuk fokus mengerjakan pekerjaanmu! Bahkan, di sisa waktu yang kamu miliki, kamu jadi punya waktu untuk mengevaluasi tugas kuliah dan pekerjaanmu.

Berikan Performa Terbaik

Maksimalkanlah performa belajar dan kinerjamu saat mengerjakan pekerjaan. Saat berkuliah, cobalah untuk sering belajar, berdiskusi, bergabung dengan forum, ataupun terlibat di sebuah kegiatan. Dengan begitu, kamu tetap bisa memaksimalkan masa studi yang kamu miliki. Sama halnya dengan bekerja, cobalah untuk going extra miles! Selain ketika nanti hasilnya baik, hal tersebut mampu membawamu dalam portfolio yang sangat bermanfaat untuk tahap dan pengalaman selanjutnya.

Optimalkan Waktu Luang

Melakukan kedua kegiatan tersebut tentu menguras energi yang kamu miliki. Ambil dan nikmati waktu istirahat sebaik mungkin, namun tetap dengan batas waktu! Lakukan hal yang kamu sukai dan bersifat refreshing, rilekskan badan, atau istirahat agar tubuh dan pikiranmu kembali segar. Jangan lupa untuk berolahraga, tidur yang cukup, dan mengkonsumsi makanan serta buah-buahan yang sehat untuk tubuh. Kuliah dan kerja lelahnya bukan main, kan? Jadi, sayangilah badanmu ya!

Meminta Bantuan

Tidak ada salahnya meminta bantuan ketika kamu kesulitan mengerjakan tugas kuliah ataupun pekerjaan. Kamu bisa bertanya kepada teman di kampus, pembimbing, maupun dosen ketika kamu menemukan kesulitan. Mereka pasti akan senang hati dalam membantumu. Menyelesaikan tugas kuliah bukan hanya satu-satunya yang terpenting—kamu juga harus memahami ilmu tersebut. Nah, selain itu, ketika kamu menemukan kesulitan pekerjaan, kamu yang bekerja part-time juga bisa meminta bantuan dengan rekan kerja ataupun atasan. Jika bekerja freelance, kamu bisa mendatangi pembimbing atau dosen di kampus maupun berdiskusi dengan orang berpengalaman dalam bidang pekerjaan yang sama denganmu.

tips kuliah sambil kerja

Sumber: Freepik

Itulah dia 7 tips kuliah sambil kerja agar kamu jadi lancar dan maksimal dalam melakukan kedua kegiatan tersebut. Ingatlah kembali, ketika kamu mulai merasa stress ataupun jenuh, take a break, dan kumpulkan motivasi agar kamu semangat dalam belajar dan bekerja. Percayalah bahwa kamu bisa dan kamu akan melakukan yang terbaik. Tentunya, dengan niat, tekad, dan tetap bersemangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.