Alasan dan manfaat kuliah di luar negeri
12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri
7 Januari 2020
Urutan universitas terbaik di dunia
Urutan 10 Universitas Terbaik di Dunia 2020
9 Januari 2020

Tips Mudah dan Siap Mengerjakan TOEFL

tips mudah dan siap mengerjakan TOEFL

Saat kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi atau kuliah di luar negeri, sertifikat nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang diakui secara internasional akan diminta untuk dilampirkan. Salah satu jenis tes tersebut adalah Test of English as a Foreign Language—atau yang biasa disingkat sebagai TOEFL®.

Sertifikat ini diperlukan untuk memastikan bahwa kemampuan berbahasa Inggrismu sudah cukup baik untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Berbicara tentang TOEFL, tes ini memiliki ‘kadar’ tantangan bagi yang mengerjakannya. Terkadang tes tersebut bisa sedemikian sulit untuk diselesaikan karena kurangnya persiapan yang dilakukan.

Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan untuk menghadapi tesnya, berikut beberapa tips mudah dan siap mengerjakan TOEFL:

tips mudah dan siap mengerjakan TOEFL

Sumber: Freepik


1. Mendalami Bahasa Inggris

Cobalah untuk mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam. Contohnya seperti menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan lagu ataupun video percakapan berbahasa Inggris, membaca buku teks, dan masih banyak lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kamu akan membaca dan mendengarkan.


2. Perbanyak Kosakata

Tingkatkan perbendaharaan kosakata (vocabulary) kamu. Kamu bisa mencobanya dengan memperbanyak membaca buku, menonton video, maupun mencoba berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara berpasangan.

Karena tips mengerjakan TOEFL dibagi menjadi 3 bagian; Listening Comprehension, Structure & Written Expression. dan juga Reading, kamu perlu memperhatikan serta menghadapi section yang berbeda dengan cara:

Baca Juga : Tes TOEFL atau IELTS?

a. Listening Comprehension

1.) Coba dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokus pada percakapan yang kamu dengar.

2.) Pada saat bagian A: Short Conversation, fokuskan pendengaran pada orang kedua. Tak perlu panik jika tidak bisa memahami kata dalam ucapan secara keseluruhan. Yang perlu kamu lakukan adalah menangkap isi percakapan.

3.) Pahami bentuk-bentuk functional expression (agreement/persetujuan, uncertainty/ketidakpastian, surprise/keterkejutan, idiomatic, suggestions, dan lainnya.

4.) Pada saat bagian B: Longer Conversation dimulai, kamu sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas, mengingatnya, dan memperkirakan tema apa yang akan dibicarakan. Berhati-hatilah terhadap masing-masing pertanyaan dan cermati situasi yang terjadi selama percakapan dberlangsung (pahami tempat, waktu, pembicaraan, apa serta siapa yang dibicarakan).

5.) Ketika sampai dibagian terakhir listening yaitu Talks, waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama. Kamu harus fokuskan pendengaranmu pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5W 1H (what, who, when, why, where, dan how)

6.) Yang terakhir, kamu dapat membuat kesimpulan atas situasi yang telah kamu dengarkan dalam pembicaraan.


b. Structure and Written Expression

1.) Perhatikanlah kalimat yang dipertanyakan dalam soal.

2.) Lihatlah kata atau kelompok kata yang digarisbawahi lalu temukan secara cepat bagian mana yang terlihat tidak tepat.

3.) Jika soal yang kamu hadapi sulit diidentifikasi, segeralah baca kalimat secara lengkap.

c. Reading Comprehension

 

tips mudah dan siap mengerjakan TOEFL

Sumber: Freepik

1.) Tidak perlu terlalu lama dalam membaca teks bacaan soal.

2.) Perhatikanlah seluruh pertanyaan yang terdapat dalam bacaan dan ingatlah kata kuncinya.

3.) Jangan panik ketika mengetahui bahwa tema bacaan bukan merupakan bidang maupun sesuatu yang kamu tahu atau kuasai.

4.) Preview kembali untuk mengetahui topik bacaan.

5.) Perhatikan secara saksama kalimat pertama dalam sebuah bacaan paragraph untuk mengetahui ide pokoknya.

6.) Coba untuk pahami konteks yang terdapat dalam bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu.

7.) Lakukan scanning untuk menemukan informasi tertentu yang berkaitan dengan instruksi pertanyaan soal.

8.) Kumpulkanlah data dalam bacaan dan buatlah kesimpulan.

9.) Konsentrasi selama membaca teks bacaan termasuk soal dan tingkatkan kecepatan membaca kamu untuk menyimpan waktu.

Untuk mengetahui time management dalam mengerjakan TOEFL, kamu bisa simak artikelnya disini.

Nah, diatas adalah beberapa tips mengerjakan TOEFL yang bisa kamu ikuti! Sebenarnya, ujian TOEFL tak hanya memerlukan persiapan soal materi saja. Sebelum tesnya dimulai, kamu harus memiliki tubuh dan otak yang fit. Pastikan perut kamu sudah terisi sebelumnya dan pilihlah makanan yang bernutrisi serta meningkatkan fokus otak. Kamu bisa mengonsumsi telur, kacang-kacangan, daging, dan juga buah-buahan.

Disamping itu, pastikan datang lebih awal dan tak terlambat. Waktu pengerjaan selama 2 jam untuk mengerjakan ratusan soal menuntutmu harus bekerja cepat dan juga teliti. Namun, ketika tes dimulai, cobalah untuk lebih rileks. Pikiranmu harus dibuat tenang agar kamu mampu menyelesaikan TOEFL secara maksimal.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Comments are closed.