otago university
Virtual Lab ‘Game-Changer’: Yang Baru di Sekolah Farmasi University of Otago
22 Juli 2019
Museum Louvre, Paris: Museum Seni Terbesar di Dunia
22 Juli 2019

Trans-Canada Highway: Jalan bebas Hambatan Nasional Terpanjang di Dunia

trans-canada-highway

Sumber: thecanadianencyclopedia.ca

Tahukah kamu bahwa Kanada memiliki jalan raya nasional terpanjang di dunia?

Salah satu infrastuktur transportasi yang krusial bagi setiap negara adalah adalah jalan raya bebas hambatan atau biasa disebut dengan highway. Jalan bebas hambatan ini umumnya dibangun dengan akses terbatas untuk mengurangi kemacetan lalu lintas atau untuk meringkas jarak antar wilayah yang berjauhan. Di Indonesia sendiri jalan bebas hambatan identik dengan jalan tol yang menjadi penghubung wilayah antar kota dan provinsi yang dikenakan tarif untuk melewatinya.

trans canada highway

Sumber: flickr

Di sebagian besar negara, jalan bebas hambatan ini bisa menjadi sangat panjang dan menghubungkan banyak wilayah dalam suatu negara. Misalnya saja Trans-Canada Highway yang panjangnya mencapai 7821 KM. Trans-Canada Highway merupakan jalan bebas hambatan terpanjang ke-4 di dunia yang juga merupakan jalan raya nasional terpanjang di dunia.

trans-canada-highway

Sumber: sundaypost.com

Trans-Canada Highway merupakan insfrastruktur transportasi di Kanada dengan sistem highway (jalan bebas hambatan). Jalanan ini membentang dari wilayah Timur ke wilayah Barat Kanada yang menghubungkan sepuluh provinsi di negara tersebut. Jalan bebas hambatan ini dimulai dari Victoria, British Columbia yang berakhir di St. John Newfoundland and Labrador. Kota-kota besar yang dilewati oleh Trans-Canada Highway antara lain adalah Victoria, Vancouver, Montreal, Winnipeg, Quebec City, dan St. John’s.

trans canada highway

Sumber: smartcities.net

Konsep dan sistem “jalan bebas hambatan” ini disetujui pada tahun 1949, dan pengerjaannya dimulai pada tahun 1950. Selanjutnya, Trans-Canada mulai dibuka untuk dilalui oleh publik pada tahun 1962. Jalan bebas hambatan ini selesai secara keseluruhan pada tahun 1971 dan menjadi jalan bebas hambatan terpanjang di dunia pada masa itu.

trans-canada highway

Sumber: roadtripwithtom.com

Jalan raya ini melalui sebagian besar wilayah pedesaan dan hanya sedikit sekali wilayah perkotaan dengan perbandingan 97% pedesaan dan hanya 3% perkotaan. Jika berkendara melalui Trans-Canada Highway kamu akan melintasi wilayah padang rumput di wilayah Saskatchewan dan Manitoba. Bagi sebagian orang, berkendara di Trans-Canada Highway ini merupakan cara terbaik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Hanya saja, beberapa orang melaporkan bahwa mereka menemui beruang ketika berkendara di malam hari di jalan ini.

Comments are closed.