kehidupan di kanada
Kehidupan Seru di Kanada Kalau Kamu Jadi Mahasiswa Internasional!
6 Mei 2021
biaya kuliah jurusan akuntansi
Jurusan Akuntansi Ngebosenin? Cari Tahu Fakta Jurusan dan Biaya Kuliahnya!
7 Mei 2021

Sebelum Asyik ‘Travelling’ di Amerika, Pastikan Tahu Masa Berlaku Visa!

masa berlaku visa amerika

Sumber: Freepik

Siapa sih yang nggak ingin atau setidaknya penasaran dengan Amerika? Bisa jadi, kamu yang sedang membaca ini ternyata punya wishlist untuk mengunjungi negara tersebut! Emang nggak bisa dipungkiri lagi. Selain jadi negara besar dan inovatif, Amerika punya karakteristik yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. Negara ini memiliki keberagaman unik, hidden gem, pemandangan alam super indah, plus banyak pilihan kuliner masakan dunia! Whole package, bukan? Eits.. tapi sebelum mengunjungi Amerika, pastikan kamu sudah membuat visa serta memahami sampai kapan masa berlaku visa Amerika tersebut ya!

masa berlaku visa amerika

Sumber: Freepik

Berbicara tentang pembuatan hingga masa berlaku visa Amerika, hal ini sangat penting untuk kamu persiapkan secara matang. Visa turis merupakan visa non-imigran sebagai bukti legalitas dan izin untuk tinggal sementara. Visa ini memungkinkanmu untuk mengunjungi Amerika sebagai perjalanan bisnis, berlibur, mengunjungi keluarga, hingga perawatan medis. Dengan tujuan tersebut, visa turis terbagi menjadi dua; B1 dan B2. B1 lebih diperuntukkan bagi mereka dengan tujuan bekerja atau berbisnis, sedangkan B2 untuk kamu yang ingin berpelesir hingga mengunjungi kerabat.

Sebelum mengajukan permohonan aplikasi, ada baiknya memahami persyaratan, kelengkapan, serta durasi visa itu sendiri. Jangan sampai, kamu lagi senang-senangnya berada di antara kaktus dan pemandangan sunset Tucson, Arizonatau-tau masa tenggang visa sudah lewat! Nanti urusannya bakal ‘ribet’. Nah, biar lebih mudah mempersiapkan visa dan paham segala ketentuannya, yuk simak dahulu informasi penting dibawah ini:

1. Kelengkapan Dokumen

masa berlaku visa amerika

Sumber: Freepik

Kamu harus menyiapkan beberapa dokumen sebelum mengajukan permohonan visa turis. Mulai dari paspor, KTP dan KK, rekening koran tiga bulan terakhir, ijazah, akta kelahiran, pas foto 5cm x 5cm, itinerary perjalanan di Amerika, bukti tiket pesawat pulang pergi dan akomodasi (jaga-jaga jika visa tidak di approve), hingga surat keterangan relevan lainnya. Perlu diingat, ada baiknya untuk mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut yang sudah diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris ya.

2. Pengajuan Aplikasi

Setelah yakin semuanya siap dan lengkap, kamu perlu mengisi formulir aplikasi visa Amerika, yaitu DS-160. Kunjungi situs web U.S. Department of State untuk form online dalam  melakukan permohonan serta pengisian aplikasi visa.  Pastikan kamu mengisi setiap bagian secara detail dan lengkap.

3. Pembayaran Biaya Visa

Sumber: Freepik

Harga visa tentu berbeda dan bergantung pada jenisnya. Untuk pembuatan visa Amerika B1/B2 merogoh kocek sejumlah US$ 160. Disamping itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa biaya visa yang kamu bayarkan bisa hangus jika permohonan aplikasi ditolak oleh konsuler.

4. Tahap Wawancara

Kalau pembayaran sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah membuat perjanjian wawancara! Kamu bisa menentukan ingin melakukan wawancara di kedutaan ataupun konsuler terdekat dengan tempat tinggalmu. Datanglah pada waktu yang sudah ditetapkan. FYI, tahap wawancara termasuk bagian esensial lohsesi ini merupakan penentuan disetujui atau tidaknya pengajuan visa turismu. Ingatlah untuk membawa seluruh dokumen yang diminta pada saat wawancara.

5. Masa Berlaku Visa Amerika

Sumber: Freepik

Selamat! Jika kamu mendapatkan kertas berwarna putih, artinya visa turismu disetujui! Setelah berhasil mendapatkan visa tersebut, kamu bisa menikmati fasilitas ‘multiple entry’ atau kunjungan berulang ke Amerika menggunakan visa yang sama dengan masa berlaku selama lima tahun. Untuk beberapa case tertentu, ada masa berlaku visa Amerika yang berdurasi 6 bulan, 12 bulan, 2 tahun, hingga 5 tahun. Hal ini akan bergantung pada keputusan konsuler yang memberikan masa berlaku!

Bagaimana? Kalau begini, sudah siap dong jalan-jalan di Amerika tanpa panik ataupun ribet kelewatan masa berlakunya?

P.S: Pastikan kamu melakukan perjalanan dengan aman dan jaga dirimu dengan baik ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.