Kartu Sakti untuk Pembayaran Beragam Transportasi di Singapore
30 Juli 2021
SunEnglish_PPKMPromo
PPKM Promo SUN English 1 – 17 Agustus 2021
2 Agustus 2021

Trik Jitu Mendapatkan IELTS Listening Score yang Maksimal

Sumber: suneducationgroup.com

Bagi kamu yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri, tentunya ingin dong bisa mendapatkan nilai ujian IELTS yang memenuhi standar internasional. Nah, di antara kategori tes IELTS lainnya, IELTS Listening Test mungkin menjadi salah satu yang paling sulit. Maka dari itu, melalui artikel ini kita akan berbagi tips agar kamu bisa meningkatkan kemampuan mendengarkan agar mampu meraih IELTS Listening Score yang maksimal!

Di antara kemampuan dasar lainnya seperti menulis dan membaca, mungkin kemampuan mendengarkan dalam bahasa Inggris terasa lebih menantang untuk dikuasai, terutama bagi kita yang berasal dari kawasan Asia. Alasannya, tentu saja karena kuping kita belum terbiasa untuk mendengarkan dan memahami rangkaian percakapan bahasa Inggris, apalagi jika dalam bentuk kalimat panjang. 

Sebelumnya, mari kita perhatikan berapa sih nilai minimal IELTS Listening Score yang sesuai dengan standar universitas di luar negeri.

 

Minimal IELTS Listening Score untuk Masuk Universitas Terbaik

 

Biasanya, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke universitas terbaik di Inggris atau di Australia, skor IELTS kamu harus mencapai minimal 6.0. Nilai tersebut tentunya rata-rata dari keseluruhan dari setiap tes kategori. Sejumlah universitas tersebut seperti University of Technology Sydney, University of Manchester, atau University of Liverpool.

Namun, jika berniat untuk melanjutkan ke universitas dengan peringkat yang lebih tinggi, skor IELTS kamu harus mencapai minimal 7.0. Universitas tersebut di antaranya University of Oxford, University of Cambridge, atau University of Melbourne.

 

Cara Menghitung IELTS Listening Score

 

Pada dasarnya, terdapat 40 pertanyaan yang harus kamu jawab dengan benar untuk menyelesaikan tes IELTS Listening Score. Setiap jawaban yang benar akan mendapat 1 poin dan jawaban yang salah tidak akan mengurangi nilai. Nah, nilai dasar ini biasanya disebut dengan istilah Raw Scores. Nantinya Raw Scores ini akan menyesuaikan dengan standar Band Scores yang menjadi patokan nilai dari IELTS Listening Score.

Band Scores tertinggi bisa kamu dapat dengan nilai 9.0 dan terendahnya dengan nilai 1.0. Namun biasanya, bagi kamu yang sesekali menggunakan beberapa kosakata Inggris dalam percakapan, akan mendapat nilai 4 sebagai yang terendahnya. Band Scores 9.0 sendiri, sebagai yang tertinggi, didapat jika kamu bisa menjawab 39-40 pertanyaan dengan benar. Lalu Band Scores 4.0 bisa kamu dapat jika berhasil menjawab 11-12 pertanyaan dengan benar. 

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, setidaknya kamu harus bisa mendapat Band Scores sebesar 7.0 sebagai syarat minimal agar bisa melanjutkan studi di universitas terbaik di Inggris. Band Scores 7.0 sendiri bisa kamu dapat jika mampu menjawab 30-31 pertanyaan dengan benar, lho!

 

Tips Agar Bisa Lulus Tes IELTS Listening Score

 

Baca pertanyaan terlebih dulu

 

IELTS Listening Score

Sumber: unsplash.com

Dalam IELTS Listening Test, kamu akan diberikan kertas berisi pertanyaan dari topik yang akan dibacakan melalui audio. Dengan membaca dan memahami pertanyaan terlebih dulu di kertas soal, terbukti dapat membantu dalam mendapatkan gambaran tentang topik apa yang akan dibacakan nantinya, sehingga kamu bisa berada selangkah di depan saat memberi jawaban. 

 

Fokus pada kesalahan grammar

 

IELTS Listening Score

Sumber: unsplash.com

Salah satu jenis pertanyaan yang paling umum dan sering diberikan adalah seputar kesalahan pada grammar atau tata bahasa. Seperti penggunaan Simple Past atau Present Tense, atau penggunaan kata benda majemuk dan tunggal. 

 

Jika pertanyaan sebelumnya terlewat, langsung fokus pada soal berikutnya.

 

Sumber: unsplash.com

Seperti yang kita tahu, dalam IELTS Listening Test, hanya akan dibacakan sekali. Artinya, jangan sampai kamu terpaku hanya pada soal sebelumnya yang sudah terlewat, dan kemudian terdistraksi sehingga kehilangan fokus dan konsentrasi pada soal selanjutnya. 

 

Cek kembali jawaban yang sudah tertulis

 

Sumber: unsplash.com

Mungkin saat sedang menulis jawaban, kamu sedikit terburu-buru karena harus bersiap untuk fokus pada soal selanjutnya. Bisa jadi, poin jawaban kamu sudah tepat, namun ada sedikit kesalahan dalam penulisan, misal penggunaan kata majemuk atau tunggal. Sedikit kesalahan saja, walaupun hanya kurang 1 huruf, jawaban kamu tetap salah dan harus kehilangan 1 poin.

 

Itu dia serba serbi tentang IELTS Listening Score untuk kamu yang sedang berjuang untuk mendapatkan syarat untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Untuk mengamankan posisi kamu, sebaiknya dapatkan nilai minimal di 6.5 ya agar bisa masuk ke sejumlah universitas ternama di Inggris maupun Australia. Semoga sukses!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Comments are closed.