8 Universitas Top dan ‘Rising’ dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Dunia
9 September 2020
Kamu Pelajar ber-Visa Jepang dan ‘Stuck’ di Masa Pandemi? Coba Ikut ‘Virtual Tour’ Seru Ini!
11 September 2020

Universitas Terbaik di Amerika yang Menyediakan Beasiwa

universitas di amerika yang menyediakan beasiswa

Sumber: Freepik

Beasiswa adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri di negara manapun. Hal ini lataran biaya studi yang relatif mahal untuk sehingga akan lebih ringan jika kamu mendapat beasiswa. Sebenarnya, sebagian besar universitas di mana pun negaranya, memiliki program beasiswa atau bantuan finansial yang dapat kamu daftar. Namun kamu harus memiliki kualifikasi yang cukup tinggi karena harus bersaing dengan pelamar lainnya. 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di negeri Paman Sam, berikut kami berikan daftar universitas terbaik di Amerika yang menyediakan beasiswa atau bantuan finansial untuk pelajar internasional. 

Stanford University

stanford university

Nama Stanford University mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Amerika dan dunia. Stanford berdiri sejak tahun 1891 dan secara konsisten mempertahankan kualitas pendidikan hingga saat ini. Sebagai salah satu institusi bergengsi, Stanford sangat diminati oleh jutaan pelajar di seluruh dunia. Oleh karena itu, untuk dapat diterima di Stanford, kamu harus benar-benar memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang luar biasa. 

Pada dasarnya, Stanford University tidak menyediakan beasiswa dari internal universitas, namun ada yang namanya “financial aid” atau bantuan finansial yang dapat didaftarkan bersamaan dengan saat mengurus pendaftaran kuliah. Berikut adalah program bantuan finansial yang berlaku di Stanford University:

– Undergraduate Financial Aid
– Graduate Student Funding
– Post-Doctoral Funding
– Stanford Post-Doctoral Fellowship
– Beasiswa S2 Knight-Hennessy Scholars

Harvard University 

universitas terbaik di amerika serikat

Sama dengan Stanford, Harvard juga merupakan salah satu institusi pendidikan bergengsi di Amerika. Universitas ini juga mendunia dengan kualitas pendidikannya dan menjadi salah salah satu yang terdepan dalam berbagai penelitian. Rata-rata biaya kuliah di universitas ini adalah sekitar 16.000 USD atau sekitar 238 juta rupiah per tahun. Hal ini karena sebagian besar program di Harvard University sudah mengalami pemotongan biaya studi karena subsidi atau bantuan finansial, baik dari universitas, negara bagian, maupun negara federasi.

Beberapa bantuan finansial yang ditawarkan oleh Harvard University adalah:

– Harvard College Griffin Financial Aid
– Harvard Business School Financial Aid
– Harvard Graduate School of Design Financial Aid
– Harvard Graduate School of Education Financial Aid
– Harvard Kennedy School Financial Aid
– Harvard Law School Financial Aid
– Harvard Medical School Financial Aid
– Harvard School of Dental Medicine Financial Aid
– Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences Financial Aid
– Harvard T.H. Chan School of Public Health Financial Aid
– Harvard College Griffin Additional Funding

Massachusetts Institute of Technology

MIT

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah institusi riset yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts dan telah dibuka sejak tahun 1865. Institusi ini secara khusus menawarkan program-program terkait sains dan teknologi. Nama MIT kerap keluar sebagai salah satu universitas yang terdepan dan terkemuka di Amerika, terutama dalam bidang sains dan teknologi. Dalam berbagai peringkat pun, MIT seringkali berada di posisi 10 teratas di Amerika dan dunia. Hal ini menyebabkan persaingan untuk masuk MIT juga menjadi sangat ketat. 

MIT menyediakan bantuan finansial kepada mahasiswa dalam bentuk beasiswa yang berasal dari dana umum, donatur dari alumni, dan lain-lain. Untuk mendapatkan bantuan finansial, kamu harus mendaftar terlebih dahulu untuk itu pada saat pendaftaran universitas. Bantuan ini berlaku baik untuk kamu yang mengambil program sarjana maupun pascasarjana. 

Yale University

yale university

Yale University berdiri pada tahun 1701 dan telah menjadi salah satu institusi pendidikan yang terdepan di Amerika dan dunia hingga saat ini. Sederet nama penting di Amerika Serikat seperti mantan presiden George W. Bush dan Bill Clinton adalah alumni dari universitas ini. Yale University juga kerap menempati posisi teratas dalam urutan peringkat setiap tahunnya, baik di Amerika Serikat maupun di dunia. Berdasarkan QS World University Rankings terbaru, universitas ini berada dalam peringkat ke-17 di dunia dan peringkat ke-8 untuk wilayah Amerika Utara. 

Sama dengan sebagian besar universitas lainnya di Amerika, Yale University tidak menyediakan beasiswa yang bersifat “merit-based” atau beasiswa yang berdasarkan prestasi. Meski demikian, setiap fakultas atau sekolah menyediakan berbagai bantuan dana untuk mahasiswa lokal maupun internasional yang disebut “financial aid”. Selain itu, ada pula beasiswa yang diberikan oleh individu, lembaga atau pihak internal lainnya yang bisa kamu coba, seperti LPDP. 

Berikut adalah beberapa bantuan dana yang ditawarkan oleh Yale University:

– Undergraduate Financial Aid
– Graduate School of Arts & Science Financial Aid
– Graduate School of Architecture Financial Aid
– Graduate School of Divinity Financial Aid
– Graduate School of Law Financial Aid
– Graduate School of Drama Financial Aid
– Graduate School of Nursing Financial Aid
– Graduate School of Public Health Financial Aid
– Graduate School of Medicine Financial Aid
– Graduate School of Music Financial Aid
– Graduate School of Management Financial Aid
– Graduate School of Art Financial Aid
– Graduate School of Forestry & Environmental Studies Financial Aid
– Summer Funding

Princeton University

universitas di amerika

Perguruan tinggi terkemuka di Amerika selanjutnya adalah Princeton University yang telah berdiri sejak tahun 1746. Princeton University juga terdepan dalam penelitian dan pembelajaran yang membuatnya tidak perlu diragukan lagi dari segi kualitas. Dalam US News Report 2020, Princeton University bahkan menempati peringkat pertama untuk universitas di Amerika secara nasional. 

Princeton University menerapkan bantuan finansial di mana jumlah yang harus dibayarkan untuk studi disesuaikan dengan pendapatan keluarga. Meskipun tidak menawarkan beasiswa yang diberikan langsung, hal ini akan sangat membantu pelajar agar dapat membayar biaya studi sesuai sesuai kemampuan finansial. Selain itu, kamu juga bisa mendaftar melalui program beasiswa dari pihak eksternal universitas seperti LPDP. 

Lembaga Beasiswa untuk Studi ke Amerika

Selain beberapa universitas yang menyediakan beasiswa di atas, kamu juga dapat mendaftar untuk studi di Amerika melalui lembaga beasiswa di luar universitas. Namun sebelumnya kamu perlu memastikan bahwa universitas yang kamu incar terdaftar sebagai salah satu institusi yang menerima beasiswa tersebut ya. Lembaga atau program beasiswa yang dapat kamu coba antara lain adalah LPDP, Fulbright, dan lain-lain. 

LPDP sendiri merupakan program dari pemerintah Indonesia di bawah pengelolaan kementerian keuangan yang dikhususkan untuk keperluan studi. Beasiswa ini berlaku untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3, tidak hanya ke Amerika, namun juga ke negara-negara lainnya. Sementara itu, Fulbright merupakan program beasiswa khusus yang menjembatani hubungan Indonesia dan Amerika dalam bidang pendidikan. Beasiswa ini dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) dan berlaku untuk studi S2 dan S3 di Amerika. 

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Amerika, kamu tidak hanya bisa mencari bantuan finansial langsung dari universitasnya, namun juga dapat melalui berbagai lembaga yang menyediakan beasiswa. Siap untuk melanjutkan studi di Amerika?

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!