5 Universitas Inggris dengan Ranking Dunia yang Sangat Diminati Pelajar di Indonesia
27 Oktober 2020
Mungkinkah Untuk Mendapatkan Beasiswa S3 di Luar Negeri?
28 Oktober 2020

Universitas di Indonesia Termahal? Pikir Lagi Deh!

Sumber: Freepik

Masih ada beberapa pelajar yang ragu untuk mengeksplorasi lebih jauh dalam pendidikan tinggi karena pertimbangan biaya. Sebenarnya, kamu nggak perlu khawatir karena kamu masih punya banyak pilihan loh. Belajar di luar negeri bisa menjadi opsi dan nggak harus membebani anggaran kamu! Kalau bertanya-tanya, “Yakin disana bakal lebih terjangkau?yes! Nih, dibandingkan merogoh kocek banyak, di luar negeri kamu bisa mendapatkan pendidikan yang jauh berkualitas dan untungnya, dengan penawaran yang lebih murah. Yup, beberapa universitas di luar Indonesia masih banyak yang tidak menyandang status termahal dan bisa kamu jadikan pilihan. This time, gak perlu jauh-jauh, negara Asia lainnya adalah salah satunya tempatnya.

Sumber: Freepik

Sudah bukan rahasia lagi kalau Asia Tenggara dan Timur merupakan salah satu tujuan studi paling populer bagi para mahasiswa internasional. Bukan hanya memiliki suasana menyenangkan untuk belajar, tetapi pendidikan di Asia sendiri termasuk yang terbaik di dunia. Berbagai universitas Asia meraih world rank yang dinilai berdasarkan sistem pembelajaran dan pengajaran, penelitian, hingga fasilitas yang dimilikinya. Belum lagi, ternyata biaya studi disana gak seperti yang dibayangkan! Beberapa negara justru memiliki standar biaya hidup murah dan banyak universitasnya menawarkan biaya studi terjangkau. 

Yup, berbicara tentang biaya studi dan hidup di Asia, budget yang perlu dikeluarkan memang terkenal ramah di kantong mahasiswa. Mulai dari negara dengan program studi bervariasi, sewa tempat tinggal, hingga akses transportasisemuanya beragam dengan harga yang gak bisa dilawan! Also, the great thing is, negara-negara tersebut termasuk dalam deretan negara dengan pendidikan terbaik berkelas dunia. Kalau tahu perbandingannya dengan universitas termahal di Indonesia, dijamin kamu bakal langsung terbang ke negara Asia lainnya detik ini!

Nah, untuk mempertimbangkan pilihan berkuliah di universitas luar Indonesia tanpa merogoh biaya termahal, kamu bisa lihat rekomendasi negaranya berikut ini:

Malaysia

Negara ini menyandang status pusat pendidikan tinggi dengan sistemnya yang menempati peringkat dunia. Malaysia bahkan menganggarkan sebagian besar investasi pendidikan tingginya dalam menumbuhkan dan memperkuat kemitraan dengan universitas asing. Meskipun biaya studinya termasuk terjangkau, kualitas universitas serta pendidikan di Malaysia sama-sama menjanjikan.

Biaya studi di Malaysia berkisar mulai dari RM 20,000 sampai RM 40,000. Beberapa universitas yang terkenal seperti Monash University, Taylor’s University, University of Nottingham Malaysia, dan masih banyak lagi. Biaya hidupnya pun tidak jauh berbeda dengan kota besar yang ada di Indonesia. Rata-rata biaya yang perlu kamu keluarkan umumnya berkisar antara RM 16,000 hingga RM 21,000 per tahun tergantung gaya hidup. Anggaran ini sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, buku dan alat tulis, medis dan layanan kesehatan, asuransi, serta biaya pribadi. 

Singapura

Sumber: Unsplash

Semua tentu tahu kan pesatnya kemajuan Singapura hingga saat ini? Riset dan pendidikan di Singapura sendiri memang terkenal unggul di dunia. Negara ini juga menguasai kancah internasional dengan banyaknya universitas yang berhasil menduduki peringkat tinggi. Apalagi, banyak universitas mereka yang mengusung konsep edukasi global seperti pengajaran standar internasional dan bekerja sama dengan universitas top yang ada di Amerika, Australia, dan Eropa.

Biaya studi di Singapura pun sangat terjangkau. Kamu bisa memperoleh standar pendidikan berkualitas yang sama baiknya dengan negara lain dengan harga yang jauh lebih murah. Biaya studi beberapa program dapat berkisar antara SGD 31,200 hingga 67,000. Rata-rata biaya hidup berkisar antara SGD 1.500 hingga SGD 2.500 per bulan sesuai dengan gaya hidup masing-masing pribadi.

Cina

Cina dan inovasinya yang tak pernah berhenti. Negara ini memiliki penelitian yang super maju dan menjadi incaran banyak pelajar internasional karena kualitas pendidikannya!  Cina juga memiliki banyak pilihan program kuliah dengan materi serta penyampaiannya dalam Bahasa Inggris. No more language barrier! Bahkan, universitas terbaik di Cina banyak yang termasuk dalam peringkat universitas global. 

Untuk biaya berkuliah di Cina termasuk terjangkau. Untuk program S1 akan mematok harga mulai dari RMB 88,000 sampai RMB 110,000 per tahun. Kamu sebagai pelajar nantinya akan membutuhkan biaya hidup sekitar RMB 4,000 hingga RMB 5,000 per bulan. Biaya ini tentunya sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, serta keperluan sehari-hari lainnya. Untuk keperluan studi seperti textbook, fotokopi, maupun alat tulis bisa mencapai RMB 2,000 per tahun.

So, itulah dia beberapa negara di Asia yang unggul dalam pendidikan namun dari segi harga bisa dikatakan no worries! Jika kamu masih ingin mengeksplor dan mengunjungi negara sedikit jauh, you could try Europe. Pendidikan di negara Eropa termasuk bergengsi dan masih banyak yang menawarkan biaya studi serta hidup yang terjangkau.

Seperti Italia dan Jerman—mereka hanyalah beberapa contohnya. Italia menduduki takhta tertinggi dalam bidang desain, arsitektur, ilmu terapan, dan seni. Penelitiannya pun mendapatkan respek yang besar terutama menyangkut energi, lingkungan, dan transportasi. Di Italia, biaya studinya termasuk yang terjangkau di dunia. Perguruan tinggi swasta di Italia memasang biaya studi yang berkisar antara EUR 7000 hingga EUR 20,000 per tahun. 

Di Italia kamu memerlukan sekitar EUR 1.000 hingga EUR 1.500 per bulan. Biaya ini sudah lengkap mencakup akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, dan keperluan sehari-hari lainnya. Biaya berkuliah di negara ini juga bisa lebih murah karena ada banyak kesempatan beasiswa, bantuan finansial, hingga potongan harga bagi para pelajar.

Sumber: Unsplash

Sementara yang terakhir Jerman, terkenal memiliki kualitas pendidikan dan universitas-universitas terbaik dunia. Biaya kuliah di Jerman terhitung murah dan bahkan ada yang gratis! Yes, Jerman meyakini bahwa pendidikan tinggi harus bersifat terjangkau dan mudah diakses. Biaya pendidikannya adalah sekitar 7 hingga 8,5 juta rupiah per tahun bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Untuk biaya hidup, kamu perlu menyiapkan setidaknya €8,400 atau sekitar 130 juta rupiah per tahun. Dengan jumlah dana tersebut kamu bisa menggunakannya untuk membeli kebutuhan harian, pangan, bahkan kebutuhan pribadi seperti mengunjungi destinasi menarik yang ada di negara ini!

Bagaimana? Dengan kelebihan tersebut, kamu lebih tertarik memutuskan untuk berkuliah di Asia atau Eropa?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.