5 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan Saat Ini
10 April 2020
agen sekolah ke australia
Fakta Sebenarnya Agen Sekolah ke Australia: Seperti Apa?
14 April 2020

Universitas di Jepang dan Jurusannya

universitas di jepang dan jurusannya

universitas di jepang dan jurusannya

Jepang adalah salah satu negara maju Asia yang kerap dijadikan destinasi studi oleh pelajar di negara-negara Asia dan internasional. Meskipun kebanyakan universitas menawarkan program dalam bahasa Jepang, beberapa universitas juga menawarkan program untuk pelajar internasional. Kali ini SUN Education akan membahas mengenai universitas di Jepang dan jurusannya untuk pelajar internasional. 

Universitas di Jepang dan Jurusannya

Tohoku University

universitas di jepang

Tohoku University merupakah salah satu universitas terbaik di Jepang yang terletak di kota Sendai, prefektur Miyagi, Jepang. Universitas ini berdiri pada tahun 1907 sebagai Tohoku Imperial University yang merupakan universitas milik negara ketiga setelah Tokyo Imperial University (University of Tokyo) dan Kyoto Imperial University (Kyoto University). Tohoku University adalah universitas pertama di Jepang yang terbuka untuk pelajar wanita dan pelajar internasional sejak tahun 1913. Salah satu hal menarik mengenai universitas ini adalah kunjungan fisikawan dunia Albert Einstein pada tahun 1922. 

Baca Juga : 12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Saat ini Tohoku University termasuk salah satu universitas yang memiliki banyak pelajar internasional yaitu sekitar 10% dari total pelajar baik di tingkat undergraduate maupun post-graduate. Meski mayoritas program di Tohoku University diajarkan dalam bahasa Jepang, universitas ini juga menawarkan program dalam bahasa Inggris untuk pelajar internasional. Program-program yang ditawarkan oleh Tohoku University untuk pelajar internasional di tingkat undergraduate Advanced Molecular Chemistry (Science), International Mechanical & Aerospace Engineering (Engineering), dan Applied Marine Biology (Agriculture). Sementara jurusan yang ditawarkan untuk tingkat Postgraduate antara lain adalah Hukum/Politik, Ekonomi dan Manajemen, Akuntansi, Sains, Kedokteran, Teknik, Teknologi Informasi dan lain-lain. 

Kyoto University

kyoto university

Universitas di Jepang dan jurusannya selanjutnya adalah Kyoto University atau biasa disebut Kyodai (Kyoto Daigaku). Kyoto University pada awalnya adalah sebuah Chemistry School yang berdiri di Osaka pada tahun 1869. Pada tahun 1897 sekolah tersebut dijadikan salah satu bagian dari Imperial University milik pemerintahan Jepang. Kyodai berbasis di Kyoto dan memiliki 3 kampus yaitu di Yoshida, Katsura, dan Uji. Kampus utama universitas ini terletak di Yoshida, sementara sebagian besar laboratorium kampus berlokasi di Uji, sedangkan Katsura merupakan kampus baru. 

Ada 10 fakultas yang terdapat di Kyoto University ditambah 19 sekolah tinggi untuk pascasarjana. Bidang-bidang yang ditawarkan universitas ini juga sangat beragam mulai dari humaniora, sastra, pendidikan, hukum, ekonomi, sains, kedokteran, farmasi, teknik hingga pertanian. Bidang yang paling banyak diminati di Kyoto University adalah teknik, sains dan hukum. 

Selain memiliki sebagai salah satu universitas terbaik di Jepang, Kyodai juga merupakan salah satu universitas yang memiliki dedikasi tinggi dalam bidang riset di mana peneliti dari berbagai belahan dunia juga terlibat di dalamnya. Alumni dan pengajar Kyodai termasuk jajaran peneliti dan ilmuwan terkemuka di Jepang yang telah menerima penghargaan Nobel seperti Hideki Yukawa dan Shinichiro Tomonaga. 

Baca Juga : Kriteria, Alur Pendidikan dan Biaya Kuliah Kedokteran

The University of Tokyo

universitas di jepang dan jurusannya

University of Tokyo atau Tokyo Daigaku (Todai) merupakan Imperial University pertama di Jepang yang didirikan pada tahun 1877. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di Jepang yang juga masuk dalam TOP 100 universitas terbaik di dunia. Todai juga dikenal dengan aktivitas riset yang progresif serta terbaik di Jepang dan dunia dalam berbagai bidang seperti Fisika, Biologi dan Biokimia, Farmasi dan Toksikologi, Sains Material, Kimia, dan Imunologi. Sementara itu, Todai juga melakukan riset dalam bidang ekonomi dan juga termasuk riset ekonomi terbaik di Jepang. 

Universitas yang juga populer dengan sebutan Todai ini memiliki 10 fakultas undergraduate dan 15 sekolah postgraduate. Bidang studi yang ditawarkan juga beragam mulai dari pertanian, seni, ekonomi, pendidikan, teknik, hukum, sastra, kedokteran, farmasi hingga sains. Selain itu, Todai memiliki 11 institusi riset. Salah satu lembaga riset yang diakui di universitas ini adalah Earthquake Research Institute atau Institut Riset Gempa Bumi. 

Sebagaimana salah satu universitas terbaik dunia, University of Tokyo juga telah melahirkan orang-orang berpengaruh di Jepang maupun di dunia. Sebanyak 15 perdana menteri Jepang tercatat pernah menempuh pendidikan di University of Tokyo. Selain itu, 10 nama penerima anugerah nobel juga merupakan alumni universitas ini yang salah satunya adalah Yasunari Kawabata, penerima nobel sastra pada tahun 1968.

Tokyo Institute of Technology

tokyo tech

Universitas di Jepang dan jurusannya selanjutnya adalah Tokyo Institute of Technology (Tokyo Kogyo Daigaku) atau yang secara informal juga dikenal sebagai Tokyo Tech atau Tokodai. Universitas ini adalah universitas riset nasional yang berlokasi di kota Tokyo, Jepang dan sudah berdiri sejak tahun 1881. Tokyo Tech merupakan institusi pendidikan tinggi terbesar di Jepang yang didedikasikan untuk sains dan teknologi serta termasuk salah satu universitas terkemuka di Jepang. 

Tokyo Tech terdiri dari 6 sekolah dengan lebih dari 40 departemen dan pusat riset. Sementara itu, program gelar yang tersedia untuk mahasiswa internasional hanya untuk tingkat graduate. Selain lembaga-lembaga riset, universitas ini juga dikenal karena memiliki perpustakaan sains dan teknologi terbesar di Jepang yaitu Tokyo Institute of Technology Library yang terletak di Ookayama. 

Baca Juga : TOP 10 Universitas Terbaik di Amerika Serikat 2020

Riset bidang sains dan teknologi di Tokyo Institute of Technology adalah salah satu yang terbaik di Jepang. Selain itu salah satu alumni universitas ini yaitu Hideki Shirakawa adalah salah satu penerima Nobel di bidang kimia. 

Kyushu University

universitas terbaik di jepang

Universitas di Jepang dan jurusan yang selanjutnya adalah Kyushu University. Universitas ini berdiri pada tahun 1903 di Fukuoka, Pulau Kyushu, sebagai Imperial University ke-4 di Jepang. Kyushu University atau Kyudai pernah dikunjungi fisikawan ternama dunia yaitu Albert Einstein pada tahun 1922. Jumlah mahasiswa universitas ini saat ini mencapai 18.618 siswa dengan jumlah mahasiswa internasional sekitar 13%. 

Di level undergraduate, Kyushu University memiliki 13 sekolah, sementara di tingkat postgraduate universitas ini memiliki dua lembaga yaitu yang berfokus pada pendidikan dan riset. Jumlah Graduate School di Kyudai adalah 18 sekolah. Jurusan dan program ditawarkan di universitas ini sangat beragam dan meliputi berbagai bidang mulai dari sains, ekonomi serta pertanian. Kyushu University juga menawarkan program yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk pelajar internasional. Ada 8 program undergraduate dan 41 program postgraduate untuk gelar master maupun doktor.

Universitas ini juga banyak mencetak alumni yang menjadi figur dalam berbagai bidang baik sastra, politik, kesehatan, sains dan lain-lain. 

Siap untuk melanjutkan studi ke Jepang?

Nah, itu dia 5 universitas di Jepang dan jurusannya. Untuk melanjutkan studi di negeri sakura ini, sebaiknya kamu memiliki sertifikasi berbahasa Jepang. Meski demikian, kelima universitas di atas sudah memiliki program-program yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk pelajar internasional. Program-program internasional yang dibuka umumnya dalam bidang sains, teknologi atau pertanian. Apakah kamu tertarik dan berencana untuk melanjutkan studi di salah satu universitas di atas?

Comments are closed.