Applied Mathematics / Matematika Terapan
26 Oktober 2020
Universitas di Indonesia Termahal? Pikir Lagi Deh!
27 Oktober 2020

5 Universitas Inggris dengan Ranking Dunia yang Sangat Diminati Pelajar di Indonesia

Sumber: Unsplash

Melangkahkan kaki untuk studi di luar negeri merupakan impian bagi banyak pelajar seluruh dunia. Pilihan destinasi studi memiliki pertimbangan dari beberapa aspek; seperti kualitas pendidikan di negara tujuan, universitas dan fasilitas, serta lingkungannya. Inggris—salah satu negara di UK ini menduduki reputasi destinasi yang populer sebagai negara tujuan kuliah di luar negeri. Sudah banyak loh universitas terkemukanya yang menduduki ranking dunia dan menciptakan kesan serta kepercayaan bagi pelajar di Indonesia.

Sumber: Freepik

Jika ada pertanyaan “Kenapa harus kuliah jauh-jauh hingga Inggris? Apa keunggulannya dibandingkan universitas di Indonesia dengan ranking tinggi?”. Wah jawabannya banyak banget teman-teman! Negara yang satu ini memang sudah dikenal secara global akan pendidikannya yang berkualitas. Pendidikan di Inggris selalu disokong dan didukung, penelitiannya pun aktif, dan banyak studinya yang terakreditasi. Banyak loh para alumni internasional lembaga pendidikan di Inggris yang juga termasuk para tokoh politik dan pengusaha berpengaruh kuat di dunia. 

Disini kamu akan menemukan berbagai universitas berkualitas yang sangat baik dari segi pembelajaran, pengajaran, fasilitas, riset, hingga sertifikasinya. Metode pengajaran yang digalakkan juga variatif dan menginspirasi, kelas perkuliahan yang lebih personal, fasilitas unggulan yang hi-tech, serta dukungan untuk self-development. Yup, berkuliah di Inggris gak hanya sekadar aktivitas belajar aja, tetapi kamu akan difasilitasi dengan forum untuk berdiskusi, berbagi, dan juga merumuskan ide. Percaya deh, kalau kamu memulai perkuliahan di Inggris, kamu akan merasakan perbedaannya!

Sumber: Freepik

Selain itu, Inggris memberikan kesempatan part-time work selama 10 jam per minggunya. Untuk internship sendiri akan berdurasi selama 1 tahun setelah 3 tahun masa studi jika kamu mengambil program sarjana. Lumayan kan? Kamu yang merantau jauh dari Tanah Air bisa berhemat sekaligus menambah pemasukan! Menariknya lagi, kamu bisa mendaftar untuk post-study work visa dimana kamu dapat bekerja di Inggris dalam waktu maksimal hingga 2 tahun setelah lulus dari studi yang kamu ambil. Kamu bisa bekerja di perusahaan atau kantor yang sesuai dengan bidang dan bakat yang kamu miliki.

Nah, berbicara tentang universitas berkualitas di Inggris, mana aja sih yang punya karakteristik khusus sampai membuat siswa internasional tertarik? Yuk, simak universitas dengan ranking dunia yang sangat diminati pelajar di Indonesia ini!

King’s College London

Sumber: Freepik

Sebagai universitas tertua ke-4 di Inggris, King’s College London sangat mengedepankan pendidikan. Institusi ini berorientasi pada penelitian agar dapat menyalurkan kreativitas dan pemahaman lebih lanjut  yang dapat memberikan impact kepada masyarakat. King’s College London meraih peringkat ketujuh di Inggris menurut The Times Higher Education World University Rankings 2021 dan ke-31 di dunia menurut QS World University Rankings 2021.

Mereka menawarkan berbagai bidang studi seperti; Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, Seni dan Humaniora, Bisnis, Hukum, dan masih banyak lagi. FYI, beberapa bidangnya banyak yang telah memainkan peran utama dalam inovasi dan kemajuan loh. Mulai dari penemuan struktur DNA, penelitian yang mengarah pada perkembangan radio, televisi, telepon seluler, hingga radar.

University of Manchester

University of Manchester merupakan universitas riset di Manchester yang menduduki peringkat ke-27 terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings 2021. Universitas ini termasuk sebagai anggota dari Russel Group—jaringan universitas penelitian terkemuka di Inggris. Sekolah bisnisnya, Alliance Manchester Business School termasuk dalam lima besar terbaik di Inggris. Bagi yang mengincar bidang studi bisnis, AMBS bisa banget menjadi pilihanmu!

Kamu akan dibimbing dengan tenaga pengajar profesional yang punya pengalaman luas. Lingkungan belajarnya juga memiliki teknologi tinggi dan mampu menciptakan pengalaman studi yang menarik untukmu! Reputasi penelitiannya sendiri gak main-main. Manchester bahkan menginvestasikan senilai £1 miliar selama 10 tahun untuk kampus dan fasilitasnya. Hal ini dilakukan dengan fokus agar terus mempertahankan sejarah inovasi mereka yang extraordinary hingga saat ini.

University of Leeds

Sumber: Freepik

Leeds merupakan universitas riset publik terbesar di Inggris yang berdiri sejak tahun 1904. Mereka adalah anggota Russel Group yang menduduki status global karena kualitas pengajaran dan penelitian. Universitas ini menawarkan program sarjana, magister, MBA, PhD, hingga pendidikan eksekutif dan profesional, serta studi online. 

Leeds University Business School—fakultas bisnisnya, termasuk yang terkemuka dan memiliki layanan lengkap. Yang menarik, sekolah ini berhasil mendapatkan akreditasi ‘triple-crown’ dan Leeds sendiri menduduki deretan seratus besar universitas bisnis terbaik di dunia. Staf pengajar Leeds juga telah meraih penghargaan tertinggi dan universitas sangat mendukung pembelajaran siswa baik itu akademik maupun non-akademik. Support tersebut dapat kamu lihat dari banyaknya klub, komunitas, dan platform pengembangan diri.

University of Glasgow

Yang ini sudah unggul sejak tahun 1451! University of Glasgow adalah salah satu universitas top di dunia dan menjadi salah satu landasan penelitian terbesar di Inggris. Penelitiannya yang mendunia antara lain seni, kedokteran hewan, studi kanker, hingga akuntansi dan keuangan. Bidang studi kedokterannya pun termasuk yang terbaik di dunia dan paling bergengsi di Eropa.

Selain itu, lulusan University of Glasgow juga beberapa merupakan alumni yang berhasil menerima Hadiah Nobel. Salah satunya seperti Perdana Menteri dan Menteri Pertama Skotlandia. Bahkan dahulu di tahun 1933, Albert Einstein sempat memberikan kuliah tentang teori relativitas! It’s Albert Einstein! Wah, siapa ya yang beruntung sempat mengikuti perkuliahan tersebut?

University of Newcastle

University of Newcastle UK adalah universitas riset publik yang berbasis di Newcastle upon Tyne, North East England. Newcastle tergabung sebagai bagian dari universitas penelitian intensif Russell Group. Kinerja penelitiannya dikenal memiliki reputasi bergengsikamu bakalan menjumpai kolaborasi maksimal antara pengajaran dan penelitian disaat masa studi nantinya!

Universitas ini menawarkan ratusan program gelar sarjana penuh waktu dalam berbagai bidang studi yang mencakup seni, sains, teknik dan kedokteran. Gak hanya itu, mereka tentunya memiliki program pengajaran dan penelitian pascasarjana di berbagai disiplin ilmu. Beberapa sekolah Newcastle juga merupakan sekolah yang unggul di negara tersebut. Seperti Sekolah Kedokteran dan Kedokteran Gigi, keduanya mendapatkan nilai tinggi di seluruh Inggris dan skala internasional. Oleh karena itu, gak heran ada banyak sekali siswa dari seluruh dunia datang untuk melangsungkan pendidikan tingginya di University of Newcastle ini!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.