universitas terbaik di kanada
Kuliah Tahun Depan? Pertimbangkan 10 Universitas Terbaik di Kanada 2021
17 November 2020
Sering Dikira Sama, Ini Sebenarnya Beda College dan University
19 November 2020

Fakta Universitas Kedokteran di Jerman yang Dikenal Berkualitas

Sumber: Unsplash

Jerman memegang status ‘juara’ dalam berbagai hal. Disamping atletik dan penelitian, pendidikan disana bisa dikatakan sangat mengesankan. Sistem pendidikan di negara ini memang penuh pengawasan, dedikasi, serta peningkatan hingga menjadi kepercayaan pilihan para pelajar seluruh dunia. Bidang hukum, teknik, ilmu komputer, matematika, hingga kedokteran menjadi deretan yang terbaik di negara tersebutuniversitas kedokteran di Jerman, sering menjadi incaran mahasiswa asal Tanah Air!

Sumber: Unsplash

Berbicara tentang universitas kedokteran di Jerman, “Kok bisa jurusan yang susah ini menjadi salah satu jurusan terbaik disana dan menjadi incaran banyak siswa?”. Mungkin beberapa dari kalian mempertanyakan hal tersebut. As a quick fact, negara ini memang memiliki banyak universitas dengan bidang studi yang menduduki peringkat terbaik dunia. Penilaiannya didasarkan oleh berbagai aspek; seperti konsep inovatif pembelajaran, fasilitas canggih, tenaga pengajar, akreditasi, dan faktor pendukung lainnya. Kedokteran, adalah salah satunya.

Agar lebih paham, kamu bisa menilik beberapa fakta berikut yang membuktikan bahwa  universitas dan jurusan kedokteran di Jerman sangat tinggi kualitas:

Menduduki Urutan Terbaik Dunia

Yup. Sudah bukan rahasia lagi jika bidang kedokteran di Jerman termasuk dalam posisi teratas di dunia! Mereka memegang reputasi sangat baik dalam kualitas pendidikan, tenaga pengajar, fasilitas yang ditawarkan, hingga bagaimana kesan dan pengalaman para mahasiswanya. Dan sebagai fakta, universitas kedokteran di Jerman termasuk diantara global leaders dan banyak sekali pemberi kerja dari industri yang sangat menghargai gelar kedokteran Jerman.

Butuh Perjalanan Panjang Sampai Jadi Dokter!

Sekolah kedokteran yang diperoleh siswa di universitas berlangsung selama 6 tahun 3 bulan di Jerman dan tidak terintegrasi ke dalam sistem program Sarjana dan Master. Sekolah kedokteran diakhiri dengan  state examination yang disebut dengan Staatsexamen yang mengarah pada persetujuan untuk berprofesi sebagai dokter. Bisa dibilang kamu harus melalui tes berstandar nasional ini untuk mendapatkan gelar dokter bersertifikat.

Akan tetapi, pendidikan universitas bukan satu-satunya pelatihan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang praktisi medis di Jerman. Setelah  state examination, kamu sebagai calon dokter dapat bergabung dengan unit pelatihan praktis yang dapat berlangsung hingga 6 tahun lagi untuk menjadi dokter spesialis di divisi tertentu.

Penelitian yang Inovatif

Sumber: Unsplash

Hampir seluruh program studi Kedokteran yang ada di Jerman tidak pernah berhenti “bertanya, mencari, dan menghasilkan”! Yes, riset mereka selalu jalan dan dikenal unggul. Terlebih, penelitian yang dijalankan juga meluas dan selalu mengikuti era yang ada. Inilah mengapa penelitian di Jerman yang inovatif akhirnya memberikan manfaat bagi banyak khalayak dan memberikan dampak positif besar terhadap kualitas studi yang ditawarkan.

Berbahasa Jerman

Berkuliah kedokteran di Jerman mewajibkanmu memiliki keterampilan bahasa Jerman yang sangat baik. Disana kamu akan dibimbing dan memerlukan interaksi dengan pasien dalam bahasa Jerman. Untuk diterima di program studi kedokteran, minimal dibutuhkan keterampilan bahasa pada tingkat C1. Jika kemampuan bahasa Jerman kamu belum siap, jangan khawatir! Kamu bisa mendaftar kursus bahasa Jerman pra-studi untuk membantu meningkatkan keterampilan bahasa ke tingkat yang diperlukan untuk studi kedokteran di Jerman. 

Selain itu, ada juga bentuk program bidang kesehatan lain yang diintegrasikan ke dalam sistem sarjana atau magister dan berbahasa Inggris. Program sarjana ini memang bukan bagian dari kurikulum untuk menjadi dokter medis yang dapat melakukan praktik. Akan tetapi, kamu juga tetap dapat berkarir maupun memberikan wawasan yang bermanfaat dalam lapangan kesehatan.

Fasilitas Modern dan Hi-Tech

Praktik adalah bagian penting dari pengajaran bidang kedokteran. Kebanyakan universitas kedokteran di negara ini sudah memiliki laboratorium modern yang mutakhir dan tentunya dilengkapi dengan alat yang tinggi teknologi. Mereka juga menyediakan klinik, scientific institute dan fasilitas teoritis, serta fasilitas wajib lainnya. Percaya deh. Kamu yang belajar dengan dukungan lingkungan tersebut pasti akan sangat terbantu dalam mengeksplorasi serta meningkatkan keterampilan yang dapat kamu terapkan nantinya!

Biaya Studi Terjangkau

Ini dia yang bikin mahasiswa Tanah Air berani mengambil langkah untuk merantau jauh hingga ke Jerman! Bagaimana tidak, pengeluaran kedokteran di dalam negeri dan di Jerman bisa kurang lebih hampir sama. FYI, Jerman adalah negara yang ideal untuk mempelajari jurusan kedokteran karena ia menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Kok bisa?

Nah, sebagian besar program kedokteran yang ditawarkan di universitas negeri Jerman biasanya gratis biaya kuliah untuk siswa internasional dan juga siswa Jerman. Satu-satunya biaya yang harus ditanggung adalah kontribusi semester dua kali setahun yang tergantung pada universitas dan berjumlah €200 hingga €300 setiap semester. Mahasiswa internasional memang biasanya dapat belajar kedokteran secara gratis di Jerman, tetapi ada juga sekolah yang mengharuskan untuk membayar beberapa tanggungan. 

Membayangkan banyaknya pengalaman berbeda dan khusus yang cuma bisa kamu dapatkan di Jerman, jauh lebih baik untuk merantau bukan? 

Kualitas > Segalanya

Sumber: Unsplash

Ternyata hal ini gak berlaku dalam sistem pendidikannya aja, teman-teman! Dalam lingkup industri, Jerman juga tetap mengedepankan kualitas. Mereka berfokus untuk memberikan perawatan medis dengan kualitas terbaik kepada pasien dan bukan memberikan pengalaman rumah sakit yang “paling mewah”. Karena itu, terkadang tingkat privasi dan kenyamanan pasien tidak seperti biasanya. Namun, banyak juga rumah sakit lain yang menawarkan pilihan tambahan untuk pasien yang diasuransikan swasta dengan tingkat kenyamanan lebih tinggi dibandingkan penawaran standar rumah sakit Jerman.

Disamping itu, rumah sakit di Jerman memiliki efisiensi yang sangat bagus. Kebayang kan seperti apa para siswa dahulu bersekolah hingga berprofesi dan mampu secara konsisten menciptakan manajemen tersebut? Di Jerman, tujuan rumah sakit adalah memberikan perawatan yang tepat waktu dan efektif kepada pasien sehingga mereka dapat kembali ke rumah secepat mungkin. Pendekatan ini juga sebenarnya dapat menghemat uang pasien, karena dengan menghabiskan lebih sedikit waktu di rumah sakit mereka akhirnya membayar tanggungan lebih sedikit secara keseluruhan.

Sumber: Unsplash

Nah, itulah fakta dibalik universitas kedokteran di Jerman yang berkualitas! Perlu diingat, untuk menjadi mahasiswa kedokteran kamu membutuhkan usaha yang jauh lebih banyak. Dalam kedokteran kamu akan menemukan banyak sekali tantangan namun juga pelajaran penting baik itu bersifat akademik, praktik, bahkan hidup. Menjadi dokter adalah pekerjaan yang mulia karena memegang amanah berat untuk mengabdi dan melayani masyarakat yang membutuhkan. So, lakukan yang terbaik dan teruslah semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan