visa pelajar malaysia
Intip 7 Fakta Seru Kuliah di Malaysia Plus Peraturan Visa Pelajar!
21 Juni 2021
biaya kuliah jurusan psikologi
5 Rahasia Kenapa Jurusan Psikologi Selalu ‘Eksis’ dan Fakta Biaya Kuliahnya!
23 Juni 2021

Universitas Luar Negeri yang Menerima Lulusan D4 ke S2: Ada?

universitas yang menerima lulusan d4 ke s2

Sumber: Unsplash

Luar negeri dan Tanah Air: keduanya punya sistem pendidikan dan kurikulum yang berbeda. Kamu pasti bisa melihat kontrasnya dari bobot studi, pengajaran, hingga aspek-aspek lainnya! Dengan perbedaan tersebut, banyak mahasiswa Indonesia mengalami kesulitan saat mendaftar perkuliahan di luar negeri. Biasanya terjadi bagi mereka dengan tingkat pendidikan terakhir Diploma. Salah satu contohnya—kamu yang ingin menempuh studi Master bisa jadi bertanya-tanya, “Universitas yang menerima lulusan D4 ke S2 ada nggak ya di luar negeri?”.

Sebelum kita mengupas lebih dalam, D4 atau D-IV memiliki sebutan profesional dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST). Masa studi perkuliahan ini adalah selama empat tahun. Kamu yang memiliki gelar ini tentunya sudah melewati serangkaian pendidikan vokasi ataupun kejuruan di suatu perguruan tinggi! Pertanyaannya: “Apakah bisa lulusan gelar D4 ini mendaftar gelar S2 di luar negeri secara langsung?”. Well, jawabannya bisa lho! 

universitas yang menerima lulusan d4 ke s2

Sumber: Unsplash

Beberapa negara di luar Indonesia memiliki universitas yang menerima lulusan D4 ke S2. Apalagi, negara-negara tersebut termasuk yang terbaik pula dalam reputasi pendidikan. Semakin pas buat kamu yang mencari pendidikan berkualitas! Mereka yang memperbolehkan lulusan D4 untuk mengambil program S2 tentunya sudah mempersiapkan cara ataupun sistem yang dapat membantu mahasiswa beradaptasi. Baik itu dari segi akademik, sistem belajar, maupun lingkungan yang ada disana.

Sebagai fakta, pada dasarnya pendidikan vokasi memang berbeda dengan pendidikan sarjana. Subjek yang dipelajari berbeda. Kamu yang memiliki gelar diploma lebih fokus pada mata kuliah keahlian, sementara sarjana akan lebih fokus pada akademik atau keilmuan. Pastinya di kampus luar negeri nanti akan ada transisi—apapun bentuknya, yang perlu kamu lewati sebagai penyesuaian! Nah, ada dua jenis pilihan gelar S2 yang bisa kamu ambil sebagai mahasiswa program D4:

1. Pascasarjana Umum
Pascasarjana Umum bisa kamu temukan di berbagai universitas maupun institut. Program ini sendiri sama dengan program yang diambil oleh mahasiswa S1 saat mereka ingin melanjutkan S2. Kamu bisa memilih antara universitas swasta maupun negeri! Ada berbagai macam mata pelajaran yang bersifat akademik di tingkat ini. Seperti Master of Arts, Master of Science, Master of Business, Master of Law, Master of Mathematics, dan masih banyak lainnya.

2. Pascasarjana Terapan

universitas yang menerima lulusan d4 ke s2

Le Cordon Bleu.

Program ini berfokus pada kemampuan praktis dan lanjutan dari program D4. Bisa seperti di Akademi, Sekolah Kejuruan, ataupun kampus yang memang lebih menekankan pada peminatan dan penjurusan kemampuan praktis. Salah satu contohnya seperti Le Cordon Bleu yang tersebar di banyak negara dan Nuova Accademia di Belle Arti (NABA) yang berlokasi di Italia.

Seperti yang sempat disebutkan diatas, beberapa negara dengan pendidikan terbaik memiliki universitas yang menerima lulusan D4 ke S2. Mulai dari Australia, Inggris, Amerika, sampai beberapa negara yang ada di Eropa. Kamu nggak perlu khawatir lagi dengan sertifikat terakhir pendidikanmu. Dari beberapa pilihan tersebut, kamu berkesempatan untuk melanjutkan studi Master di jurusan yang sejalan dengan sebelumnya ataupun jurusan yang kamu inginkan.

universitas yang menerima lulusan d4 ke s2

Sumber: Unsplash

Pastikan untuk memahami alur perkuliahan dan seperti apa persyaratan yang kamu butuhkan saat pendaftaran nanti agar lancar! Jika masih bingung dan ingin tahu lebih lengkap mengenai program S2 yang dapat kamu pilih, kamu bisa bertanya pada sumber yang kredibel dan memang ahli dalam bidang pendidikan. Biasanya konselor pendidikan luar negeri memiliki pengetahuan dan informasi lengkap mengenai hal ini. It could be a great way for you to try!

Sudah siap merasakan kurikulum internasional?

Persiapkan studimu dengan baik dan tetap semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.