biaya hidup di korea selatan
Biaya Hidup di Korea Selatan untuk Mahasiswa Indonesia 2020
15 April 2020
perbedaan toefl dan ielts
Cari Tahu Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS di Sini!
21 April 2020

TOP 10 Universitas Terbaik di Asia 2020

universitas terbaik di asia

universitas terbaik di asia

Dalam beberapa tahun terakhir sudah banyak universitas di Asia yang masuk dalam daftar universitas terbaik dunia. Mulai dari Tiongkok, Jepang, Korea Selatan hingga Singapura masing-masing memiliki universitas terbaik yang diakui dunia internasional. Kali ini kita akan membahas sepuluh besar universitas terbaik di Asia berdasarkan QS World University Rankings 2020. 

10. The Chinese University of Hong Kong (CUHK) 

CUHK

Chinese University of Hong Kong (CUHK) merupakan universitas riset publik yang berlokasi di Shatin, Hong Kong. Universitas ini berdiri pada tahun 1963 dan merupakan universitas tertua kedua di wilayah tersebut. Meski CUHK menerapkan peraturan penggunaan bahasa Mandarin, sebagian besar program di universitas ini menggunakan bahasa Inggris dalam prosesnya. 

CUHK memiliki 9 fakultas yang menawarkan beragam bidang studi baik di tingkat undergraduate maupun postgraduate. Bidang-bidang tersebut adalah seni, bisnis dan administrasi, kedokteran, teknik, hukum, pendidikan, sains, dan ilmu sosial. Selain itu, lembaga riset di universitas ini cukup progresif dan banyak bekerjasama dengan pihak industri. 

Baca Juga : Biaya Kuliah di Singapura 2020

9. KAIST – Korea Advanced Institute of Science and Technology 

KAIST

KAIST adalah salah satu universitas riset nasional yang terletak di Daedeok, Daejeon, Korea Selatan. Universitas ini berdiri pada tahun 1971 dan merupakan institusi pertama yang berfokus pada riset bidang sains dan teknologi. KAIST memiliki 33 departemen dan 2 sekolah yang dinaungi oleh 6 colleges. Bidang-bidang yang ditawarkan tidak hanya berorientasi pada sains dan teknologi, namun juga bisnis serta ilmu sosial dan humaniora. 

Untuk dapat masuk ke KAIST, kamu harus memiliki nilai yang baik dalam matematika dan sains, memiliki surat rekomendasi dari guru, memiliki rencana studi serta pernyataan personal yang meyakinkan. Persentase kelulusan untuk pelajar internasional di universitas ini adalah sekitar 13,2%.

8. The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) 

universitas terbaik di asia

Universitas ini adalah universitas riset yang berdiri pada tahun 1991 di Clear Water Bay, Hongkong. Didirikan oleh British Hong Kong Government, HKUST merupakan institusi ketiga yang mendapatkan status universitas. HKUST termasuk salah satu “fast growing university” pada QS Rankings sendiri kerap menjadi salah satu yang terbaik di Asia. 

Baca Juga : Kriteria, Alur Pendidikan dan Biaya Kuliah Kedokteran

Program-program yang ditawarkan universitas ini berada dalam 4 sekolah yaitu sains, teknik, bisnis dan manajemen, serta humaniora dan ilmu sosial. 

7. Fudan University  

fudan university

Universitas terbaik di Asia selanjutnya adalah Fudan University yang terletak di Shanghai, China. Universitas ini merupakan salah satu anggota aliansi C9, yaitu aliansi yang dibentuk oleh pemerintahan China untuk mempromosikan pendidikan tinggi negara tersebut. Fudan University merupakan universitas riset publik yang berdiri pada tahun 1905 dengan nama Fudan Public School. Universitas ini termasuk salah satu institusi pendidikan di China yang terutama dalam bidang humaniora, ilmu alam, serta kesehatan. 

Ada 17 sekolah yang menaungi 69 departemen dengan ratusan program gelar di Fudan University. Selain itu, universitas ini juga memiliki puluhan institusi terkait dengan riset baik dalam berbagai tingkatan dan bidang. 

6. Zhejiang University 

best asian university

QS World University Rankings terbaru menempatkan Zhejiang University sebagai universitas terbaik ke-6 di Asia dan peringkat ke-56 di seluruh dunia. Zhejiang University sama halnya dengan Fudan University adalah anggota aliansi terkemuka C9. Universitas ini merupakan salah satu universitas tertua di China yang berdiri pada tahun 1897. Ada sebanyak 37 fakultas dan sekolah di Zhejiang University yang menawarkan lebih dari 700 program di tingkat undergraduate dan postgraduate (master dan doktor). Zhejiang University juga memiliki lembaga riset yang komprehensif dalam berbagai bidang mulai dari pertanian, seni, ekonomi, sains, ilmu sosial, hingga filosofi. 

5. Peking University 

universitas terbaik asia

Peking University termasuk salah satu universitas terkemuka di China yang juga tergabung dalam C9. Pada QS World University 2020 ini, Peking University berada dalam pering ke-22 di seluruh dunia, serta ke-5 di Asia. Universitas ini berdiri pada tahun 1898 dengan nama Imperial University of Peking. 

Ada ratusan program yang ditawarkan oleh Peking University yang berada dalam 12 departemen dan 30 sekolah. Universitas ini juga memiliki sebanyak 216 institusi dan pusat riset, termasuk 2 pusat riset teknik nasional. Selain itu, Peking University juga memiliki perpustakaan yang merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Asia. 

4. Tsinghua University 

Tsinghua University

Masih merupakan anggota C9, universitas terbaik di Asia selanjutnya adalah Tsinghua University. Universitas ini berdiri pada tahun 1911 di Beijing dan saat ini telah menjadi salah satu universitas riset terbaik di China. Pada QS World University Ranking terbaru, Tsinghua University ditempatkan pada peringkat ke-16, serta ke-4 di Asia. Ada ratusan program dalam berbagai tingkat pendidikan yang ditawarkan di bawah naungan 20 sekolah serta 57 departemen di Tsinghua University. 

3. University of Hong Kong (HKU) 

universitas terbaik di asia

The University of Hong kong (HKU) berdiri pada tahun 1911. Universitas ini awalnya merupakan Hong Kong College of Medicine for Chinese yang berdiri pada tahun 1887. HKU saat ini adalah salah satu universitas terbaik di Asia yang dikenal memiliki banyak banyak pelajar internasional dibandingkan dengan yang lainnya. Bidang-bidang unggulan dari universitas ini adalah di antaranya adalah pendidikan, humaniora, ekonomi, bisnis administrasi, linguistik dan ilmu sosial. 

2. Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technological University

NTU adalah salah satu universitas riset tertua kedua di Singapura. Universitas ini berdiri pada tahun 1981 sebagai Nanyang Technological Institute dan berubah menjadi Nanyang Technological University sejak tahun 1991. Saat ini NTU memiliki sekitar 30 ribu siswa dengan sekitar 10 ribu staff yang membuatnya menjadi universitas terbesar kedua di Singapura. 

Baca Juga : Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

NTU memiliki beberapa college dan school yang mewakili bidang studinya yaitu College of Engineering, Nanyang Business School, College of Humanities, Arts, and Social Sciences, College of Science, dan Lee Kong Chian School of Medicine. Lee Kong Chian School Medicine merupakan kerjasama dengan Imperial College London yang berdiri pada tahun 2013. 

1. National University of Singapore (NUS) 

universitas terbaik di asia

Universitas terbaik di Singapura ini juga merupakan universitas terbaik di Asia dan memiliki peringkat ke-11 di dunia. NUS merupakan universitas tertua di Singapura yang berdiri pada tahun 1905 dengan nama Straits Settlements and Federated Malay States Government Medical School. Universitas tersebut kemudian beberapa berganti nama hingga menetapkan namanya yang sekarang pada tahun 1980. 

Universitas ini termasuk universitas yang cukup ketat seleksi masuknya dan terdapat banyak mahasiswa internasional. Lulusan NUS termasuk mantan pejabat tinggi negara seperti mantan presiden Tony Tan Keng Yam,  S. R. Nathan, serta presiden Singapura Puan Yang Terutama Halimah Yacob. 

Nah, itulah nama-nama universitas yang merupakan 10 besar universitas terbaik di Asia tahun 2020 ini. Sebagian besar di antara universitas-universitas tersebut bahkan juga masuk dalam 50 besar universitas terbaik di dunia. Apakah kampus impianmu ada dalam salah satu daftar di atas?

 

Comments are closed.