aburtus college
Ingin Kuliah di Vancouver? Kenalan dengan Arbutus College Dulu Yuk!
28 Oktober 2020
Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia Tahun 2020
30 Oktober 2020

University of Glasgow: Salah Satu Universitas Tertua di Dunia dengan Akademik Bergengsi

Sumber: Freepik

Terkadang untuk beberapa alasan, usia yang semakin bertambah menjadi suatu hal yang disembunyikan. Namun, itu gak berlaku pada universitas tertua di dunia yang masih beroperasi dengan baik hingga saat ini! Mereka dengan bangga menampilkan berbagai keunggulantentunya dengan tujuan menjadi tempat belajar dan eksplorasi terbaik para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan. Quick fact, Inggris merupakan negara yang memiliki banyak universitas tertua di dunia dengan kualitas sangat tinggi.

University of Glasgow adalah satu universitas bergengsi tersebut. Didirikan pada tahun 1451 oleh Papal Bull, universitas ini terletak di High Street selama 400 tahun sebelum pindah ke lokasinya yang sekarang mulai tahun 1870. Glasgow merupakan salah satu universitas tertua di dunia dan menduduki deretan yang berdiri paling lama setelah Oxford, Cambridge, Durham, dan beberapa perguruan tinggi Inggris lainnya.

Sumber: Glasgow Live

“Kenapa universitas ini dikatakan bergengsi?”, well, Glasgow menduduki peringkat terbaik dunia dan termasuk sebagai anggota terkenal dari Russell Group of Institutions. Russell Group sendiri adalah asosiasi untuk sekelompok universitas dengan fokus terbaik pada penelitian dan reputasi prestasi akademik. Didalamnya terdiri atas beberapa universitas “six red brick” dan yang biasanya berada di posisi teratas liga universitas. 

Status bergengsi Glasgow juga tak lain diraih melalui serangkaian proses dan pencapaian. Yup, titel itu gak diraihnya dengan mudah! Ratusan tahun lebih mereka telah mengembangkan setiap aspek kualitas akademik universitas. Kamu bakal menemukan banyak sekali lulusan yang terkemuka. Dari yang berprofesi sebagai aktor, politisi, ilmuwan, hingga yang berhasil menerima Hadiah Nobel. Salah satu kelas Glasgow di tahun 1933 bahkan sempat diisi oleh Albert Einstein dimana ia memberikan kuliah tentang teori relativitas untuk para mahasiswa! That’s rad, right?

Namun, keunggulan University of Glasgow gak hanya sebatas itu saja. Beberapa poin ini akan menjelaskan mengapa Glasgow menduduki peringkat terbaik dunia dan diincar oleh mahasiswa internasional:

Program Studi Terakreditasi Tinggi

Sumber: Freepik

Praktik mengajar di Glasgow melibatkan mahasiswa dalam kurikulum yang inovatif, challenging, dan global. Program studi di universitas ini sangat bervariasi yang meliputi meliputi kedokteran, kedokteran hewan, kedokteran gigi, ilmu biologi dan fisika, teknik, seni, humaniora, ilmu sosial, hukum dan pendidikan. Program andalannya yang dikenal terbaik termasuk kedokteran serta kedokteran hewan.

Selain itu, Adam Smith Business School sebagai sekolah bisnis Glasgow, memiliki tiga akreditasi yang menjadikannya salah satu dari 1% fakultas bisnis elit di dunia. Glasgow bahkan termasuk dalam 70 besar universitas terbaik dunia untuk bidang seni dan sastra oleh Times Higher Education 2019 yang lalu.

Riset Aktif dan Inovatif

Selama lebih dari 550 tahun, University of Glasgow telah melakukan  berbagai penelitian yang mengubah dunia. Beberapa keahlian terdepannya berada dalam lingkup sejarah seni, kedokteran hewan, studi kanker, akuntansi dan keuangan. Sudah banyak penemuan Glasgow yang telah membantu banyak orang seperti pulsar radio, gelombang gravitasi, uji klinis terapi sel induk untuk pasien stroke, dan masih banyak lagi. Dalam REF2014, lebih dari 80% penelitian Glasgow dinilai unggul secara internasional dan berada pada peringkat ke-12 di Inggris.

Fasilitas Hi-Tech dan Lengkap

Sumber: Freepik

Satu lagi yang menjadi kekhasan University of Glasgow. Mereka menawarkan lingkungan belajar modern di salah satu kota pelajar terbaik dunia. Mahasiswa Glasgow dapat menikmati berbagai fasilitas penunjang studi seperti kelengkapan fasilitas elektronik, laboratorium canggih, perpustakaan super besar, fasilitas olahraga, fasilitas untuk penelitian, serta beragam pilihan asrama kampus. Kamu juga dapat memanfaatkan Internship Hub yang menyediakan lebih dari 350 kesempatan magang setiap tahun! Menarik bukan? Dijamin pengalaman studimu di Glasgow kaya akan pengetahuan baru serta aktivitas menyenangkan!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.