5 Alasan James Cook University Singapore Cocok untuk Melanjutkan Studi
15 Juni 2021
Cara Mudah Cek Status Paspor Secara Online, Bisa dari Rumah!
17 Juni 2021

University of Otago Selandia Baru, Terdepan dalam Riset

Wisuda Mahasiswa

Sumber: Instagram University of Otago

University of Otago yang didirikan pada 1869 merupakan universitas pertama sekaligus tertua di Selandia Baru. Universitas ini secara konsisten berada di peringkat 200 universitas terbaik dunia, menempatkannya di jajaran 1% institusi unggulan global. Sebagai salah satu universitas riset terbaik di kawasan Asia-Pasifik, Otago tentu punya banyak sekali keunggulan. Apa saja sih keunggulannya? 

Mahasiswa University of Otago

Sumber: otago.ac.nz

 

 

Prestasi Global 

Berdasarkan the QS World University Rankings 2021, University of Otago kini berada di peringkat ke-184 universitas terbaik dunia. Di kancah nasional, Otago telah menghasilkan penghargaan pengajaran paling banyak dari universitas manapun di Negeri Kiwi. 

Otago terkenal karena kualitas pendidikannya di semua bidang. Para alumninya pun sangat diperhitungkan oleh berbagai perusahaan besar di seluruh dunia. Tak heran, lebih dari 21.000 mahasiswa, termasuk 2.600 mahasiswa internasional dari 90 negara, memilih universitas ini sebagai tempat studi mereka. 

Wisuda Mahasiswa

Sumber: Instagram University of Otago

Bicara soal prestasi Otago, tentu tidak bisa lepas dari risetnya. Para peneliti di universitas ini telah berhasil membawa angin segar di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan dengan temuan molekul penyebab penyakit jantung pada pasien diabetes. Berkat temuan tersebut, tingkat harapan hidup para pasien pun bertambah. 

 

Lokasi Kampus yang “Ramah” Mahasiswa

Huffington Post telah menobatkan University of Otago sebagai salah satu dari 16 universitas terindah di dunia. Otago memiliki empat kampus yang berada di Dunedin, Christchurch, Wellington, Auckland, dan Invercargill. Kampus utama Otago berada di kota budaya dan kota pelajar Dunedin. 

Kampus Dunedin, University of Otago

Kampus Utama Dunedin

Dari kota resort Queenston, kamu dapat menempuh sekitar tiga jam berkendara ke Dunedin. Area kampus yang lumayan jauh dari kota besar ini memiliki banyak ruang terbuka yang bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi maupun studi lapangan. Mahasiswa Otago dapat tinggal di akomodasi universitas dan akomodasi pribadi, yang jaraknya sangat dekat dengan fasilitas kampus maupun fasilitas kota. 

Kantor administrasi pusat Otago, Fakultas Bisnis, Sains, Humaniora, dan Ilmu Kesehatan berada di kampus Dunedin. Sedangkan kampus Christchurch, yang merupakan rumah bagi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, adalah pusat pembelajaran jarak jauh, pendidikan pascasarjana, penelitian, dan pendidikan klinis.

Sementara itu, kampus Wellington merupakan pusat penerimaan mahasiswa baru, sekolah musim panas, manajemen alumni, dan penelitian. Kampus Auckland bertanggung jawab atas pendidikan jarak jauh, penghubung, dan informasi kursus. Terakhir, kampus Invercargill menyediakan berbagai program pendidikan guru.

 

Program Studi di University of Otago

Universitas ini menawarkan lebih dari 200 program sarjana, pascasarjana, dan doktoral, yang berfokus pada empat bidang akademik utama yaitu: 

  1. Bisnis. Departemen ini meliputi Program Studi Akuntansi, Ekonomi, Kewirausahaan, Keuangan dan Analisis Kuantitatif, Ilmu Informasi, Bisnis Internasional, Manajemen, Pemasaran, dan Pariwisata.
  2. Ilmu Kesehatan. Terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Fisioterapi
  3. Humaniora. Ini menyediakan Program Studi Antropologi & Arkeologi, Ilmu Keguruan, Bahasa Inggris, Geografi, Sejarah & Seni, Budaya & Bahasa, Hukum, Filosofi, Politik, Kesejahteraan Sosial, Teologi, Musik Teater & Seni Pertunjukan, serta Media Film & Komunikasi
  4. Sains. Departemen ini menawarkan Prodi Ilmu Terapan, Botani, Zoologi, Kimia, Fisika, Ilmu Komputer, Ilmu Pangan, Geologi, Ilmu Gizi, Ilmu Kelautan, Matematika & Statistika, Pendidikan Jasmani & Olahraga, dan Psikologi

Sebagian besar program studi tersebut berlangsung di Dunedin. Beberapa program studi lainnya diselenggarakan di tiga kampus lainnya dengan beragam fasilitas perkuliahan dan penelitian di lingkungan yang nyaman.

 

Biaya Kuliah Terjangkau

 

Menghitung biaya kuliah

Sumber: Freepik

Banyak pelajar memilih menempuh studi di Selandia Baru karena biayanya yang relatif terjangkau. Per tahunnya, biaya kuliah program sarjana dengan durasi kuliah rata-rata 3 tahun mencapai sekitar NZ$31.000. Sementara program pascasarjana dengan lama kuliah 1,5 – 2 tahun ini menghabiskan biaya kuliah sekitar NZ$31.150 per tahun.

Untuk mahasiswa internasional, biaya hidup memang sangat tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup selama kuliah. Namun, rata-rata biaya hidup per tahunnya kira-kira mencapai sekitar NZ$20.410, dengan biaya akomodasi kampus sekitar NZ$15.390.

 

Jika kamu tertarik kuliah di University of Otago, kamu bisa temukan informasi lebih lanjut di website resmi kampus atau cari tahu lewat SUN Education. Konsultan kami yang berpengalaman siap membantu menjawab pertanyaan kamu seputar University of Otago dan studi di Selandia Baru. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Comments are closed.