Financial Technology
MSc Financial Technology: Jurusan Baru di University of Glasgow
7 Mei 2019
ramadan
Yang Menarik dari Ramadan di Berbagai Negara
10 Mei 2019

University of Waterloo Mengembangkan Radar yang Dapat Memantau Tanda Vital

Universitas riset publik yang berada di Kanada ini kembali mengembangkan suatu inovasi yang mampu mempermudah sebuah pekerjaan.

Sumber: University of Waterloo

Sebuah sistem radar dikembangkan oleh para peneliti University of Waterloo dan terletak dalam sebuah alat yang lebih kecil daripada ponsel. Sistem radar ini mampu secara nirkabel untuk memonitor tanda-tanda vital pasien tanpa harus menghubungkan pasien dengan mesin apapun. Gelombang yang terdapat di dalam radarnya ternyata dianalisis dengan algoritma canggih yang tertanam dalam unit pemrosesan sinyal digital onboard.

Sumber: Freepik

Tanda-tanda vital yang dapat dipantau dengan radar ini berupa rekam detak jantung, pernapasan, dan lainnya. Para peneliti mengembangkan sistem ini untuk memantau pasien sleep apnea hanya dengan mendeteksi pergerakan dada yang halus. George Shaker, professor teknik Waterloo, mengatakan bahwa mereka melakukan seluruh proses yang kompleks dan membuat inovasi ini sepenuhnya nirkabel.

Sumber: Freepik

Dalam percobaan studi, unit radar dipasang di langit-langit atas tempat tidur lebih dari 50 sukarelawan disaat mereka tidur normal di sebuah long-term care apartement. Sistem tersebut kemudian mengumpulkan dan menganalisis gelombang radar yang dipantulkan kembali ke unit dari tubuh pasien dan hasilnya lebih dari 90% sama akuratnya dengan peralatan kabel standar.

Keuntungan dari sistem ini pun dapat memberikan sebuah privasi bagi pasien karena tidak ada kamera yang digunakan. Jadi kenyamanannya jauh lebih baik dan potensi penggunaan lebih pada di rumah daripada di sebuah klinik tidur. Selain sleep apnea, sistem ini juga dapat memantau kondisi seperti gangguan gerakan tungkai periodik, penyakit Willis-Ekbom, dan kejang-kejang.

Sumber: Freepik

Dengan adanya studi ini, Mostafa Alizadeh sebagai rekan penelitian sekaligus pemimpin studi dan George Shaker yang berkolaborasi dengan profesor Waterloo, Plinio Pelegrini Morita dan Safeddin Safavi-Naeini serta professor di University of Campinas di Brazil, Joao Carlos Martins de Almeida berhasil mengembangkan sebuah inovasi yang bermanfaat untuk kedepannya. Makalah hasil pekerjaan mereka yang membanggakan– “Remote Monitoring of Human Vital Signs using mm-wave FMCW Radar” akhirnya ditampilkan dalam jurnal IEEE Access.

Comments are closed.