asia pacific university
Pertimbangkan Asia Pacific University untuk Studi Terbaikmu di Malaysia
3 Juni 2021
syarat kuliah di jerman
Biaya Hidup di Jerman, Mahal atau Murah? Yuk, Kita Hitung!
8 Juni 2021

Wujudkan Mimpi Menjadi Peneliti di La Trobe University

Sumber: universitiesaustralia.edu.au

Kita pasti setuju, kalau negara tetangga kita, Australia, mampu menawarkan pilihan kualitas yang lebih baik dalam bidang pendidikan. Selain itu, sebagai salah satu negara maju, universitas di Australia pun sudah berbasis penelitian dalam sistem pengajarannya. Termasuk La Trobe University, yang sudah terkenal dalam bidang penelitiannya.

Salah satu yang membedakan sistem pengajaran universitas di negara maju dengan negara berkembang adalah beralihnya sistem teaching university atau universitas pengajaran menuju research university atau universitas riset. Dengan menerapkan penelitian sebagai pusat sistem pengajaran, nantinya mampu menghasilkan akademisi yang mampu mengimplementasikan ilmunya di era industri teknologi dan memiliki standar di tingkat global.

Lalu, ada apa saja sih fakultas dan jurusan yang ada di La Trobe University? Terus, bidang penelitian apa saja yang menjadi fokus dan andalan di salah satu kampus yang menjadi anggota dari Innovative Research Universities di Australia ini? Yuk, kita simak satu persatu! 

 

Lokasi Kampus La Trobe University

La Trobe University memiliki 7 lokasi kampus yang tersebar di seluruh Australia. Kampus utamanya berada di Bundoora, berjarak sekitar 18 km dari pusat kota Melbourne. Dengan luas area sekitar 240 hektar, kampus utama La Trobe University menyediakan berbagai fasilitas, seperti La Trobe University Medical Centre dan La Trobe Private Hospital.

la trobe university

Mahasiswa. Sumber: latrobe.edu.au

Selain di pusat kota Melbourne, La Trobe University juga memiliki kampus utama lainnya yang terletak di kota Bendigo di kawasan Victoria dan di perbatasan kota Albury-Wodonga. Selain itu, ada pula kampus berskala regional yang terdapat di 2 lokasi yaitu di Mildura dan Shepparton, serta 3 kampus di kawasan pusat bisnis Australia, yaitu 2 kampus di Franklin Street dan Collins Street Melbourne, dan 1 kampus di Elizabeth Street Sydney.

 

Alasan Memilih La Trobe University Sebagai Tujuan Studi

Seperti yang kita tahu, terdapat berbagai universitas di Australia yang membuka peluang bagi mahasiswa internasional. Namun, ada beberapa alasan spesifik mengapa La Trobe University menjadi salah satu tujuan favorit untuk melanjutkan studi. 

 

Visi dan misi pada riset dan penelitian. 

la trobe university

Laboratorium. Sumber: latrobe.edu.au

La Trobe University sejak dulu sudah dikenal sebagai salah satu research university atau universitas riset yang ada di Australia. Universitas riset sendiri artinya universitas tersebut berkomitmen pada riset dan penelitian sebagai misi utamanya. Selain itu, universitas riset juga berfokus dalam membentuk pengetahuan berdasarkan pada hasil penelitian.

Setidaknya, pihak universitas memiliki visi untuk menjadi yang terbaik di dalam 4 bidang area penelitian, yaitu di bidang Kanker, Infeksi dan Sistem Imun, Desain Molekular, dan Nanoscience. Selain itu, La Trobe University juga membuka ruang penelitian demi kebutuhan masyarakat luas, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan.

 

Terdapat Nangak Tamboree Wildlife Sanctuary

la trobe university

Konservasi hewan. Sumber: latrobe.edu.au

Daya tarik utama La Trobe University adalah terdapat area konservasi hewan berusia lebih dari 50 tahun yang terbuka bagi masyarakat luas, maupun bagi mahasiswa yang membutuhkan observasi langsung di lapangan. Di sini, terdapat berbagai macam ekosistem makhluk hidup, mulai dari berbagai tanaman langka, habitat bagi berbagai burung eksotis, hewan-hewan yang terancam punah, dan lain sebagainya.

Kita pun tahu, Australia menjadi habitat dari berbagai macam hewan, terutama mereka yang hidup di malam hari atau nokturnal. Maka dari itu, Nangak Tamboree Wildlife Sanctuary juga menyediakan tur malam hari untuk menyaksikan dan merasakan pengalaman langsung melihat hewan nokturnal beraktivitas.

 

Menawarkan gelar master di teknologi Master of IoT dan Master AI

Bagi kamu yang tertarik pada bidang teknologi untuk program pascasarjana, maka La Trobe University menjadi opsi yang tepat. Alasannya, kampus ini menjadi yang pertama di Australia yang menawarkan gelar Master of Internet of Things (IoT) dan Master Artificial Intelligence (AI). Tentunya, di era serba teknologi dan robot di masa depan, lulusan ini akan sangat dibutuhkan untuk kebutuhan industri.

 

Pusat Penelitian Andalan La Trobe University

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, La Trobe University memang menjadikan bidang riset dan penelitian sebagai visi dan misi utama pendidikannya. Di antara berbagai bidang penelitian yang tersedia, ada beberapa yang menjadi favorit dan 

 

The La Trobe Institute for Molecular System (LIMS)

Gedung LIMS. Sumber: latrobe.edu.au

Salah satu bidang studi penelitian yang paling dikenal dari universitas ini adalah Fakultas Ilmu Molekuler atau La Trobe Institute for Molecular System (LIMS). LIMS sendiri berisi dari bermacam macam peneliti dari berbagai latar belakang disiplin ilmu untuk menguji dan meneliti, yang kemudian hasil penelitiannya menjadi latar belakang untuk materi perkuliahan dan untuk kebutuhan ilmu pengetahuan secara umum.

Salah satu bentuk nyata kontribusi LIMS pada dunia industri adalah mampu menghasilkan dua perusahaan bioteknologi bernama Hexima dan AdAlta. Hexima mengembangkan metode klinis bersifat antiinfeksi dan antijamur berbasis tanaman yang dapat dijadikan terapi untuk beberapa penyakit. AdAlta sendiri berfokus untuk mengembangkan metode pengobatan yang dapat meningkatkan sistem imunitas pada manusia.

 

La Trobe AgriBio

Gedung AgriBio. Sumber: latrobe.edu.au

Sebagai pusat penelitian dan pengembangan agrikultur di wilayah tersebut, AgriBio terbukti mampu menghasilkan sejumlah penelitian di kelas dunia di bidang teknologi pertanian. AgriBio memiliki visi dan misi dalam bidang ketahanan pangan serta mengurangi dampak limbahnya terhadap lingkungan. 

AgriBio memiliki segudang fasilitas yang mampu mendukung pengembangan di bidang pertanian yang mencakup peningkatan produktivitas melalui pengembangan DNA pada pangan ternak, pemantauan hasil pangan yang sudah terkomputerisasi, serta penelitian yang berpusat pada kemampuan mengontrol hama demi memaksimalkan hasil pertanian.

 

La Trobe Animal Research and Teaching Facility

LARTF. Sumber: latrobe.edu.au

Berbicara soal penelitian dan laboratorium, pasti identik dengan hewan-hewan mungil dan lucu yang membantu hasil riset tersebut. Nah, di dalam pusat penelitian dan pelatihan binatang ini (LARTF), hewan-hewan tersebut akan dirawat dan dilatih demi mendukung dan membantu proses pengajaran dan pendidikan di bidang riset dan penelitian. 

Beberapa hewan yang dapat kamu temukan di sini di antaranya, tikus dan ikan zebra. Selain itu, sejumlah hewan-hewan asli Australia juga ada di sini. Tentunya, mereka dirawat di dalam kandangan yang sudah disesuaikan dan dibuat senyata mungkin dengan habitat aslinya, demi mendukung kenyamanannya.

 

Fakultas, Jurusan, dan Program Studi di La Trobe University

La Trobe University membagi kampusnya menjadi 2 bidang studi besar, yaitu Arts, Social Sciences, and Commerce (ASSC) dan Science, Health, and Engineering (SHE). ASSC kemudian terbagi menjadi 4 fakultas utama, di antaranya La Trobe Law School, La Trobe Business School, the School of Education and the School of Humanities & Social Sciences. 

Untuk SHE sendiri, juga terbagi menjadi 9 fakultas dan 16 jurusan dari berbagai program sarjana, master dan doktoral, serta yang berfokus pada tingkat selanjutnya di bidang riset dan penelitian. Selain itu, seluruh mahasiswa yang berada di bidang studi ini bisa menikmati fasilitas penelitian di La Trobe Institute for Molecular Science (LIMS) senilai AUD100 juta dan Centre for AgriBioscience senilai AUD288 juta untuk kebutuhan akademisnya. 

 

Beasiswa di La Trobe University

Nah, untuk kamu yang mau melanjutkan studi ke luar negeri, terutama ke La Trobe University di Australia, terdapat program beasiswa bagi calon mahasiswa internasional. Kampus menawarkan berbagai program beasiswa dengan nilai hingga AUD15.000 untuk mahasiswa yang menempuh gelar sarjana maupun pascasarjana. 

 

Sudah Siap Kuliah di La Trobe University Australia?

Setelah mengetahui beberapa fakultas, fasilitas, dan penelitian andalan di La Trobe University, mimpi kamu yang ingin bergelut di bidang riset dan menjadi peneliti kini semakin nyata, kan? Segudang fasilitas dengan dukungan teknologi terkini mampu menjamin kualitas belajar mengajar para mahasiswa mampu mengaplikasikannya dengan standar industri global. 

Bagi kamu yang ingin merencanakan studimu ke Australia dan tertarik dengan La Trobe University, kamu dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan SUN Education, lho! Dapatkan informasi mengenai program studi, persyaratan masuk, biaya studi, dan informasi lainnya dari sumber terpercaya.  

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Comments are closed.