Scienceworks, Destinasi Wisata Sekaligus Belajar di Australia
10 Mei 2019
Meghan Markle, Duchess of Sussex: Wanita Inspiratif yang Mengubah Dunia
14 Mei 2019

Yuk Intip Seperti Apa Jurusan Actuarial Studies yang Sedang Populer Ini!

Actuarial Studies adalah bidang studi yang mempelajari penilaian resiko dalam asuransi, keuangan dan industri lain, serta profesi lainnya dengan menerapkan ilmu matematika dan statistik. Jurusan ini memang sedang ramai dibicarakan. Namun, belum terlalu banyak siswa yang memilih untuk menempuh studi di jurusan ini.

Pemikiran tajam, kritis, serta kreatif sangat diperlukan karena masalah akturial tidak selalu dapat diselesaikan dengan rumus-rumus. Saat mempelajari bidang ini pun pengetahuan mengenai keuangan, ekonomi, manajemen resiko, ilmu komputer, dan penelitian yang luas tentu sangat berguna untuk mengatasi masalah yang nantinya dijumpai.

Sumber: Shutterstock

Salah satu prospek kerjanya, Aktuaris, juga diharuskan untuk menyelesaikan beberapa mata ujian agar mendapatkan sertifikat yang valid sebagai syaratnya. Setelah menjadi Aktuaris, kamu akan bekerja dengan menerapkan seluruh ilmu yang didapatkan dengan memberikan masukan terhadap perkembangan perusahaan di masa depan. Nantinya, kamu tentu akan sering berhubungan dengan finansial karena hal tersebut sangat berpengaruh dalam setiap langkah manajemen yang akan diambil.

Sumber: Shutterstock

Challenging bukan?

Untuk kamu ingin mencoba melanjutkan studi di jurusan Actuarial Studies, ada tiga universitas di Malaysia yang menawarkan bidang ini loh. Universitas tersebut adalah Asia Pacific University (APU), Sunway University, serta Heriot-Watt University. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan yang bagus karena jurusan Actuarial Studies di ketiga universitas tersebut berhasil mendapatkan akreditasi dari Institute and Faculty of Acturies (IFoA) UK.

Sumber: APU, Sunway University, & Heriot-Watt University

Mereka bahkan menjadi tiga dari tujuh universitas di Asia yang menerima pengakuan dunia tersebut. Oleh karena itu, program ini tentunya sudah terjamin memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh IFoA. Terlebih lagi, program Actuarial Studies di APU, Sunway University, dan Heriot-Watt Malaysia ini memiliki enam block exemption. Jadi, kamu tinggal melanjutkan 4 core principles saja untuk diselesaikan agar bisa mendapatkan sertifikasi untuk berprofesi sebagai seorang Aktuaris!

Sumber: Freepik

Jika kamu tertarik, kamu bisa mulai mencari program Actuarial Studies di bagian Course Finder aplikasi ini. Didalamnya sudah ada informasi yang dapat kamu baca dan juga nomor kontak apabila kamu memerlukan informasi lebih lanjut. Jangan lupa, sebelum melengkapi segala persiapan studimu, belajarlah dengan tekun agar semuanya dapat berjalan dengan optimal.

Comments are closed.