Sebelum Liburan, Cek Dulu Proses dan Biaya Pembuatan e-Paspor
30 Mei 2021
beasiswa kuliah 2021
Cari Beasiswa Kuliah S2 Akuntansi di Inggris? Temukan infonya di sini!
31 Mei 2021

Belajar Teknik dan Estetika? Yuk Kenali Jurusan Arsitektur dan Biaya Kuliahnya!

biaya kuliah jurusan arsitektur

Sumber: Unsplash

Bidang Arsitektur memiliki posisi penting dalam industri maupun aspek kehidupan. Hampir seluruh perusahaan properti, konstruksi, bahkan desain rumah pribadi menggunakan jasa arsitek. Kamu bisa lihat kan tren properti masih kencang-kencangnya! Nggak heran kebutuhan terhadap pengetahuan arsitektur dan tenaganya sangat tinggi hingga saat ini. Dengan kesempatan prospek pekerjaan dan eksplorasi, pada akhirnya banyak pelajar mengincar studi sampai mempersiapkan biaya kuliah jurusan Arsitektur dengan baik. Mungkin saja, kamu yang sedang membaca ini juga adalah salah satunya!

biaya kuliah jurusan arsitektur

Sumber: Unsplash

FYI, jurusan Arsitektur termasuk paling ‘digandrungi’ dan biaya kuliah di setiap tempat pastinya berbeda. Sebelum membahas lebih detail, yuk kenali dulu seperti apa perkuliahan bidang yang satu ini. Arsitektur merupakan bidang studi yang mempelajari desain serta rancangan konstruksi sebuah bangunan. Menjadi bagian dari Fakultas Teknik, jurusan Arsitektur sebenarnya nggak hanya mengandung  pembelajaran teknik saja, tetapi juga seni dan estetika!

Dalam bidang Arsitektur kamu juga akan cenderung menciptakan ide, konsep, dan desain yang kemudian realisasi pembangunannya dilanjutkan oleh Teknik Sipil. Rancangan bangunan yang kamu ciptakan harus bisa memperhatikan aspek teknis penting agar bangunannya dapat berdiri dengan kokoh, aman, dan sesuai. Pastinya kamu harus memahami fungsi, estetika, sekaligus firmitas sebuah bangunan. Ketiga indikator tersebut sangat esensial dan wajib diimplementasikan saat kamu ingin menciptakan sebuah desain bangunan.

Kalau menyenangi matematika, humaniora, sains, dan teknologibahkan tertarik untuk menggambar, kamu bisa mempertimbangan jurusan Arsitektur! It might sounds challenging, tetapi jurusan Arsitektur termasuk banyak karakteristiknya loh. Kebayang kan saat jadi arsitek atau bekerja dalam bidang tersebut, hasil rancanganmu yang indah nggak lepas dari tangan hebat yang kamu miliki! Pastinya, banyak sisi menarik dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berkuliah di jurusan yang satu ini. Beberapa fakta berikut bisa membuktikan poin tersebut:

1. Melebarkan Kreativitas

Kuliah dalam jurusan Arsitektur akan mampu mengasah kreativitas secara maksimal. Kamu dituntut untuk menghasilkan ide-ide baru yang bermanfaat dan sesuai. Kamu bakalan mendesain produk maupun rancangan bangunan yang unik, inovatif, dan tetap fungsional! Boleh banget cari inspirasi dari mana saja. Bisa sambil jalan-jalan melihat bangunan, internet, atau buku arsitektur. Dijamin kamu bakal seru sendiri dengan rancangan yang akan kamu buat nantinya!

2. Memberi Manfaat untuk Lingkungan

biaya kuliah jurusan arsitektur

Sumber: Unsplash

Ilmu Arsitektur yang kamu pelajari harus bisa bermanfaat bagi lingkungan! Kamu diharapkan dapat sekaligus memperbaiki lingkungan menjadi lebih baik lagi. Penting sekali untuk merancang sebuah bangunan yang aman bagi sekitar ataupun ekosistem di daerah tempat bangunan itu berada. Inilah alasan kenapa kamu sebagai arsitek harus memahami dan memaknai lingkungan dan ekologi yang sehat. Agar nanti hasil karya yang telah jadi akan bersahabat dengan alam dan tidak merugikan lingkungan.

 3. Penerapannya Dimana Saja

Kuliah di jurusan Arsitektur artinya akan mempelajari sebuah keterampilan yang dapat diterapkan dalam banyak bidang kehidupan. Nggak hanya terbatas digunakan saat kamu bekerja sebagai arsitek dalam sebuah industri atau proyek saja. Kamu bisa berperan dalam kegiatan kemasyarakatan seperti mendesain dekorasi rumah sebagai tempat pernikahan, menata ruang untuk kegiatan sosial, menyumbang desain bangunan ibadah, dan masih banyak lagi.

4. Refleksi Budaya

Sumber: Unsplash

Waah, ternyata nggak hanya menghadapi perpaduan Teknik dan Estetika. Saat kuliah jurusan Arsitektur, kamu juga akan menemui dan mempelajari budaya. Penggolongan kebudayaan masuk ke dalam tiga kelompok, yaitu: wujud ideal, wujud sistem sosial, serta wujud fisik. Wujud fisik inilah yang merupakan benda-benda hasil karya manusia, termasuk produk arsitektur. Jadi, kamu berkesempatan menyelami budaya, memahami kaitan, serta apa yang dapat diciptakan dari keterkaitan tersebut. Seru banget bukan?

5. Prospek Kerja yang Bagus

Nggak perlu khawatir dengan peluang kerja setelah lulus nanti! Ada berbagai pilihan jenis karir Arsitektur yang bisa kamu pilih. Selain menjadi arsitek, kamu bisa bekerja sebagai desainer interior, drafter arsitektur, perencanaan kota dan wilayah, maupun manajer konstruksi. Pilihan terbuka untuk bekerja dalam sebuah industri, perusahaan, atau bahkan membuka jasa sendiri!

Sementara itu, untuk biaya kuliah jurusan Arsitektur sendiri bisa merogoh biaya yang berbeda di setiap negara maupun universitas. Hingga di tahun ini, rentang biaya studi S1 dalam negeri dapat berkisar mulai dari Rp. 5 juta sampai Rp. 7 juta per semester. Jika kamu ingin berkuliah di luar negeri, rentang biaya S1 nya berkisar dari $13,000 hingga $22,000 untuk tiga tahun penuh masa studi. Biaya tersebut umumnya mencakup studi teori, kegiatan praktikal, maupun keperluan kuliah yang lain. 

Sumber: Unsplash

Jika merasa cukup berat dalam memenuhi biaya tersebut, kamu bisa coba untuk mendaftar beasiswa! Another great thing is, universitas luar negeri sebenarnya banyak yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional loh. Apalagi, universitas luar negeri memiliki sistem pendidikan kelas dunia dan bisa memberikanmu pengalaman belajar yang jauh lebih berbeda kualitasnya. Seperti Inggris, salah satunya, bisa jadi destinasi studi untuk belajar Arsitektur. 

Negara yang satu ini memang terkenal secara global akan pendidikannya yang berkualitas. Inggris menawarkan lingkungan yang sangat praktis dan inspiratif bagi siswa internasional untuk menggali keterampilan dalam bidang Arsitektur. Universitasnya pun ada yang menawarkan program studi Arsitektur terbaik. Beberapa universitas jebolan Inggris dengan program Arsitektur peringkat teratas berdasarkan QS World University Rankings by Subject adalah The University of Sheffield, Cardiff University, dan Loughborough University.

Ketiga universitas tersebut dikenal sangat baik dari segi pembelajaran, pengajaran, fasilitas, riset, hingga sertifikasi. Metode pengajaran yang digalakkan juga variatif dan menginspirasi, kelas perkuliahan yang lebih personal, fasilitas unggulan yang hi-tech, serta dukungan untuk self-development. Kamu akan sangat di-support dalam memaksimalkan studi dan bahkan dipersiapkan untuk karir kedepannya. Kehidupanmu sebagai mahasiswa Arsitektur bakal super extraordinary deh!

Bagaimana? Kamu siap untuk memilih jurusan Arsitektur?

Seperti itulah menariknya jurusan tersebut! Menantang tetapi menyenangkan bukan?

Agar siap dari segi kualifikasi hingga biaya kuliah nanti, yuk segera persiapkan studi mu mulai dari sekarang! Kamu wajib mempertimbangkan pilihan destinasi dari beberapa aspek. Seperti kualitas pendidikan di negara tujuan, universitas dan fasilitas, serta lingkungannya. Pastikan kamu memilih negara dan universitas yang terbaik dan sesuai dengan keinginan serta kapabilitas mu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.