PERANCIS

 

Republik Perancis (bahasa Perancis: République française) adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Barat. Perancis berbatasan dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Perancis telah lama menjadi pusat seni, sains dan filsafat, setelah menghasilkan para pemikir dan inovator hebat seperti Descartes, Voltaire, Foucault, Sartre dan Derrida untuk beberapa nama. Mengingat warisan budaya ini, tidak mengherankan bahwa pendidikan di Perancis mendapat pengakuan internasional dan menarik 300.000 mahasiswa internasional setiap tahun.

INFO KULIAH DI PERANCIS

  • 300 ribu mahasiswa interasional belajar di Perancis setiap tahunnya.
  • Pemerintah Perancis menyiapkan dana khusus untuk pendidikan.
  • 4 universitas di Perancis masuk dalam daftar 150 universitas terbaik dunia versi World University Rank 2018.
  • Perancis merupakan pusat seni, sains, filsafat, dan budaya.
Biaya hidup di Perancis rata-rata berkisar antara 1000-2000 Euro setiap tahun. Biaya hidup tentu bervariasi, bergantung pada tempat tinggal dan gaya hidup. Biaya tersebut termasuk akomodasi, transportasi, dan telekomunikasi.

Setiap tahun, terdapat 1,5 juta siswa yang belajar di universitas di Perancis. Dan, sekitar 10%-nya merupakan siswa internasional. Universitas di Perancis menawarkan ribuan program gelar akademik, teknis dan profesional di setiap bidang. Perancis menggunakan sistem pendidikan tinggi tiga tingkat, sama seperti 29 negara Eropa lainnya. Gelar sarjana sudah termasuk ‘lisensi’ dan ‘lisensi profesi’. Program Master dan Doktor (PhD) termasuk dalam pascasarjana.

Perancis menerapkan sistem berbasis kredit di mana setiap modul studi bernilai sejumlah ECTS (kredit Eropa). Modul studi ini dapat dipindah-pindah antar kursus. Untuk program lisensi, siswa harus mencapai 180 ECTS. Sedangkan untuk program master, siswa harus mencapai 120 ECTS.

Mayoritas universitas di Perancis merupakan lembaga public. Inilah yang membuat biaya kuliah di Perancis relatif rendah. Namun, ada juga lembaga-lembaga swasta yang lebih selektif dalam proses penerimaan siswa. Lembaga tersebut biasanya melatih siswa dalam kegiatan kejuruan atau profesional seperti teknik atau arsitektur.

GEO & CULTURE

LOKASI PERANCIS

Perancis Metropolitan menempati wilayah seluas 547.030 kilometer persegi, dengan ibu kota di Paris. Ini menjadi wilayah negara terluas di antara semua anggota Uni Eropa dan sedikit lebih besar dari Spanyol. Perancis memiliki berbagai macam lanskap, mulai dataran pantai di utara dan barat hingga jejaring pegunungan Alpen di tenggara.

Perancis terbagi menjadi 13 régions yang beraneka ragam pemandangan indah: Alam pedesaan di Perancis Selatan, yang keindahannya seperti yang terlihat di kartu pos, pegungan yang tertutup salju di perbatasan Perancis-Italia, kebun anggur Bordeaux di angin Atlantik, dan kota Paris yang mewah dan modern.

IKLIM DI PERANCIS
Iklim di Perancis dikelompokkan sebagai berikut:

  • Iklim laut berada di bagian barat dan utara.
  • Iklim peralihan berada di Tanah Tengah, Vosges, Yura, dan Alpen.
  • Iklim di daerah bayangan hujan berada di daerah Sungai Rhone dan Saone.
  • Iklim mediterania berada di bagian selatan.
Seperti negara Eropa pada umumnya, Perancis memiliki 4 musim:

  • Musim dingin (Winter) / (l'hiver): December – Maret.
  • Musim semi (Spring) / (le Printemps): Maret – Juni.
  • Musim panas (Summer) / (l'été): Juni - September.
  • Musim gugur (Autum) / (al'utomne): September - December.
ZONA WAKTU PERANCIS

Tengah divisi UCT +1. Terdapat perbedaan waktu 6 jam lebih lambat ketimbang Jakarta (WIB). Sedangkan Paris, sebagai ibu kota Perancis, memiliki zona waktu ‘Waktu Musim Panas Eropa Tengah’ divisi UTC +2, dengan perbedaan waktu 5 jam lebih lambat ketimbang Jakarta.

MASYARAKAT PERANCIS

Masyarakat Perancis terdiri dari penduduk asli, juga imigran asing yang berasal dari Italia, Portugal, Maroko, dan Tunisia. Pada pertengahan tahun 2006 penduduk Prancis berjumlah ±63.044.000 jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 0,4%. Kota-kota yang sangat padat di antaranya Paris, Lyon, dan Marseille di tepi Laut Tengah. Kepadatan penduduknya mencapai 93 tiap km2, dengan pendapatan per kapita $ 30.540 (th. 2006), angka harapan hidupnya 79 tahun.

TRANSPORTASI DI PERANCIS

Sarana infrastruktur transportasi di Prancis sangat maju. Memiliki mobil atau tidak, Anda dapat mengunjungi semua kota dengan mudah karena jaringan tranportasi umum yang bagus seperti: kereta, bus, pesawat, hingga sepeda. Jenis transportasi yang populer di Prancis yaitu TGV (Train en Grande Vitesse). Kehadiran TGV mempermudah kita untuk berpergian dari satu kota ke kota lainnya, bahkan untuk jarak yang jauh sekalipun. Salah satu contohnya adalah perjalanan dari Marseille di Selatan Prancis ke kota Lille di Utara Perancis yang hanya menghabiskan waktu 4 jam saja (dengan jarak sekitar 1000 km).

Untuk pesawat, Prancis memiliki banyak maskapai penerbangan internasional ataupun domestik, dengan keberangkatan dari kota-kota besar di Perancis. Transportasi ini menjadi salah satu pilihan baik bagi Anda untuk bepergian ke seluruh penjuru dunia.

Sedangkan untuk penggunaan mobil, Infrastruktur jalan raya dan jalan tol di Prancis mempunyai kualitas tinggi dan juga jaringan jalan yang memiliki pemandangan indah dan alami. Anda dapat menggunakan SIM (Surat Izin Mengemudi) Internasional di Prancis, disertai (Visa Pelajar Jangka Panjang / VLS-TS Anda).

PEMERINTAHAN DI PERANCIS

Republik Perancis atau yang memiliki nama The Fifth Republic memiliki bentuk dual pemerintahan yakni gabungan sistem parlementer dengan sistem presidensiil. Baik Perdana Menteri maupun Presiden sama sama memiliki peran aktif dalam menjalankan roda pemerintahan. Presiden dipilih langsung oleh rakyat dengan masa jabatan 5 tahun. Sedangkan Perdana Menteri dipilih oleh Majelis Nasional. Perdana Menteri disini merupakan kepala atas Dewan Menteri atau Kabinet dimana kabinet-kabinet ini sendiri ditunjuk oleh Presiden dengan rekomendasi dari Perdana Menteri.

TUJUAN WISATA DI PERANCIS

Perancis merupakan negara favorit para turis dunia. Tak mengherankan, negara ini memiliki sejumlah peninggalan seni yang memukau, bangunan dengan arsitektur indah, sejarah yang beragam, dan kuliner yang menggugah selera. Inilah tempat wisata di Perancis yang layak dikunjungi; Jembatan ‘Pont des Arts’, Museum Louvre, Menara Eiffel, Champ Elysee, Café de Flore.

FAKTA MENARIK TENTANG PERANCIS
  • Toko roti sangat populer di Perancis. Di Paris saja, ada sekitar 1784 toko roti yang ramai dikunjungi pembeli.
  • Rue des Degres di Paris dinobatkan sebagai jalan terpendek di dunia. Panjangnya hanya 5,75 meter.
  • 15 peraih penghargaan Nobel Sastra berasal dari Perancis. Ini menjadi jumlah terbanyak dalam sejarah penghargaan nobel sastra dunia.
  • Bahasa Perancis pernah jadi Bahasa resmi di Inggris pada tahun 1055 sampai 1362.
  • Hari April Mop diyakini berasal dari Perancis, tepatnya tahun 1564 di saat Perancis mulai mengikuti kalander Gregorian.